Berkontribusi Positif bagi Perekonomian Nasional, ASDP Catat Pertumbuhan Layanan Penumpang hingga 5,89 Juta dan 11,42 Juta Kendaraan

- Pewarta

Friday, 19 July 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat kenaikan dalam layanan penumpang dan kendaraan pada semester pertama tahun 2024. Dalam periode ini, ASDP melayani 5,89 juta penumpang dan 11,42 juta kendaraan di seluruh Indonesia, menandai peningkatan dalam industri penyeberangan.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menyatakan optimisme manajemen terhadap pertumbuhan bisnis penyeberangan yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir tahun. “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan prima, terutama bagi sektor logistik yang menjadi pilar kinerja perusahaan,” ujarnya.

Kinerja ASDP pada semester I-2024 menunjukkan pertumbuhan dengan total pendapatan konsolidasi mencapai Rp 2,560 triliun, meningkat 9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu, ASDP mencatat laba sebesar Rp 356 miliar.

Peningkatan jumlah kendaraan yang dilayani, mencapai 29% dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini. Total produksi kendaraan pada semester I-2024 mencapai 11,42 juta unit, hasil dari strategi efisiensi dan peningkatan operasional yang diterapkan oleh manajemen.

ASDP menargetkan capaian untuk tahun 2024 dengan proyeksi pendapatan sebesar Rp 5,710 triliun dan laba bersih sekitar Rp 733 miliar.

Selain itu, ASDP telah mengakselerasi digitalisasi layanan melalui pemesanan tiket online yang telah diterapkan di 33 pelabuhan. Sistem pemesanan tiket online melalui aplikasi atau website Ferizy ini memberikan kemudahan bagi penumpang dalam mengakses layanan ASDP.

Shelvy menambahkan bahwa pengembangan infrastruktur yang mengedepankan kenyamanan pelanggan juga menjadi fokus utama sehingga mampu meningkatkan pengembangan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Pengguna jasa di terminal eksekutif kini dapat menikmati kenyamanan lebih berkat adanya akses jembatan penghubung antara terminal eksekutif dan reguler.

ASDP juga secara konsisten melakukan evaluasi untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan layanan pelanggan secara maksimal.

“Kami selalu mendengarkan aspirasi pelanggan untuk memastikan layanan yang kami berikan terus meningkat dan memenuhi harapan mereka,” tutur Shelvy lagi.

Selain itu, pencapaian ASDP juga didukung oleh peningkatan layanan di berbagai pelabuhan, termasuk pembukaan delapan lintasan perintis baru yang mencakup wilayah-wilayah strategis seperti Ulhe LeueSerapung dan Bau Bau – Talaga.

Dengan berbagai pencapaian ini, ASDP menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan yang baik dan terus mendorong pertumbuhan industri penyeberangan di Indonesia. Inovasi yang dilakukan ASDP diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. (ire djafar)

 

Berita Terkait

Cuaca Ekstrem, ASDP Imbau Pengguna Jasa Atur Waktu Perjalanan Menuju Pelabuhan
Terpadat se-Indonesia, Pelabuhan Makassar jadi Pusat Mobilitas Masyarakat dan Logistik Wilayah Timur
Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek 2025, ASDP Catat Kenaikan Trafik Signifikan di Lintasan Tersibuk Sumatera-Jawa-Bali
Antisipasi Kepadatan Libur Isra Mi’raj dan Imlek 2025: Sistem Buffer Zone dan Pelabuhan Alternatif Disiapkan di Merak-Bakauheni
Perkuat Budaya K3 Demi Produktivitas dan Keberlanjutan Bisnis, Dirut ASDP: Safety Starts from Us!
ASDP Perkuat Komitmen Sosial: Bantuan untuk Lansia sebagai Wujud Kepedulian
ASDP Kumpulkan 1,72 Ton Sampah, Dukung Indonesia Bebas Sampah Plastik dan Dorong Gaya Hidup Ramah Lingkungan
Dukung Kelancaran Layanan Penyeberangan, ASDP Apresiasi Kolaborasi Stakeholder Periode Nataru 2024/2025
Tag :

Berita Terkait

Wednesday, 29 January 2025 - 15:37 WIB

Cuaca Ekstrem, ASDP Imbau Pengguna Jasa Atur Waktu Perjalanan Menuju Pelabuhan

Tuesday, 28 January 2025 - 01:25 WIB

Terpadat se-Indonesia, Pelabuhan Makassar jadi Pusat Mobilitas Masyarakat dan Logistik Wilayah Timur

Monday, 27 January 2025 - 16:01 WIB

Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek 2025, ASDP Catat Kenaikan Trafik Signifikan di Lintasan Tersibuk Sumatera-Jawa-Bali

Thursday, 23 January 2025 - 13:58 WIB

Antisipasi Kepadatan Libur Isra Mi’raj dan Imlek 2025: Sistem Buffer Zone dan Pelabuhan Alternatif Disiapkan di Merak-Bakauheni

Wednesday, 22 January 2025 - 06:03 WIB

Perkuat Budaya K3 Demi Produktivitas dan Keberlanjutan Bisnis, Dirut ASDP: Safety Starts from Us!

Berita Terbaru