Optimalkan Pelayanan, Disnav Tanjung Priok Gelar Forum Komunikasi Publik “Rempug Bahari”

- Pewarta

Friday, 25 August 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok telah menggelar “Forum Komunikasi Publik (Rempug Bahari)” yang bertempat di kantor Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (24/8).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk peningkatan kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta pelayanan di kantor Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok dalam penerapan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum sekaligus sebagai wadah untuk menjalin komunikasi dengan para stakeholder, pengguna jasa, masyarakat dan instansi pemerintah terkait.

Hal ini disampaikan Direktur Kenavigasian, Budi Mantoro dalam sambutannya saat membuka acara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Transformasi Distrik Navigasi Tanjung Priok sebagai Distrik Navigasi Tipe B yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum merupakan wujud inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhuhungan Laut.

“Dengan tansformasi tersebut, Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok akan dapat mewujudkan penyelenggaraan tugas dan fungsi dengan kinerja tertinggi, serta menguatkan orientasi pada pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan stakeholder dan pengguna jasa di perairan dan pesisir,” ujarnya

“Oleh karena itu, Transformasi ini harus diikuti dengan Penguatan Tata Kelola, Standar Pelayanan dan Akuntabilitas. Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok harus mengutamakan kesederhanaan proses, kepuasan pengguna jasa dan integritas,” tambahnya

Adapun di wilayah kerja Distrik Navigasi Tipe-B Tanjung Priok, terdapat 23 (dua puluh tiga) Pelabuhan yang telah menerapkan Sistem Inaportnet, dan 3 (tiga) Pelabuhan (Jakarta, Banten, Panjang) telah menerapkan Single Billing pada SSM Pengangkut.

Melalui sinergitas dengan LNSW, Inaportnet dan Bank Persepsi, Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok telah berproses dalam waktu dekat ini akan menerapkan Sistem Single Billing LNSW untuk proses penagihan dan pembayaran PNBP.

“Dengan menerapkan Sistem Single Billing LNSW ini diharapkan terjadi penyederhanaan proses, peningkatan efisiensi, akuntabilitas, serta kemudahan dalam pengelolaan maupun pengawasan PNBP,” tutupnya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok, Raymond Ivan Sianturi mengatakan kegiatan forum kali ini menitikberatkan pada peningkatan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan penunjukan Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok sebagai satuan kerja yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 73 tahun 2023 pada tanggal 28 Februari 2023.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini, saya berharap dapat terwujudnya penguatan integritas dalam penyelenggaraan kenavigasian melalui pembangunan ekosistem peyelenggaraan tugas, fungsi, dan Pelayanan yang beritegritas serta terbebas dari praktik KKN, gratifikasi maupun punguatan liar,” tutupnya

Sebagai informasi, pada kegiatan kali ini menghadirkan narasumber dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Bareskrim Polri. Kemudian juga dilakukan penandatangan pakta integritas bersama Distrik Navigasi Tipe-A, Stakeholder dan Pengguna Jasa terkait.

Adapun agenda kegiatan tersebut berupa sosialisasi Badan Layanan Umum Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok, penguatan komitmen bersama melalui penandatangan pakta integritas oleh Distrik Navigasi Tanjung Priok bersama stakeholder dan Distrik Navigasi Tipe A Palembang, Distrik Navigasi Tipe A Tanjung Emas, Distrik Navigasi Tipe A Teluk Bayur dan Distrik Navigasi Tipe A Tanjung Intan.

Selain itu juga dilakukan pembekalan integritas dengan narasumber yang berasal dari Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS-PK), Kedeputian Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) dan Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

Dengan agenda ini diharapkan adanya masukan untuk peningkatan layanan publik yang selama ini telah dilakukan oleh Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok serta adanya dukungan untuk menguatkan komitmen dan integritas dalam setiap pelayanan publik yang diberikan. (ire djafar)

 

Berita Terkait

Berkat Sinergi Semua Pihak, Layanan Tetap Lancar di Tengah Pengerukan Alur Pulau Baai
Bersama Stakeholder, Pelindo Gelar Silaturahmi Strategis untuk Kuatkan Ekosistem Pelabuhan
Pembayaran Lebih Cepat dan Transparan: Pelindo Regional 4 Luncurkan Modul Digital untuk Vendor
Langkah Nyata Menuju Marina Kelas Dunia: Pelindo Luncurkan Ponton Benoa
Meriahkan Pelindo Day 2025 dengan Semangat Berbagi, TPK Koja Tanamkan Nilai Peduli Lewat Aksi Sosial
Buka Akses dan Peluang, Pelindo Dorong Kemandirian UMKM Disabilitas di Makassar
Performa Cemerlang JPPI Tahun 2024: Pendapatan Melejit, Docking Kapal Tembus Target
UMKM Naik Kelas Bersama TTL, Raih Pengakuan di Panggung Nasional

Berita Terkait

Friday, 27 June 2025 - 02:00 WIB

Berkat Sinergi Semua Pihak, Layanan Tetap Lancar di Tengah Pengerukan Alur Pulau Baai

Friday, 27 June 2025 - 01:39 WIB

Bersama Stakeholder, Pelindo Gelar Silaturahmi Strategis untuk Kuatkan Ekosistem Pelabuhan

Friday, 27 June 2025 - 01:13 WIB

Pembayaran Lebih Cepat dan Transparan: Pelindo Regional 4 Luncurkan Modul Digital untuk Vendor

Friday, 27 June 2025 - 00:59 WIB

Langkah Nyata Menuju Marina Kelas Dunia: Pelindo Luncurkan Ponton Benoa

Friday, 27 June 2025 - 00:47 WIB

Meriahkan Pelindo Day 2025 dengan Semangat Berbagi, TPK Koja Tanamkan Nilai Peduli Lewat Aksi Sosial

Berita Terbaru