Pelindo Regional 2 Catat Kinerja Positif pada Triwulan 3 Tahun 2024

- Pewarta

Tuesday, 15 October 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 atau Pelindo Regional 2, sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan dan logistik, menunjukkan kinerja positif pada triwulan ketiga tahun 2024. Tren positif ini tercermin dari peningkatan arus peti kemas dan arus penumpang secara konsolidasi.

Executive Director 2 Pelindo Regional 2, Drajat Sulistyo, menyatakan bahwa pada triwulan ketiga 2024, Pelindo Regional 2 mencatat kenaikan signifikan dalam kinerja operasional, baik dalam arus peti kemas maupun arus penumpang, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023.

Pada triwulan ketiga 2024, kinerja arus peti kemas di Regional 2 mencapai 4,5 juta box, atau tumbuh 5,4% dari total tahun 2023 yang sebesar 4,2 juta box. Dari segi TEUs, jumlah ini mencapai 6,3 juta TEUs, naik 5,8% dari total 5,9 juta TEUs pada tahun sebelumnya. Peningkatan arus peti kemas ini disebabkan oleh adanya kenaikan kunjungan kapal peti kemas, terutama di Cabang Tanjung Priok, serta adanya kunjungan kapal peti kemas yang lebih besar dibandingkan tahun lalu di pelabuhan-pelabuhan di wilayah Regional 2. Selain itu, masuknya beberapa perusahaan pelayaran baru turut mendukung peningkatan ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sementara itu, arus penumpang juga mengalami peningkatan sebesar 10,6% pada triwulan ketiga 2024, dengan jumlah mencapai 912 ribu penumpang, dibandingkan dengan 828 ribu penumpang pada triwulan ketiga 2023.

“Kenaikan pada arus penumpang ini dipengaruhi oleh meningkatnya volume kunjungan kapal cruise di Cabang Tanjung Priok,” ujar Drajat.

Drajat menambahkan bahwa peningkatan kinerja operasional ini juga didorong oleh digitalisasi sistem manajemen logistik Pelindo yang terintegrasi dengan para pemangku kepentingan dan pengguna jasa. Digitalisasi ini berhasil mengoptimalkan proses bongkar muat barang dan mengurangi waktu sandar kapal atau port stay di pelabuhan.

“Bagi Pelindo Regional 2, upaya mempersingkat port stay kapal di pelabuhan berdampak pada peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan operasional. Selain itu, hal ini juga memberikan manfaat bagi pelanggan, yang dapat memanfaatkan peluang bisnis yang lebih besar,” tutup Drajat. (ire Djafar)

 

Berita Terkait

IPCC GEMBIRA dan UMKM KUAT: Dari Aksi Sosial Menuju Prestasi, Cara IPCC Jadi Bagian Perubahan Sosial
Indonesia-Singapura Perkuat Sinergi Maritim Lewat Workshop Kelaiklautan Kapal
Tumbuh dan Solid, SPJM Catat Laba Rp 391 Miliar dan Bagikan Dividen di RUPST 2024
Klinik Utama Sentra Maritim Medika Resmi Diluncurkan, Wujud Komitmen Layanan Kesehatan Maritim Inklusif
Berkat Sinergi Semua Pihak, Layanan Tetap Lancar di Tengah Pengerukan Alur Pulau Baai
Bersama Stakeholder, Pelindo Gelar Silaturahmi Strategis untuk Kuatkan Ekosistem Pelabuhan
Pembayaran Lebih Cepat dan Transparan: Pelindo Regional 4 Luncurkan Modul Digital untuk Vendor
Langkah Nyata Menuju Marina Kelas Dunia: Pelindo Luncurkan Ponton Benoa

Berita Terkait

Friday, 27 June 2025 - 03:34 WIB

IPCC GEMBIRA dan UMKM KUAT: Dari Aksi Sosial Menuju Prestasi, Cara IPCC Jadi Bagian Perubahan Sosial

Friday, 27 June 2025 - 02:47 WIB

Indonesia-Singapura Perkuat Sinergi Maritim Lewat Workshop Kelaiklautan Kapal

Friday, 27 June 2025 - 02:35 WIB

Tumbuh dan Solid, SPJM Catat Laba Rp 391 Miliar dan Bagikan Dividen di RUPST 2024

Friday, 27 June 2025 - 02:23 WIB

Klinik Utama Sentra Maritim Medika Resmi Diluncurkan, Wujud Komitmen Layanan Kesehatan Maritim Inklusif

Friday, 27 June 2025 - 02:00 WIB

Berkat Sinergi Semua Pihak, Layanan Tetap Lancar di Tengah Pengerukan Alur Pulau Baai

Berita Terbaru