Angkasa Pura I Raih Penghargaan Omni Customer Experience Strategy

- Pewarta

Thursday, 6 April 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

maritimindonesia.co – PT Angkasa Pura I meraih penghargaan dalam ajang Marketeers OMNI Awards 2023 untuk kategori Omni Customer Experience Strategy. Penyerahan penghargaan tersebut digelar di FX Sudirman Jakarta, baru-baru ini, Selasa (4/4).

Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap strategi branding,  marketing, dan pelayanan yang dilakukan oleh Angkasa Pura I, yang dinilai berhasil dalam mengintegrasikan layanan melalui interaksi fisik (offline) dan digital (online).

Direktur Komersial dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Dendi T. Danianto mengatakan, penghargaan ini merupakan momentum untuk terus memacu kinerja perusahaan dalam pelayanan pengguna jasa.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Angkasa Pura I. Kami akan terus selalu berupaya melakukan improvement dan inovasi untuk pencapaian target di masa depan, serta untuk mendukung program untuk memajukan industri penerbangan dan pariwisata,” ujar Dendi.

Dendi menambahkan mengenai pentingnya digitalisasi dalam standar pelayanan.

“Kami menyadari pentingnya digitalisasi dalam memberikan seamless experience  bagi seluruh pengguna jasa bandara. Saat ini kami menjadikan pengalaman pelanggan atau customer experience  sebagai landasan dalam merumuskan seluruh lini pelayanan, baik itu secara services maupun komersial,” lanjutnya.

Senada dengan Dendi, CEO Marketeers Iwan Setiawan menyampaikan pentingnya integrasi layanan online dan  offline.

“Sekarang eranya sudah berubah menjadi era phygital marketing yang merupakan  hybrid dari fisik dan digital. Dan, bila ingin sukses, merek perlu melakukan pendekatan secara Omni yakni menggabungkan antara online dan offline atau sentuhan teknologi dan manusia,” ujarnya saat membuka acara penghargaan.

Dalam standar layanannya, saat ini Angkasa Pura I sudah mengintegrasikan layanan offline serta layanan berbasis digital atau layanan online.

Melalui layanan offline, Angkasa Pura I menyediakan berbagai jenis layanan dan fasilitas yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa dan untuk meningkatkan customer experience. Fasilitas tersebut juga telah terintegrasi secara digital untuk memudahkan pengguna jasa saat berada di bandara, seperti self check-in counter, mesin pemindai boarding pass atau boarding pass scanner, serta layanan online customer service.

Sedangkan dalam layanan online, Angkasa Pura I memanfaatkan berbagai jenis kanal media sosial sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan, serta untuk menyampaikan kampanye marketing dan promosi, di antaranya promosi destinasi wisata unggulan, promosi gerai komersial dan fasilitas publik di bandara, serta kampanye untuk menumbuhkan kembali minat berwisata masyarakat pada masa transisi pandemi. Melalui Contact Center 172, Angkasa Pura I menyediakan platform contact center untuk memberikan informasi kepada pelanggan, menindaklanjuti keluhan, serta mendengarkan saran dan masukan dari pengguna jasa.

“Inovasi layanan melalui integrasi layanan offline dan online ini harus berfokus pada pengalaman pelanggan atau customer experience yang diharapkan meningkatkan kepuasan pelanggan atau customer satisfaction. Kami berkomitmen untuk terus menerus memenuhi kebutuhan dan harapan penumpang di semua bandara yang kami kelola secara berkelanjutan,” tutup Dendi.

Tentang PT Angkasa Pura I

PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan pengelola bandara di Indonesia. Angkasa Pura I mengelola 15 bandara di tengah dan timur Indonesia, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.

Angkasa Pura I memiliki lima anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail.

Angkasa Pura I merupakan bagian dari Holding BUMN Aviasi Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau dikenal sebagai InJourney sebagai corporate brand. Informasi tentang Angkasa Pura I dapat dilihat di www.ap1.co.id. (red)

 

idj / idj

 

Berita Terkait

PTP Inovasi 2025: Mendorong Kreativitas Pekerja PTP Nonpetikemas untuk Peningkatan Kinerja Perusahaan
IPCC Perkuat Komitmen Sosial lewat TJSL di Kuningan, Fokus pada Pendidikan, UMKM, dan Lingkungan
Sinergi Pelindo dan Kemenhub Tingkatkan Pelayanan di Sektor Transportasi Laut
Pacu Digitalisasi Penyeberangan, ASDP telah Terapkan Tiket Online Ferizy di 40 Pelabuhan
Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Gelar Donor Darah Bersama Stakeholder Peringati Bulan K3 Nasional
Pelindo Solusi Logistik Dukung Implementasi Container Scanner di Pelabuhan Tanjung Perak
Dukung Budaya K3, PTP Nonpetikemas Berikan Pelatihan dan Bagikan APD bagi Pekerja Pelabuhan
IPCC Sukses Jalankan Program MBG, Prevalensi Stunting di Kalibaru Jadi Nol

Berita Terkait

Friday, 14 February 2025 - 10:49 WIB

PTP Inovasi 2025: Mendorong Kreativitas Pekerja PTP Nonpetikemas untuk Peningkatan Kinerja Perusahaan

Friday, 14 February 2025 - 10:44 WIB

IPCC Perkuat Komitmen Sosial lewat TJSL di Kuningan, Fokus pada Pendidikan, UMKM, dan Lingkungan

Friday, 14 February 2025 - 04:31 WIB

Sinergi Pelindo dan Kemenhub Tingkatkan Pelayanan di Sektor Transportasi Laut

Friday, 14 February 2025 - 04:21 WIB

Pacu Digitalisasi Penyeberangan, ASDP telah Terapkan Tiket Online Ferizy di 40 Pelabuhan

Thursday, 13 February 2025 - 01:51 WIB

Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Gelar Donor Darah Bersama Stakeholder Peringati Bulan K3 Nasional

Berita Terbaru