Dengan SEHATI, Ditjen Hubla Uji Coba Berita Acara Online dalam Perizinan Tersus dan Tuks

- Pewarta

Thursday, 21 December 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Ketersediaan layanan berbasis online menjadi tuntutan masyarakat, termasuk dalam hal perizinan jasa kepelabuhanan. Melihat begitu besarnya manfaat yang diperoleh dari adanya layanan online, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berinovasi mengembangkan penambahan layanan Berita Acara Online sebagai kelengkapan persyaratan dalam perizinan Tersus dan TUKS melalui Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi (SEHATI).

“Hari ini kita melaksanakan uji coba Berita Acara Online bersama seluruh teman-teman Unit Pelaksana Teknis Hubla di daerah untuk memitigasi kendala-kendala yang dihadapi. Diharapkan teman-teman UPT dapat secara aktif mengikuti dan memberi masukan terutama untuk kondisi di lapangan yang pastinya beragam” ungkap Direktur Kepelabuhanan, Muhammad Masyhud pada pembukaan Uji Coba dan Sosialisasi Penerbitan Berita Acara Online Perizinan Tersus dan TUKS pada Layanan SEHATI di Jakarta, Rabu  (20/12).

Pihaknya mengatakan bahwa penyediaan infrastruktur pelabuhan adalah kewajiban pemerintah. Di sisi lain, permintaan pelayanan terhadap jasa kepelabuhanan semakin tinggi. Maka di tengah keterbatasan pemerintah untuk membangun pelayanan jasa pelabuhan yang beragam tersebut, pemerintah memberikan ruang kepada badan usaha untuk secara mandiri membangun dan mengoperasikan Tersus dan TUKS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Masyhud lebih lanjut mengatakan dari tahun ke tahun jumlah permohonan perizinan pembangunan dan pengembangan Tersus/TUKS di Indonesia terus meningkat. Di era revolusi industri 4.0 saat ini, semua proses layanan dituntut untuk seba cepat, praktis dan akuntabel dengan memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Demikian juga dalam pengurusan perizinan Tersus/TUKS harus cepat dan tidak berbelit-belit.

”Oleh karenanya, ditambahkannya Berita Acara Online dalam layanan perizinan Tersus dan TUKS ini sejalan dengan misi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yaitu menjamin efisiensi penyelenggaraan kegiatan kepelabuhan yang andal dan berdaya saing. Ini juga menjadi bukti bahwa Ditjen Perhubungan Laut terus mengikuti arus perkembangan zaman melalui digitalisasi,” tutur Masyhud.

Ia berharap kedepannya SEHATI terus dikembangkan dan menjadi salah satu layanan yang dapat digunakan secara optimal dengan terus berinovasi untuk melahirkan layanan yang dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas. (FA)

 

 

idj / idj

 

 

 

 

Berita Terkait

Buka Akses dan Peluang, Pelindo Dorong Kemandirian UMKM Disabilitas di Makassar
Performa Cemerlang JPPI Tahun 2024: Pendapatan Melejit, Docking Kapal Tembus Target
UMKM Naik Kelas Bersama TTL, Raih Pengakuan di Panggung Nasional
Wujudkan Ekonomi dan Energi Berkelanjutan, PELNI Raih Dua Penghargaan dalam TJSL & CSR Awards 2025
Pelabuhan Makassar Siap Jadi Penggerak Ekspor KTI: Pelindo Dorong Kolaborasi dan Transformasi
Refleksi dan Aksi Nyata di Hari Pelaut Sedunia: Jaga Kehormatan Pelaut, Menjaga Masa Depan Maritim Indonesia
Kemenhub dan Asosiasi Pengemudi Duduk Bersama Bahas Solusi ODOL yang Berkeadilan
Semangat Empati dan jaga Warisan Budaya: Aksi Sosial Pelindo Marine di Panti Asuhan Tertua Surabaya

Berita Terkait

Thursday, 26 June 2025 - 14:19 WIB

Buka Akses dan Peluang, Pelindo Dorong Kemandirian UMKM Disabilitas di Makassar

Thursday, 26 June 2025 - 13:38 WIB

Performa Cemerlang JPPI Tahun 2024: Pendapatan Melejit, Docking Kapal Tembus Target

Thursday, 26 June 2025 - 13:25 WIB

UMKM Naik Kelas Bersama TTL, Raih Pengakuan di Panggung Nasional

Thursday, 26 June 2025 - 12:11 WIB

Wujudkan Ekonomi dan Energi Berkelanjutan, PELNI Raih Dua Penghargaan dalam TJSL & CSR Awards 2025

Wednesday, 25 June 2025 - 23:58 WIB

Pelabuhan Makassar Siap Jadi Penggerak Ekspor KTI: Pelindo Dorong Kolaborasi dan Transformasi

Berita Terbaru