ASDP Target Terapkan E-ticketing Ferizy di Pelabuhan Bangka Semester II-2023

- Pewarta

Tuesday, 30 May 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana untuk menerapkan layanan e-ticketing Ferizy di Cabang Bangka, pada semester kedua tahun ini. Hal ini sebagai wujud komitmen ASDP dalam mengakselerasi program digitalisasi layanan tiket ferry berbasis _online_.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan penerapan e-ticketing Ferizy adalah upaya ASDP bertransformasi di era digital sekarang ini, sekaligus upaya ASDP untuk terus meningkatkan layanan kepada pengguna jasa.

“Dengan melakukan reservasi tiket secara _online_, calon penumpang kini makin dimudahkan dan tentunya aman dalam memesan tiket kapal ferry, yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun melalui Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, dan Mitra Resmi ASDP,” katanya.

Sejak Mei 2020, ASDP telah menerapkan digitalisasi layanan pemesanan tiket secara _online_ lewat aplikasi dan website Ferizy, khususnya di lintasan utama Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk yang terbukti memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Layanan e-ticketing Ferizy bertujuan untuk mengatur keseimbangan antara kapasitas angkut kapal dan demand penumpang maupun kendaraan di setiap pelabuhan, sehingga penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang sesuai dengan kapasitas kapal yang ada.

Artinya, penumpang dan kendaraan hanya diperbolehkan masuk ke pelabuhan (check in) sesuai dengan waktu yang telah dipilih saat membeli tiket dan selanjutnya pengguna jasa akan naik ke kapal dengan sistem _first in first out_ (FIFO) setelah proses _check in_.

Data ASDP menyebutkan sebelum implementasi Ferizy, pengguna jasa kapal ferry cenderung menyeberang pada malam hari dengan perbandingan 61 % pada malam hari dan 39 % siang hari, sehingga membuat produksi malam hari berada di atas kapasitas muat rata-rata kapal dan berakibat antrean kendaraan di pelabuhan.

General Manager ASDP Cabang Bangka, Christopher Samosir mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan rencana penerapan layanan e-ticketing Ferizy di Cabang Bangka, yang untuk tahap awal akan diterapkan di lintas komersial Tanjung Kalian-Tanjung Api-api. Saat ini, Cabang Bangka melayani dua rute komersial Tanjung Kalian – Tanjung Api-api, dan Sadai – Tanjung Ru. Lalu, satu rute perintis Tanjung Ru – Tanjung Nyato. Ketiganya dilayani total 6 unit kapal, yakni KMP Belanak, KMP Kuala Bate II, KMP Mutis, KMP Gorare, KMP Manumbing Raya dan KMP Puteri Leanpuri.

“Prinsipnya kami telah siap untuk menerapkan layanan Ferizy. Kami juga telah melakukan _benchmarking_ ke Pelabuhan Utama ASDP di Merak dengan mengirimkan 13 orang team ASDP termasuk petugas alih daya yang di dalamnya terdapat petugas loket. Dengan demikian, kami telah memiliki acuan standar dan tolak ukur dalam pengaplikasian Ferizy sebagai implementasi Cabang Bangka dalam meningkatkan performa usaha, produkivitas, dan tentunya menghadirkan layanan berkualitas prima bagi masyarakat melalui digitalisasi,” tutur Christopher.

Adapun Pelabuhan Tanjung Kalian merupakan penghubung antara pulau Bangka dan Sumatera. Saat ini tercatat sekitar 300 unit kendaraan per hari termasuk truk logistik dan mobil pribadi yang melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan Bangka.

“ASDP sebagai perusahaan berskala nasional akan terus melakukan inovasi terbaik untuk mewujudkan pelabuhan yang andal dan berkemampuan tinggi, menjamin efisiensi, dan mempunyai daya saing global demi menunjang pembangunan nasional dan daerah,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir pun mengapresiasi langkah transformasi layanan digital melalui Ferizy yang telah dilakukan ASDP sebagai upaya BUMN mengikuti perkembangan zaman. “Dengan Ferizy, ASDP mampu mengatasi persoalan antrean yang telah terjadi bertahun-tahun di layanan penyeberangan, sehingga secara signifikan menghemat biaya logistik dan mendongkrak pergerakan penyeberangan,” tuturnya. (ire djafar)

 

Berita Terkait

Transformasi Digital Jadi Solusi Efisiensi Logistik dan Kepelabuhanan
Pelindo Dorong Efisiensi: Port Stay dan Cargo Stay Makin Singkat, Biaya Logistik Turun
Tanpa Fatality di 2024, Pelindo Regional 4 Dorong Keselamatan Kerja Berkelanjutan
Pushidrosal Gelar Syukuran Peringatan Hari Hidrografi TNI AL 2025: Dorong Nasionalisme dan Perkuat Kedaulatan Maritim
KN TRISULA – P.111 Lakukan Operasi SAR Kapal Tenggelam TB MEGA 09 di Selat Sunda
SPJM Grup Siap Optimalkan Pengelolaan Lingkungan melalui Bimtek Bersama KLHK
Pelindo Bagikan 1.000 Rompi Safety untuk Sopir JPT di Pelabuhan Makassar, Perkuat Keselamatan dan Keamanan Kerja
Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Pelindo Reg 4 Parepare Perkuat Infrastruktur Pelabuhan Lontangnge

Berita Terkait

Wednesday, 5 February 2025 - 13:38 WIB

Transformasi Digital Jadi Solusi Efisiensi Logistik dan Kepelabuhanan

Wednesday, 5 February 2025 - 04:10 WIB

Pelindo Dorong Efisiensi: Port Stay dan Cargo Stay Makin Singkat, Biaya Logistik Turun

Tuesday, 4 February 2025 - 08:18 WIB

Tanpa Fatality di 2024, Pelindo Regional 4 Dorong Keselamatan Kerja Berkelanjutan

Tuesday, 4 February 2025 - 04:08 WIB

Pushidrosal Gelar Syukuran Peringatan Hari Hidrografi TNI AL 2025: Dorong Nasionalisme dan Perkuat Kedaulatan Maritim

Monday, 3 February 2025 - 03:26 WIB

KN TRISULA – P.111 Lakukan Operasi SAR Kapal Tenggelam TB MEGA 09 di Selat Sunda

Berita Terbaru