Jamin Kelancaran Pelayanan 24/7 Jelang Libur Lebaran 2025, SPJM Siagakan Armada dan Petugas Operasional

- Pewarta

Thursday, 27 March 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) sebagai salah satu Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersiap mengantisipasi tren kenaikan arus penumpang saat mudik dan lonjakan kebutuhan distribusi barang di momen menjelang hari libur Lebaran, dimana jumlah penumpang dan barang berkorelasi dengan jumlah arus kapal yang pastinya turut meningkat secara signifikan.

Memiliki bisnis utama di pelayanan marine, equipment, port services, dredging dan galangan, SPJM mengambil peran krusial dalam menjamin kelancaran kegiatan kapal di pelabuhan.

“Tahun ini Badan Kebijakan Transportasi (BKT) telah menggelar survei untuk memprediksi potensi pergerakan masyarakat dengan hasil prediksi sebanyak 146,48 juta jiwa atau lebih dari 52 persen dari total penduduk Indonesia akan melakukan pergerakan selama libur Lebaran 2025. Tentunya hal ini juga dibarengi dengan peningkatan arus kunjungan kapal dari dan ke Pelabuhan,” jelas Tubagus Patrick Tribudi Iskandar, SVP Sekretaris Perusahaan SPJM.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk itu, lanjutnya, SPJM sudah bersiap dengan menyiagakan 89 unit kapal tunda, 69 Unit kapal pandu, dan 312 personal pandu untuk menjamin kelancaran kegiatan kapal di seluruh wilayah kerja yang menyelenggarakan kegiatan angkutan lebaran Tahun 2025 yaitu di 42 lokasi Pelabuhan.

“Dari sisi operasional kami memastikan kesiapan petugas operasional antara lain Pandu, Operator radio, dan Planner dengan menerapkan kebijakan pola jaga shift sehingga petugas operasional tidak melaksanakan cuti. Selain itu SPJM juga menjaga kondisi fisik dan psikologis petugas operasional agar tetap sehat sehingga konsentrasi dan kewaspadaan dalam memberikan pelayanan tetap terjaga,” jelas Patrick.

“SPJM juga menjamin kesiapan armada sarana bantu pemanduan diantaranya kapal tunda, kapal pandu, dan kapal kepil serta prasarana pemanduan termasuk stasiun pandu, kendaraan operasional dan radio komunikasi agar senantiasa berada dalam kondisi siap beroperasi untuk melaksanakan kegiatan pemanduan dan penundaan kapal,” tambahnya.

Dikatakan juga, untuk menjamin kesiapan pelayanan selama Lebaran, SPJM memastikan pelaksanaan Pelayanan sesuai dengan SOP yang berlaku, memastikan  ketersedian informasi cuaca update dari BMKG secara berkala, berkoordinasi dengan Kantor KSOP dan stakeholder setempat apabila terjadi kondisi akibat cuaca buruk untuk menentukan keamanan layanan, serta menyiagakan Tim Tanggap Darurat dalam merespon kejadian.

“Dari segi kemudahan akses pelayanan, kita juga telah melakukan digitalisasi pelayanan dengan penerapan aplikasi phinnisi yang sudah terintegrasi dengan inaportnet yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Pattick, SPJM juga menyediakan media call center yang siaga 24/7 melalui nomor 081153507878. Dengan menghubungi nomor ini, pengguna jasa dapat menyampaikan saran dan keluhan jika terdapat kendala dalam pelayanan untuk dapat segera ditindaklanjuti oleh SPJM.

“Komitmen kami adalah untuk memberikan pelayanan Pemanduan dan Penundaan kapal 24/7 kepada pengguna jasa, dengan target zero accident, zero complaint dan zero waiting time dan menerapkan standar Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup (K3L), sehingga para pengguna jasa baik penumpang maupun pemilik barang dapat berkegiatan dengan tenang , aman, dan nyaman”, pungkas Patrick. (ire djafar)

Berita Terkait

IPC TPK Catat Kinerja Keberlanjutan Positif, Raih Dua Penghargaan ICS Award 2025
KN Antares Disnav Sabang Salurkan Bantuan dan Lakukan Evakuasi Korban Banjir di Aceh
ASDP Hadir untuk Sumatera: Bergerak Bersama untuk Pulihkan Harapan
Gerbang Industri Otomotif Nasional Makin Melaju ke Pasar Global, Ekspor CBU Capai 318 Ribu Unit
Tito Minta Pemda Perkuat Sinergi Hadapi Potensi Bencana pada Momentum Nataru 2025
Tanggap Bencana, Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Sumatera dan Aceh
Bencana Sumatra: Kemenhub Perkuat Penanganan, Pelabuhan Singkil Tampung Warga Mengungsi
Pelindo Solusi Digital Luncurkan RCSA AI: Tonggak Pertama Transformasi Manajemen Risiko Berbasis AI di Pelindo

Berita Terkait

Tuesday, 2 December 2025 - 06:48 WIB

IPC TPK Catat Kinerja Keberlanjutan Positif, Raih Dua Penghargaan ICS Award 2025

Tuesday, 2 December 2025 - 06:30 WIB

KN Antares Disnav Sabang Salurkan Bantuan dan Lakukan Evakuasi Korban Banjir di Aceh

Tuesday, 2 December 2025 - 06:18 WIB

ASDP Hadir untuk Sumatera: Bergerak Bersama untuk Pulihkan Harapan

Tuesday, 2 December 2025 - 02:23 WIB

Gerbang Industri Otomotif Nasional Makin Melaju ke Pasar Global, Ekspor CBU Capai 318 Ribu Unit

Tuesday, 2 December 2025 - 02:17 WIB

Tito Minta Pemda Perkuat Sinergi Hadapi Potensi Bencana pada Momentum Nataru 2025

Berita Terbaru