Era Baru Pelni dengan Sentuhan Srikandi BUMN, Tri Andayani Dorong Inovasi dan Transformasi Tanpa Henti

- Pewarta

Thursday, 8 May 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Di bawah kepemimpinan Direktur Utama Tri Andayani sejak Februari 2022, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) terus menunjukkan peningkatan signifikan dalam layanan dan fasilitas. Sebagai perusahaan pelayaran milik negara, Pelni kini lebih responsif terhadap kebutuhan penumpang dan kesejahteraan awak kapal.

“Kami berharap kehadiran wifi dan jaringan 4G ini dapat menambah keasyikan perjalanan dengan kapal Pelni,” ujar Evan Eryanto, Sekretaris Perusahaan Pelni, dalam keterangan resminya.

Sebagai bagian dari perayaan HUT ke-73, Pelni memberikan diskon 50% untuk layanan Seawifi, paket internet 4 jam bagi penumpang kapal, yang tersedia di delapan kapal penumpang Pelni termasuk KM Kelud.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Namun, beberapa penumpang masih mengeluhkan harga layanan internet yang dianggap mahal. Syamsul Bahri, Ketua Umum Forum Silaturahmi Media Mahkamah Agung Republik Indonesia (FORSIMEMA-RI), yang sedang berlayar dengan KM Kelud dari Batam menuju Tanjung Priok, Jakarta, menyampaikan harapannya agar fasilitas seperti toko, kafe, mini market, dan internet di kapal bisa lebih terjangkau harganya.

“Armada kapal PT Pelni saat ini masih jadi primadona masyarakat pengguna jasa pelayaran, dengan harapan agar fasiltas juga pelayanan di atas kapal terus berinovasi dengan tingkat kenyamanan, kepuasan masyarakat menjadi prioritas utama,” ungkap Syamsul, Kamis (8/5).

Namun menurut Syamsul, kiprah dan sumbangsih PT Pelni dari masa ke masa untuk negeri sebagai perusahaan pelayaran terkemuka di Indonesia untuk jasa angkutan barang dan penumpang di era kepemimpinan Tri Andayani menunjukkan perubahan yang signifikan, dengan kemajuan di berbagai aspek pelayanan juga fasilitas kelengkapan armada laut.

Sementara itu, Pelni mengakui bahwa satu dekade lalu cukup banyak keluhan masyarakat terkait fasilitas, keamanan, dan kebersihan. Namun, dalam lima tahun terakhir, stigma tersebut telah berubah seiring berbagai pembenahan yang terus dilakukan.

Dengan berbagai inovasi dan peningkatan layanan, Pelni diharapkan dapat terus mendulang keuntungan sekaligus mempertahankan eksistensinya sebagai tulang punggung transportasi laut nasional. (jagad)

idj / idj

Berita Terkait

IPC TPK Catat Kinerja Keberlanjutan Positif, Raih Dua Penghargaan ICS Award 2025
KN Antares Disnav Sabang Salurkan Bantuan dan Lakukan Evakuasi Korban Banjir di Aceh
ASDP Hadir untuk Sumatera: Bergerak Bersama untuk Pulihkan Harapan
Gerbang Industri Otomotif Nasional Makin Melaju ke Pasar Global, Ekspor CBU Capai 318 Ribu Unit
Tito Minta Pemda Perkuat Sinergi Hadapi Potensi Bencana pada Momentum Nataru 2025
Tanggap Bencana, Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Sumatera dan Aceh
Bencana Sumatra: Kemenhub Perkuat Penanganan, Pelabuhan Singkil Tampung Warga Mengungsi
Pelindo Solusi Digital Luncurkan RCSA AI: Tonggak Pertama Transformasi Manajemen Risiko Berbasis AI di Pelindo

Berita Terkait

Tuesday, 2 December 2025 - 06:48 WIB

IPC TPK Catat Kinerja Keberlanjutan Positif, Raih Dua Penghargaan ICS Award 2025

Tuesday, 2 December 2025 - 06:30 WIB

KN Antares Disnav Sabang Salurkan Bantuan dan Lakukan Evakuasi Korban Banjir di Aceh

Tuesday, 2 December 2025 - 06:18 WIB

ASDP Hadir untuk Sumatera: Bergerak Bersama untuk Pulihkan Harapan

Tuesday, 2 December 2025 - 02:23 WIB

Gerbang Industri Otomotif Nasional Makin Melaju ke Pasar Global, Ekspor CBU Capai 318 Ribu Unit

Tuesday, 2 December 2025 - 02:17 WIB

Tito Minta Pemda Perkuat Sinergi Hadapi Potensi Bencana pada Momentum Nataru 2025

Berita Terbaru