ASDP Terus Tingkatkan Performa Elektronifikasi Pembayaran Tiket di Tiga Pelabuhan Cabang Ternate

- Pewarta

Sunday, 11 June 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan performa layanan penyeberangan melalui penerapan elektronifikasi pembayaran tiket ferry khususnya di tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Bastiong, Pelabuhan Sidangoli, dan Pelabuhan Rum yang dikelola oleh Cabang Ternate.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan bahwa ASDP telah 100 persen menerapkan pembayaran Non-Tunai atau _cashless_ pada tiga pelabuhan di Ternate dengan realisasi total transaksi cashless terhitung sejak Januari hingga Mei 2023 mencapai 226.026 transaksi dan realisasi transaksi kartu _prepaid_ mencapai 199.643 transaksi.

Adapun penerapan elektronifikasi pembayaran tiket adalah wujud dukungan ASDP dalam implementasi Peraturan Menteri Perhubungan, Peraturan Dirjen Perhubungan Darat, dan Peraturan Bank Indonesia dalam penerapan digitalisasi melalui metode pembayaran Non-Tunai menggunakan kartu uang elektronik dan dompet elektronik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Selain perintah regulasi, elektronifikasi pembayaran tiket ini adalah salah satu langkah transformasi Bisnis ASDP pada moda transportasi khususnya angkutan penyeberangan Bastiong – Rum, Bastiong – Sofifi dan Bastiong – Sidangoli, dimana yang sebelumnya pembelian ticket ferry dilakukan secara tunai telah berubah menjadi non tunai (Cashless) dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik (Prepaid) yang dikeluarkan oleh bank (antara lain BRI, BNI, Mandiri dan BCA). Transaksi Non-Tunai ini berlaku efektif di Cabang Ternate di 3 Pelabuhan pada tanggal 30 November 2021,” ujar Shelvy.

Dalam perjalanannya, lanjut Shelvy, ASDP bersama Bank Indonesia terus memonitor implementasi elektronifikasi pembayaran tiket penyeberangan dan kondisi ekosistem pembayaran di sekitar pelabuhan. Eksisting, beragam pilihan layanan kartu uang elektronik yang dapat digunakan antara lain Brizzi, e-Money, Tapcash, dan Flazz. Pengguna jasa juga dapat menggunakan virtual account dan e-wallet seperti Shopee Pay, Dana, Linkaja, dan OVO.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Justan Saffaru menyampaikan sejumlah tantangan dalam pengaplikasian sistem pembayaran _cashless_, salah satunya masih terbatasnya agen top-up kartu prepaid dan pembelian kartu prepaid. Hal ini mengakibatkan masih banyak pemakai jasa yang melakukan _top-up_ dan pembelian kartu di pelabuhan atau _go show_. Selain itu, layanan juga sering terhambat karena terjadi kondisi jaringan internet yang tidak stabil.

Menanggapi kendala tersebut, Deputi Direktur Departemen Penyelenggara Sistem Pembayaran Bank Indonesia Jultarda Hutagalung turut memberikan perhatiannya untuk memperlancar proses pembayaran non-tunai.

“Tentu ke depan secara berkala akan dilakukan koordinasi dan kolaborasi untuk sosialisasi tekait fungsi dan cara penggunaan _cashless_ ini. Ragam penggunaan kartu uang elektronik selain terkait pembelian tiket tetapi juga untuk pembayaran lainnya, dan tata cara top up akan kita sosialisasikan. Karena itu dibutuhkan sinergi dari seluruh pihak terkait,” tutur Jultarda.

Pada tahun 2022, total realisasi transaksi non tunai mencapai 319.131 transaksi. Sementara realisasi transaksi kartu prepaid mencapai 286.460 transaksi. Dengan penerapan system elektronifikasi ini pelabuhan penyeberangan menjadi lebih tertib, aman, lancar, dan nyaman. Hal ini juga membuka peluang bisnis baru bagi masyarakat setempat dan mengangkat nama daerah dalam hal penerapan teknologi digitalisasi.

Menuju layanan berkelas dunia, ASDP akan terus melakukan inovasi terbaik untuk mewujudkan layanan penyeberangan dan pelabuhan yang andal, menjamin efisiensi, dan mempunyai daya saing global demi mendukung ekonomi dan keuangan digital serta pemulihan ekonomi nasional.

“Sebagai wujud upaya ASDP untuk terus meningkatkan layanan prima kepada pengguna jasa, saya harap kerjasama dan dukungan dari pihak Bank Indonesia dan bank terkait lainnya perihal sosialisasi penggunaan cashless di tiga pelabuhan ASDP cabang Ternate,” ujar Justan menandaskan. (ire djafar)

 

Berita Terkait

Uji Coba KMP Pulo Tello Berhasil, KSOP Pulau Baai Siapkan SOP Demi Keselamatan Pelayaran ke Enggano
Dari Digitalisasi hingga Strategi SCM: IWTL Cetak SDM Perempuan yang Siap Tanding dan Hadapi Disrupsi Industri
Jembatani Wilayah Terluar, ASDP Tegaskan Komitmen Layanan untuk Enggano Kembali Beroperasi
Pelindo Sukses Uji Coba Alur Pelayaran Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu
SCI Apresiasi RPerpres Logistik, Sertakan Lima Rekomendasi Penting
Kemenhub Tegaskan Perlindungan ABK WNI di Luar Negeri Lewat Aksi Nyata
Peran Strategis Human Factor Di Tengah Cepatnya Perkembangan Teknologi Keselamatan Pelayaran
Perkuat Layanan Logistik Antarwilayah, ASDP Dorong Konektivitas dan Pemerataan Ekonomi Nasional

Berita Terkait

Tuesday, 8 July 2025 - 02:31 WIB

Uji Coba KMP Pulo Tello Berhasil, KSOP Pulau Baai Siapkan SOP Demi Keselamatan Pelayaran ke Enggano

Tuesday, 8 July 2025 - 01:51 WIB

Dari Digitalisasi hingga Strategi SCM: IWTL Cetak SDM Perempuan yang Siap Tanding dan Hadapi Disrupsi Industri

Tuesday, 8 July 2025 - 00:59 WIB

Jembatani Wilayah Terluar, ASDP Tegaskan Komitmen Layanan untuk Enggano Kembali Beroperasi

Tuesday, 8 July 2025 - 00:28 WIB

Pelindo Sukses Uji Coba Alur Pelayaran Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu

Monday, 7 July 2025 - 03:34 WIB

SCI Apresiasi RPerpres Logistik, Sertakan Lima Rekomendasi Penting

Berita Terbaru