Nataru 2022/2023, Pelindo Multi Terminal Siap Kawal Arus Logistik Nasional

- Pewarta

Saturday, 24 December 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia — PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Sub-Holding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang berfokus pada pengelolaan terminal non-petikemas, berkomitmen untuk siap mengawal arus logistik selama masa periode akhir tahun 2022 serta menjamin seluruh aktivitas dan operasional di semua pelabuhan yang dikelola tetap berjalan normal. Sebagai bagian dari mata rantai logistik utama nasional, SPMT memastikan arus keluar masuk barang di pelabuhan tetap lancar pelaksanaannya.

“Kami berkomitmen untuk selalu menghadirkan layanan terbaik bagi segenap pengguna jasa kepelabuhanan PT Pelindo Multi Terminal, khususnya selama masa pelaksanaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023,” tutur Direktur Operasi Pelindo Multi Terminal, Ridwan Sani Siregar di Medan, Sabtu (24/12).

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) mengelola operasional 22 Pelabuhan di seluruh Indonesia termasuk dua anak perusahaan yaitu PTP Multipurpose yg bergerak di bidang terminal nonpetikemas dan IPCC Car Terminal yang bergerak di terminal kendaraan. Hingga Triwulan III tahun 2022 SPMT telah mencatatkan performa positif dengan melayani 12,284,557 ton general cargo, 18,248,316 ton curah cair, 35,933,081 ton curah kering, 284,258 TEUs, dan 909,824 unit kendaraan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ridwan juga menjelaskan, guna menghadirkan kualitas pelayanan terbaik bagi pengguna jasa khususnya pada periode Nataru 2022/2023 ini, SPMT telah mendorong proses transformasi berupa standarisasi operasional terminal nonpetikemas dan aspek standar komersial sehingga biaya logistik kepelabuhanan di Indonesia khususnya kegiatan nonpetikemas semakin efisien.

Direktur Utama Pelindo Multi Terminal, Drajat Sulistyo menjelaskan, pada prinsipnya segmen non-petikemas di Indonesia berpotensi besar dalam memenuhi kebutuhan pokok dan industri.

“Segmen non-petikemas di indonesia pada prinsipnya memiliki potensi besar dengan melihat penyebaran komoditi baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan industri, sehingga standarisasi pola operasional dan pelayanan menjadi kebutuhan agar dapat memenuhi ekspektasi para pengguna jasa dan berkontribusi pada efektivitas biaya logistik nasional,” urai Drajat.

Tak hanya itu, lanjutnya, dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki, SPMT secara berkelanjutan terus melakukan standarisasi kompetensi kepada para pekerja mulai dari Multipurpose Terminal Operation Training hingga memanfaatkan digital learning melalui Program Pelindo Learning 4.0 yang digelar secara digital.

“SDM merupakan aspek paling mendasar dalam proses transformasi ini, sehingga peningkatan kualitasnya harus terus diutamakan,” ujarnya.

VP Corporate Communication SPMT, Farid Chairmawan menambahkan, bahwa pada pelaksanaan Nataru 2022/2023 dipastikan berjalan lancar dan tetap bersinergi dengan instansi terkait.

“Untuk memastikan kelancaran arus logistik pada pelaksanaan Nataru tahun ini, Pelindo Multi Terminal juga terus berkoordinasi dengan Otoritas Pelabuhan/KSOP di seluruh wilayah operasional SPMT untuk tetap memastikan kelancaran logistik di tengah antisipasi peningkatan lalu lintas angkutan barang,” tutur Farid

“Koordinasi ini antara lain berkaitan dengan Pemantauan kegiatan bongkar muat barang, koordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik sebagai pusat informasi dan pelaporan,” pungkas Farid. (idj)

 

 

Berita Terkait

Transformasi Logistik Berkelanjutan: PTP Nonpetikemas Panjang Layani Bongkar Lokomotif Impor dari Amerika Serikat
Komisi VI DPR Dukung Percepatan Pengembangan Pelabuhan Merak untuk Layanan Publik yang Lebih Prima
Terminal Petikemas Nilam Bukukan 224 Ribu TEUs, Naik 10 Persen
ILCS Kembali Gelar ICON 3.0, Cetak Talenta Muda untuk Masa Depan Logistik Digital
Respons Bencana Kemarau Basah, SPSL dan CTP Tunjukkan Kepedulian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak
Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Tetap Berjalan Normal, Kemenhub Lakukan Penyesuaian Sementara
Ngobrol Santai, Solusi Nyata: INSA Jaya Kumpulkan Stakeholder Bahas Layanan 24/7 hingga Penanganan Limbah Kapal
Taman Pelindo dan 500 Tong Sampah, Wujud Nyata Peduli Lingkungan untuk Jakarta Utara Bersih dan Sehat

Berita Terkait

Friday, 18 July 2025 - 14:45 WIB

Transformasi Logistik Berkelanjutan: PTP Nonpetikemas Panjang Layani Bongkar Lokomotif Impor dari Amerika Serikat

Friday, 18 July 2025 - 09:40 WIB

Komisi VI DPR Dukung Percepatan Pengembangan Pelabuhan Merak untuk Layanan Publik yang Lebih Prima

Friday, 18 July 2025 - 06:52 WIB

Terminal Petikemas Nilam Bukukan 224 Ribu TEUs, Naik 10 Persen

Thursday, 17 July 2025 - 15:35 WIB

ILCS Kembali Gelar ICON 3.0, Cetak Talenta Muda untuk Masa Depan Logistik Digital

Thursday, 17 July 2025 - 15:28 WIB

Respons Bencana Kemarau Basah, SPSL dan CTP Tunjukkan Kepedulian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak

Berita Terbaru