Forum Humas Regional 2: Mengelola Krisis dan Reputasi di Era Media Sosial

- Pewarta

Friday, 28 June 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Di era digital sekarang ini, media sosial merupakan platform yang luas dan sering digunakan untuk mencari berbagai macam informasi. Citra positif perusahaan juga dapat dibangun melalui sosial media dengan membangun personal branding serta menentukan target audience.

Dalam upaya meningkatkan kolaborasi dan keselarasan di kehumasan, Pelindo Regional 2 menggelar acara Forum Humas Pelindo Regional 2 dengan tema “Mengubah Krisis Menjadi Peluang: Membangun Kepercayaan Publik Melalui Media” yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari di Museum Maritim Indonesia Jakarta, (26 — 27 Juni).

Kegiatan ini diikuti oleh pelaksana humas dari 12 cabang Pelindo Regional 2, subholding Pelindo Solusi Logistik beserta anak dan cucu perusahaan Pelindo Group yang bertujuan untuk mengedukasi para pelaksana humas untuk bersama-sama membangun citra positif perusahaan melalui platform sosial media.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Executive Director Regional 2 Drajat Sulistyo dalam sambutannya mengatakan bahwa di era digital ini keterbukaan informasi sangatlah mudah, maka dari itu tim humas juga harus lebih selektif untuk membagikan informasi dan kegiatan agar citra positif tetap terjaga, terutama di bidang kepelabuhanan beserta regalusinya.

“Kunci sukses dari bagian kehumasan adalah menguasai informasi yang ada untuk membangun citra perusahaan, terutama informasi tentang kepelabuhanan, gunakanlah media sosial sebagai sarana agar masyarakat aware terhadap kepelabuhanan dan kemaritiman.” ucap Drajat Sulistyo dalam keterangannya, Jumat (28/6).

Acara diisi dengan menghadirkan pemateri Wartawan Tempo Budi Setyarso dan Praktisi Komunikasi Universitas Indonesia Sutji Lantyka yang membahas seputar point utama Press Release, serta tips dan trik agar sebuah berita dapat menarik perhatian masyarakat luas untuk dibaca.

Para peserta forum humas juga dibekali dengan keterampilan bermedsos dengan mengundang Anintya Novitasari & Muhammad Ikbal dari Pelindo Digital Squad yang memberikan workshop dengan tema “Create Content From Scratch”.

Dalam pelatihan tersebut dijelaskan bagaimana pengaruh sosial media untuk sebuah perusahaan beserta keuntungannya, karena algoritma dari sosial media menawarkan promosi gratis untuk setiap penggunanya jika konten yang dibuat sesuai dengan target audience.

“Untuk membuat konten yang menarik diperlukan perencanaan konten serta pilar konten sehingga dapat menyiapkan strategi konten yang terstruktur sehingga berdampak pada engagement perusahaan, jika memiliki engagement yang bagus, maka kesadaran publik terhadap perusahaan serta kepercayaan masyarakat dapat meningkat,” kata Anintya.

Acara diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksana Fungsi Kehumasan di Lingkungan Pelindo Regional oleh para para pelaksana humas dari masing-masing cabang Pelindo di Wilayah Regional 2.

Sebagai penutup, Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 2 Dian Vegawati mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan antusiasme para pelaksana humas selama mengikuti acara Forum Humas Pelindo Regional 2.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini para pelaksana Humas dapat menerapkan dua core value AKHLAK yaitu Kompeten dan Loyal, dimana teman-teman kehumasan dapat menguasai bidang kehumasan dengan membangun citra positif perusahaan dan juga lebih proaktif dalam menghandle publikasi,” pungkas Vega. (ire djafar)

Berita Terkait

Dari Bali ke Lombok: ASDP Antar Ribuan Penonton MotoGP Mandalika Tepat Waktu
Dukung Pemerataan Pendidikan di Tanah Air, ASDP Bangun Harapan Anak Negeri
Sukseskan MotoGP Mandalika 2025, ASDP Hadirkan Konektivitas Lancar dan Nyaman bagi Pengguna Jasa
ASDP Perkuat Konektivitas Kayangan–Pototano, Dongkrak Wisata dan Ekonomi NTB
Sinergi untuk Pertumbuhan Logistik, PT Terminal Teluk Lamong Sambut Maiden Call Service TPI Pelayaran Wan Hai
PT Terminal Teluk Lamong Raih Dua Penghargaan pada Indonesia Logistics Awards 2025 di Jakarta
TJSL PTP EduPort Magang Berkarya & Inovasi, Mahasiswa Jadi Agen Inovasi di Terminal Kijing
Bukan Sekadar Bisnis, JICT Perkuat Kedekatan dengan Mitra Pelayaran Melalui Customer Gathering Bertema Santai

Berita Terkait

Monday, 13 October 2025 - 04:01 WIB

Dari Bali ke Lombok: ASDP Antar Ribuan Penonton MotoGP Mandalika Tepat Waktu

Monday, 13 October 2025 - 03:27 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan di Tanah Air, ASDP Bangun Harapan Anak Negeri

Sunday, 12 October 2025 - 15:20 WIB

Sukseskan MotoGP Mandalika 2025, ASDP Hadirkan Konektivitas Lancar dan Nyaman bagi Pengguna Jasa

Sunday, 12 October 2025 - 15:05 WIB

ASDP Perkuat Konektivitas Kayangan–Pototano, Dongkrak Wisata dan Ekonomi NTB

Sunday, 12 October 2025 - 14:29 WIB

PT Terminal Teluk Lamong Raih Dua Penghargaan pada Indonesia Logistics Awards 2025 di Jakarta

Berita Terbaru