Kolaborasi dan Inovasi SPMT Parepare Pastikan Kenyamanan Penumpang di Masa Liburan

- Pewarta

Friday, 17 January 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau pelindo melalui Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) berhasil memberikan layanan prima dan optimal kepada para penumpang selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Dengan komitmen tinggi terhadap kenyamanan dan keselamatan penumpang, SPMT Parepare. mencatat peningkatan aktivitas tanpa mengurangi kualitas layanan.

Branch Manager SPMT Parepare, I Nengah Suryana Jendra mengungkapkan, keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan koordinasi seluruh tim operasional di lapangan.

“Kami telah mempersiapkan infrastruktur, sistem, dan personel sejak jauh hari untuk memastikan para penumpang dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman selama libur Nataru,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selama periode libur Nataru, SPMT Branch Parepare mencatat trafik penumpang sebesar 79.266 orang meningkat sebesar 3,41% dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya. Jumlah tersebut tercatat dalam rentang waktu 10 Desember 2024 hingga 9 Januari 2025 (H-15 hingga H+15).

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, I Nengah Suryana Jendra, menyebutkan telah menerapkan langkah persiapan berupa penyiapan fasilitas operasional dan pendukung serta kesiapan dukungan teknologi. Selain itu yang menjadi prioritas adalah koordinasi dengan Kementerian Perhubungan serta Instansi Pemerintah dan Stakeholder pelabuhan lainnya untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kelancaran aktivitas penumpang.

“Kelancaran layanan penumpang periode Nataru ini juga didukung adanya Posko Angkutan Nataru terpadu yang bekerja sama dengan berbagai stakeholders yang menjalankan fungsi sebagai pusat pengawasan, koordinasi, dan informasi dalam memantau kondisi kenyamanan dan keselamatan penumpang,” tambah I Nengah Suryana Jendra.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Parepare, Shaiful Horry menjelaskan bahwa kesuksesan pelayanan penumpang periode Nataru ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik dari sejumlah stakeholders di lingkungan pelabuhan.

“Kami mengapresiasi kerja keras dari berbagai pihak yang turut mendukung kelancaran arus penumpang periode Nataru. Harapannya capaian tahun ini bisa menjadi bahan evaluasi pembelajaran untuk pelaksanaan di masa mendatang sehingga kualitas layanan penumpang transportasi laut bisa terus ditingkatkan dari waktu ke waktu,” ujar Shaiful Horry.

Ke depan, SPMT akan terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan, memastikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi para penumpang. Komitmen untuk terus memberikan layanan terbaik menjadi prioritas utama bagi SPMT, tidak hanya pada masa liburan, tetapi juga sepanjang tahun. (al jinan)

idj /idj

 

Berita Terkait

Peran Strategis Human Factor Di Tengah Cepatnya Perkembangan Teknologi Keselamatan Pelayaran
Perkuat Layanan Logistik Antarwilayah, ASDP Dorong Konektivitas dan Pemerataan Ekonomi Nasional
TTL dan KSOP Tanjung Perak Kolaborasi Dorong Efisiensi Lewat Inovasi Berthing Priority
Zero ODOL Butuh Solusi, Pengamat: Pemerintah Harus Hadir Bawa Solusi, Bukan Hanya Sanksi
Kuota Stimulus Diskon Tiket Kapal Tinggal Sedikit, PELNI Perkirakan Habis Sebelum 31 Juli
Pelindo Sukses Gelar ASEAN Ports and Logistics 2025, Perkuat Kolaborasi Maritim Internasional
Sinergi Sosial Pelindo Grup: IPCC Salurkan 200 Paket Sembako untuk Yatim Piatu dan Warga
ANI 2026 Wujudkan Kemandirian Navigasi Nasional: Sinergi Pushidrosal dan ITB dalam Penguasaan Teknologi Nautika

Berita Terkait

Sunday, 6 July 2025 - 09:47 WIB

Peran Strategis Human Factor Di Tengah Cepatnya Perkembangan Teknologi Keselamatan Pelayaran

Sunday, 6 July 2025 - 09:25 WIB

Perkuat Layanan Logistik Antarwilayah, ASDP Dorong Konektivitas dan Pemerataan Ekonomi Nasional

Sunday, 6 July 2025 - 09:17 WIB

TTL dan KSOP Tanjung Perak Kolaborasi Dorong Efisiensi Lewat Inovasi Berthing Priority

Sunday, 6 July 2025 - 09:06 WIB

Zero ODOL Butuh Solusi, Pengamat: Pemerintah Harus Hadir Bawa Solusi, Bukan Hanya Sanksi

Sunday, 6 July 2025 - 08:45 WIB

Kuota Stimulus Diskon Tiket Kapal Tinggal Sedikit, PELNI Perkirakan Habis Sebelum 31 Juli

Berita Terbaru