Angkasa Pura I Raih Penghargaan Omni Customer Experience Strategy

- Pewarta

Thursday, 6 April 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

maritimindonesia.co – PT Angkasa Pura I meraih penghargaan dalam ajang Marketeers OMNI Awards 2023 untuk kategori Omni Customer Experience Strategy. Penyerahan penghargaan tersebut digelar di FX Sudirman Jakarta, baru-baru ini, Selasa (4/4).

Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap strategi branding,  marketing, dan pelayanan yang dilakukan oleh Angkasa Pura I, yang dinilai berhasil dalam mengintegrasikan layanan melalui interaksi fisik (offline) dan digital (online).

Direktur Komersial dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Dendi T. Danianto mengatakan, penghargaan ini merupakan momentum untuk terus memacu kinerja perusahaan dalam pelayanan pengguna jasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Merupakan suatu kehormatan bagi Angkasa Pura I. Kami akan terus selalu berupaya melakukan improvement dan inovasi untuk pencapaian target di masa depan, serta untuk mendukung program untuk memajukan industri penerbangan dan pariwisata,” ujar Dendi.

Dendi menambahkan mengenai pentingnya digitalisasi dalam standar pelayanan.

“Kami menyadari pentingnya digitalisasi dalam memberikan seamless experience  bagi seluruh pengguna jasa bandara. Saat ini kami menjadikan pengalaman pelanggan atau customer experience  sebagai landasan dalam merumuskan seluruh lini pelayanan, baik itu secara services maupun komersial,” lanjutnya.

Senada dengan Dendi, CEO Marketeers Iwan Setiawan menyampaikan pentingnya integrasi layanan online dan  offline.

“Sekarang eranya sudah berubah menjadi era phygital marketing yang merupakan  hybrid dari fisik dan digital. Dan, bila ingin sukses, merek perlu melakukan pendekatan secara Omni yakni menggabungkan antara online dan offline atau sentuhan teknologi dan manusia,” ujarnya saat membuka acara penghargaan.

Dalam standar layanannya, saat ini Angkasa Pura I sudah mengintegrasikan layanan offline serta layanan berbasis digital atau layanan online.

Melalui layanan offline, Angkasa Pura I menyediakan berbagai jenis layanan dan fasilitas yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa dan untuk meningkatkan customer experience. Fasilitas tersebut juga telah terintegrasi secara digital untuk memudahkan pengguna jasa saat berada di bandara, seperti self check-in counter, mesin pemindai boarding pass atau boarding pass scanner, serta layanan online customer service.

Sedangkan dalam layanan online, Angkasa Pura I memanfaatkan berbagai jenis kanal media sosial sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan, serta untuk menyampaikan kampanye marketing dan promosi, di antaranya promosi destinasi wisata unggulan, promosi gerai komersial dan fasilitas publik di bandara, serta kampanye untuk menumbuhkan kembali minat berwisata masyarakat pada masa transisi pandemi. Melalui Contact Center 172, Angkasa Pura I menyediakan platform contact center untuk memberikan informasi kepada pelanggan, menindaklanjuti keluhan, serta mendengarkan saran dan masukan dari pengguna jasa.

“Inovasi layanan melalui integrasi layanan offline dan online ini harus berfokus pada pengalaman pelanggan atau customer experience yang diharapkan meningkatkan kepuasan pelanggan atau customer satisfaction. Kami berkomitmen untuk terus menerus memenuhi kebutuhan dan harapan penumpang di semua bandara yang kami kelola secara berkelanjutan,” tutup Dendi.

Tentang PT Angkasa Pura I

PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan pengelola bandara di Indonesia. Angkasa Pura I mengelola 15 bandara di tengah dan timur Indonesia, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.

Angkasa Pura I memiliki lima anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail.

Angkasa Pura I merupakan bagian dari Holding BUMN Aviasi Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau dikenal sebagai InJourney sebagai corporate brand. Informasi tentang Angkasa Pura I dapat dilihat di www.ap1.co.id. (red)

 

idj / idj

 

Berita Terkait

Transformasi Logistik Berkelanjutan: PTP Nonpetikemas Panjang Layani Bongkar Lokomotif Impor dari Amerika Serikat
Komisi VI DPR Dukung Percepatan Pengembangan Pelabuhan Merak untuk Layanan Publik yang Lebih Prima
Terminal Petikemas Nilam Bukukan 224 Ribu TEUs, Naik 10 Persen
ILCS Kembali Gelar ICON 3.0, Cetak Talenta Muda untuk Masa Depan Logistik Digital
Respons Bencana Kemarau Basah, SPSL dan CTP Tunjukkan Kepedulian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak
Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Tetap Berjalan Normal, Kemenhub Lakukan Penyesuaian Sementara
Ngobrol Santai, Solusi Nyata: INSA Jaya Kumpulkan Stakeholder Bahas Layanan 24/7 hingga Penanganan Limbah Kapal
Taman Pelindo dan 500 Tong Sampah, Wujud Nyata Peduli Lingkungan untuk Jakarta Utara Bersih dan Sehat

Berita Terkait

Friday, 18 July 2025 - 14:45 WIB

Transformasi Logistik Berkelanjutan: PTP Nonpetikemas Panjang Layani Bongkar Lokomotif Impor dari Amerika Serikat

Friday, 18 July 2025 - 09:40 WIB

Komisi VI DPR Dukung Percepatan Pengembangan Pelabuhan Merak untuk Layanan Publik yang Lebih Prima

Friday, 18 July 2025 - 06:52 WIB

Terminal Petikemas Nilam Bukukan 224 Ribu TEUs, Naik 10 Persen

Thursday, 17 July 2025 - 15:35 WIB

ILCS Kembali Gelar ICON 3.0, Cetak Talenta Muda untuk Masa Depan Logistik Digital

Thursday, 17 July 2025 - 15:28 WIB

Respons Bencana Kemarau Basah, SPSL dan CTP Tunjukkan Kepedulian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak

Berita Terbaru