Maritim Indonesia — Pelayanan prima merupakan pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku yang dimiliki oleh instansi yang memberikan
pelayanan. Selain itu, pelayanan prima berpengaruh positif terhadap kepuasan dan kepercayaan masyarakat yang merupakan pengguna jass atau pengguna layanan terhadap pelayanan publik.
Sejalan dengan itu, DPC Indonesia National Shipowners Association Jakarta Raya (Insa Jaya) dalam rangka mengapresiasi stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok dan Marunda yang telah memberikan pelayanan kepada pengguna jasa, akan menggelar Insa Jaya Awards 2024 yang rencananya akan digelar pada pertengahan bulan September mendatang.
Insa Jaya Awards 2024 sebagai bentuk dan bukti apresiasi dengan memberikan penghargaan terhadap Instansi, Perusahaan, Terminal Operator dan Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok dan Marunda yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau pengguna jasa, serta meningkatkan upaya-upaya menuju Smart Port yang lebih professional dan memiliki daya saing serta berkelas dunia.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Adapun metode pengumpulan data sebagai bahan penilaian dengan mengadakan Survey Kepuasan Pelayanan, dengan tehnik penilaian mengisi form link pelaksanaan, dengan peserta 1 (satu) orang dari 1 (satu) perusahaan, yang mana nantinya para pengisi survey akan mendapatkan hadiah menarik berupa Motor Listrik, TV 32 inchi, Laptop dan hadiah menarik lainnya.
DPC Insa Jaya juga akan melakukan Survey yang tentunya bersifat deskriptif
kualitatif yang berusaha mendeskripsikan penerapan pelayanan prima di Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara atau studi pustaka. Adapun informan penelitian adalah masyarakat pengguna layanan dengan teknik pemilihan informan
dilakukan melalui purposive sampling.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Penghargaan akan diberikan, dengan berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan pihak Instansi, Perusahaan, Terminal Operator dan Stakeholders sudah berusaha optimal dalam menerapkan pelayanan prima di Pelabuhan Tanjung Priok dan Marunda.
INSA Jaya Awards 2024 akan melakukan survey pelayanan prima terhadap 8 (delapan) instansi atau stakeholder diantaranya adalah :
1. PT Pelindo (Persero) Regional 2 Cabang Pelabuhan Tanjung Priok
2. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok
3. Kantor Balai Besar Kekarantinaan. Kesehatan Tanjung Priok
4. Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok
5. Kantor Imigrasi Kelas l TPI Tanjung Priok
6. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas ll Marunda
7. Marunda Centre Terminal (MCT) – BUP PT Pelabuhan Tegar Indonesia
8. Karya Citra Nusantara (KCN) Terminal A – BUP PT Karya Citra Nusantara.
Penghargaan akan diberikan juga untuk para pelaku pelayaran dan anggota pelayaran Insa Jaya. Selain itu, Insa Jaya Awards juga akan memberikan penghargaan khusus kepada tokoh pelayaran dan petugas boarding/PPOP terbaik.
Dalam event ini M. Agus Sudrajat didapuk menjadi Ketua Panitia Pelaksana dan Sekertaris Erwin Yahya Zubir. Penilaian akan dilakukan secara selektif dan independen dengan melibatkan dewan juri dari pengurus Insa Jaya, tokoh pelayaran serta melibatkan para jurnalis masing-masing perwakilan dari Indonesia Port Editor’s Club (IPEC) dan Forum Wartawan Maritim Indonesia (forwami).
Pelaksanaan Insa Jaya Awards 2024 ini sebagai bentuk apresiasi, dukungan serta motivasi kepada Stakeholders dan Instamsi terkait di Pelabuhan Tanjung Priok yang diharapkan dapat memberi motivasi atau memacu meningkatkan kinerja dan produktifitas pelayanan kepada pengguna jasa di Pelabuhan Tamjung Priok. (ire djafar)