Arus Petikemas TPK Nilam Hingga Agustus Tembus 315 Ribu TEUs, Tumbuh 13% Dibanding Tahun Lalu

- Pewarta

Friday, 19 September 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Terminal Petikemas Nilam (TPK Nilam), salah satu terminal di bawah pengelolaan PT Terminal Teluk Lamong (TTL), berhasil mencatatkan kinerja cemerlang sepanjang Januari hingga Agustus 2025. Berdasarkan laporan operasional, TPK Nilam berhasil membukukan arus petikemas sebesar 315.422 TEUs, meningkat 13% dibandingkan periode yang sama tahun 2024 sebesar 279.299 TEUs.

Arus Petikemas pada Agustus 2025 tercatat 46.570 TEUs, tumbuh 5% dibandingkan Juli 2025 sebesar 44.450 TEUs, angka ini tercatat sebagai pencapaian arus petikemas tertinggi sepanjang 2025 dan tahun-tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan arus domestik, khususnya dari layanan rute Samarinda, Banjarmasin, dan Makassar, yang terus menunjukkan tren kenaikan sejalan dengan meningkatnya aktivitas perdagangan antarwilayah. Hal ini mendorong aktivitas bongkar muat di TPK Nilam sebagai simpul penting rantai pasok nasional.

Selain pertumbuhan arus, TPK Nilam juga terus menjaga pola operasional yang efektif dan efisien melalui optimalisasi pelayanan operasional, utilisasi peralatan bongkar muat yang lebih maksimal, serta penerapan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang baik. Upaya ini berdampak pada peningkatan produktivitas tanpa mengorbankan kualitas layanan

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Konsumsi energi bahan bakar sampai dengan Agustus 2025 mengalami penurunan sebesar 6,7% dari Tahun 2024. Sedangkan konsumsi energi listrik sampai dengan Agustus 2025 turun 11,2% dari Tahun 2024. Efisiensi energi merupakan bagian dari strategi operasional untuk menciptakan value creation dan komitmen perusahaan dalam mewujudkan pelabuhan ramah lingkungan.

Retno Pujianto, Terminal Head TPK Nilam menegaskan bahwa capaian ini bukti kepercayaan para mitra dan pengguna jasa terhadap layanan TPK Nilam.

“Kami terus meningkatkan kualitas layanan, peningkatan kapasitas SDM, penguatan implementasi K3 serta memperkuat kolaborasi dengan mitra strategis,” kata Retno Pujianto.

“TPK Nilam optimis dapat mencapai target yang ditetapkan hingga akhir tahun, serta mampu memberikan layanan prima dan nilai tambah bagi para pengguna jasa,” pungkasnya. (ire djafar)

Berita Terkait

Dari Bali ke Lombok: ASDP Antar Ribuan Penonton MotoGP Mandalika Tepat Waktu
Dukung Pemerataan Pendidikan di Tanah Air, ASDP Bangun Harapan Anak Negeri
Pangkalan KPLP Tanjung Priok dan KSOP Kelas I Palembang Kolaborasi Latih Petugas Pemeriksa Kapal
Sukseskan MotoGP Mandalika 2025, ASDP Hadirkan Konektivitas Lancar dan Nyaman bagi Pengguna Jasa
ASDP Perkuat Konektivitas Kayangan–Pototano, Dongkrak Wisata dan Ekonomi NTB
Sinergi untuk Pertumbuhan Logistik, PT Terminal Teluk Lamong Sambut Maiden Call Service TPI Pelayaran Wan Hai
PT Terminal Teluk Lamong Raih Dua Penghargaan pada Indonesia Logistics Awards 2025 di Jakarta
TJSL PTP EduPort Magang Berkarya & Inovasi, Mahasiswa Jadi Agen Inovasi di Terminal Kijing

Berita Terkait

Monday, 13 October 2025 - 04:01 WIB

Dari Bali ke Lombok: ASDP Antar Ribuan Penonton MotoGP Mandalika Tepat Waktu

Monday, 13 October 2025 - 03:27 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan di Tanah Air, ASDP Bangun Harapan Anak Negeri

Monday, 13 October 2025 - 03:15 WIB

Pangkalan KPLP Tanjung Priok dan KSOP Kelas I Palembang Kolaborasi Latih Petugas Pemeriksa Kapal

Sunday, 12 October 2025 - 15:20 WIB

Sukseskan MotoGP Mandalika 2025, ASDP Hadirkan Konektivitas Lancar dan Nyaman bagi Pengguna Jasa

Sunday, 12 October 2025 - 15:05 WIB

ASDP Perkuat Konektivitas Kayangan–Pototano, Dongkrak Wisata dan Ekonomi NTB

Berita Terbaru