Didukung Lembaga Terkait, Disnav Tipe B Tanjung Priok membangun Ekosistem Pelayanan Berintegritas

- Pewarta

Tuesday, 29 August 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia — Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas dan integritas pelayanan publik di Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Tipe-B Tanjung Priok, Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas-PK) bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) serta Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri), menyatakan dukungan penuh terhadap pembentukan ekosistem pelayanan publik yang berintegritas di wilayah tersebut. Dukungan ini disampaikan dalam acara Rempug Bahari 2023 yang diadakan oleh Distrik Navigasi Tipe-B Tanjung Priok.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan dari STRANAS-PK, Febriyantoro, mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Distrik Navigasi Tipe-B Tanjung Priok dalam mengadakan kegiatan Rempug Bahari 2023. Kegiatan ini dianggap berhasil memberikan pemahaman dan transparansi mengenai pelayanan yang diberikan kepada Pengguna Jasa, Stakeholder, dan Masyarakat. Febriyantoro juga menegaskan pentingnya mengembangkan pelayanan berbasis digital untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan akses.

“Pelayanan manual harus ditinggalkan dan harus dikembangkan pelayanan dengan berbasis digital untuk mengurangi tatap muka, memberi kemudahan akses dan kemudahan dalam pembayaran jasa,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selanjutnya, Emida Suparti dari Kedeputian Bidang Pelayanan Publik KEMENPAN-RB, turut memberikan pandangan positif terhadap kegiatan tersebut. Ia menyarankan implementasi standar pelayanan dan keterbukaan publik sebagai langkah penting dalam memperkuat pelayanan publik di Distrik Navigasi Tanjung Priok.

“Penguatan pelayanan publik juga harus didukung dengan pelaksanaan kegiatan Forum Komunikasi Publik dan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk mendapat masukan dari masyarakat, mengidentifikasi kelemahan untuk dilakukan perbaikan pelayanan publik dimaksud,” ujarnya.

Sebagai informasi, untuk mendukung peningkatan kualitas dan integritas pelayanan publik, Bapak Febriyantoro, Ibu Emida Suparti, dan BARESKRIM POLRI melalui Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Korupsi Kombes Pol Eko Wahyuniawan memberikan pembekalan tentang integritas dan pelayanan publik kepada peserta Rempug Bahari 2023.

Peserta acara ini meliputi Kantor Distrik Navigasi dari seluruh Indonesia, Kantor KSOP, UPP, Stakeholder, Pengguna Jasa, serta Instansi Pemerintah Terkait di Wilayah Kerja Distrik Navigasi Tanjung Priok yang mencakup Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

Kepala Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok, Raymond Sianturi menyebutkan bahwa melalui Rempug Bahari 2023, diharapkan tercipta ekosistem penyelenggaraan tugas, fungsi, dan pelayanan Distrik Navigasi Tanjung Priok yang berintegritas dan bebas dari praktik KKN, pungutan liar, dan gratifikasi.

“Hal ini didukung dengan digitalisasi pelayanan, penagihan, pembayaran, serta pengelolaan PNBP atas layanan yang diberikan,” ujarnya.

Selain itu, saat ini aspek digitalisasi yang telah dikembangkan pada Distrik Navigasi Tanjung Priok terintegrasi dengan Sistem Single Billing yang dikelola oleh Lembaga Nasional Single Window (LNSW), Sistem INAPORTNET dan Sistem pada Bank Mandiri sebagai Bank Persepsi. Dengan demikian sistem pengelolaan PNBP pada Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok efektif beroperasi sebagai bagian dari SSM Pengangkut yang menjadi komponen penting dalam pembentukan National Logistic Ecosystem (NLE).

“Ini adalah langkah penting dalam menjaga integritas, menghapus praktik-praktik yang tidak etis seperti Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN), pungutan liar, dan gratifikasi, serta memastikan pelayanan publik yang berkualitas dan berintegritas di Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok. Dengan kesatuan visi dan kerjasama antara berbagai instansi terkait, diharapkan upaya ini akan berdampak positif bagi kemajuan ekosistem pelayanan publik,” tutupnya. (ire djafar)

 

Berita Terkait

H-7 Lebaran, Hampir 47 Ribu orang Pemudik dan 8.000 unit Kendaraan telah Menyeberang dari Jawa menuju Sumatera
PTP Nonpetikemas Gelar Pelatihan Developing Great Entrepreneur 2025, Langkah Nyata Wujudkan Wirausaha Tangguh
Yayasan Annas Berikan Santunan kepada 454 Keluarga Eks TKBM Menjelang Idul Fitri
PELNI bersama BUMN Hadirkan Mudik Gratis Rute Sampit – Semarang
Besok Diprediksi Puncak Arus Mudik, Calon Penumpang PELNI Dihimbau Datang Lebih Cepat ke Pelabuhan
Kemenhub: Tim Peliput Mudik Media Bantu Kelancaran Arus Lebaran 2025
Pelindo Regional 2 Banten Berbagi, Apresiasi dan Doa Syukur Warga Mengalir di Ramadan
KSOP Banten Siapkan 3 Pelabuhan dan 63 armada kapal untuk Angkutan Lebaran 2025 dengan pola TBB

Berita Terkait

Tuesday, 25 March 2025 - 13:59 WIB

H-7 Lebaran, Hampir 47 Ribu orang Pemudik dan 8.000 unit Kendaraan telah Menyeberang dari Jawa menuju Sumatera

Tuesday, 25 March 2025 - 11:47 WIB

PTP Nonpetikemas Gelar Pelatihan Developing Great Entrepreneur 2025, Langkah Nyata Wujudkan Wirausaha Tangguh

Tuesday, 25 March 2025 - 08:40 WIB

Yayasan Annas Berikan Santunan kepada 454 Keluarga Eks TKBM Menjelang Idul Fitri

Tuesday, 25 March 2025 - 07:03 WIB

PELNI bersama BUMN Hadirkan Mudik Gratis Rute Sampit – Semarang

Tuesday, 25 March 2025 - 06:09 WIB

Besok Diprediksi Puncak Arus Mudik, Calon Penumpang PELNI Dihimbau Datang Lebih Cepat ke Pelabuhan

Berita Terbaru