Optimalkan Pelayanan, Disnav Tanjung Priok Gelar Forum Komunikasi Publik “Rempug Bahari”

- Pewarta

Friday, 25 August 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok telah menggelar “Forum Komunikasi Publik (Rempug Bahari)” yang bertempat di kantor Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (24/8).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk peningkatan kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta pelayanan di kantor Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok dalam penerapan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum sekaligus sebagai wadah untuk menjalin komunikasi dengan para stakeholder, pengguna jasa, masyarakat dan instansi pemerintah terkait.

Hal ini disampaikan Direktur Kenavigasian, Budi Mantoro dalam sambutannya saat membuka acara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Transformasi Distrik Navigasi Tanjung Priok sebagai Distrik Navigasi Tipe B yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum merupakan wujud inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhuhungan Laut.

“Dengan tansformasi tersebut, Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok akan dapat mewujudkan penyelenggaraan tugas dan fungsi dengan kinerja tertinggi, serta menguatkan orientasi pada pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan stakeholder dan pengguna jasa di perairan dan pesisir,” ujarnya

“Oleh karena itu, Transformasi ini harus diikuti dengan Penguatan Tata Kelola, Standar Pelayanan dan Akuntabilitas. Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok harus mengutamakan kesederhanaan proses, kepuasan pengguna jasa dan integritas,” tambahnya

Adapun di wilayah kerja Distrik Navigasi Tipe-B Tanjung Priok, terdapat 23 (dua puluh tiga) Pelabuhan yang telah menerapkan Sistem Inaportnet, dan 3 (tiga) Pelabuhan (Jakarta, Banten, Panjang) telah menerapkan Single Billing pada SSM Pengangkut.

Melalui sinergitas dengan LNSW, Inaportnet dan Bank Persepsi, Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok telah berproses dalam waktu dekat ini akan menerapkan Sistem Single Billing LNSW untuk proses penagihan dan pembayaran PNBP.

“Dengan menerapkan Sistem Single Billing LNSW ini diharapkan terjadi penyederhanaan proses, peningkatan efisiensi, akuntabilitas, serta kemudahan dalam pengelolaan maupun pengawasan PNBP,” tutupnya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok, Raymond Ivan Sianturi mengatakan kegiatan forum kali ini menitikberatkan pada peningkatan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan penunjukan Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok sebagai satuan kerja yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 73 tahun 2023 pada tanggal 28 Februari 2023.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini, saya berharap dapat terwujudnya penguatan integritas dalam penyelenggaraan kenavigasian melalui pembangunan ekosistem peyelenggaraan tugas, fungsi, dan Pelayanan yang beritegritas serta terbebas dari praktik KKN, gratifikasi maupun punguatan liar,” tutupnya

Sebagai informasi, pada kegiatan kali ini menghadirkan narasumber dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Bareskrim Polri. Kemudian juga dilakukan penandatangan pakta integritas bersama Distrik Navigasi Tipe-A, Stakeholder dan Pengguna Jasa terkait.

Adapun agenda kegiatan tersebut berupa sosialisasi Badan Layanan Umum Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok, penguatan komitmen bersama melalui penandatangan pakta integritas oleh Distrik Navigasi Tanjung Priok bersama stakeholder dan Distrik Navigasi Tipe A Palembang, Distrik Navigasi Tipe A Tanjung Emas, Distrik Navigasi Tipe A Teluk Bayur dan Distrik Navigasi Tipe A Tanjung Intan.

Selain itu juga dilakukan pembekalan integritas dengan narasumber yang berasal dari Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS-PK), Kedeputian Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) dan Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

Dengan agenda ini diharapkan adanya masukan untuk peningkatan layanan publik yang selama ini telah dilakukan oleh Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok serta adanya dukungan untuk menguatkan komitmen dan integritas dalam setiap pelayanan publik yang diberikan. (ire djafar)

 

Berita Terkait

Menko Resmi Buka RAT INKOP TKBM Pelabuhan, Tegaskan Komitmen Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas
Pelindo Sunda Kelapa Siaga Rob: Tak Ganggu Aktivitas, Operasional Pelabuhan Tetap Lancar
Mengenal Peta Laut Indonesia, Mahasiswa Ilmu Kelautan IPB Belajar Langsung ke Pushidrosal
Satu Pohon, Seribu Harapan: Pelindo dan Pemkot Jakut Satukan Langkah Hijaukan Kota
Zero Defect, Full Impact: Kuasai Panggung TMMIN 2025 IPCC Buktikan Peningkatan Kompetensi SDM
Fundamental Kuat, IPCC Bagikan Dividen Tinggi dan Targetkan Ekspansi Internasional
Pelatihan CTO TTL: Menjawab Tantangan Industri Logistik Masa Depan
Meningkat Layanan Ekspor Palembang-Singapura, IPC TPK Tambah Armada Baru

Berita Terkait

Tuesday, 24 June 2025 - 10:28 WIB

Menko Resmi Buka RAT INKOP TKBM Pelabuhan, Tegaskan Komitmen Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas

Tuesday, 24 June 2025 - 02:16 WIB

Pelindo Sunda Kelapa Siaga Rob: Tak Ganggu Aktivitas, Operasional Pelabuhan Tetap Lancar

Monday, 23 June 2025 - 08:28 WIB

Mengenal Peta Laut Indonesia, Mahasiswa Ilmu Kelautan IPB Belajar Langsung ke Pushidrosal

Monday, 23 June 2025 - 07:50 WIB

Satu Pohon, Seribu Harapan: Pelindo dan Pemkot Jakut Satukan Langkah Hijaukan Kota

Monday, 23 June 2025 - 04:28 WIB

Zero Defect, Full Impact: Kuasai Panggung TMMIN 2025 IPCC Buktikan Peningkatan Kompetensi SDM

Berita Terbaru