KMP Gili Iyang Mengalami Kebakaran, KSOP Gresik Pastikan Keselamatan Penumpang

- Pewarta

Friday, 15 August 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik bersama sejumlah instansi terkait bergerak cepat menangani insiden kebakaran yang dialami KMP. Gili Iyang pada Rabu, 13 Agustus 2025, pukul 22.50 WIB di perairan Karang Jamuang. Kapal tersebut membawa 220 orang penumpang dan 19 orang awak kapal.

Kapal yang baru selesai menjalani dock tahunan tersebut mengalami dugaan korsleting listrik di area car deck, yang menyebabkan gangguan pada peralatan navigasi dan kemudi sehingga tidak dapat melanjutkan pelayaran.

Menanggapi kejadian itu, Kepala KSOP Kelas II Gresik, Capt. Herbert E.P. Marpaung, langsung mengoordinasikan penarikan kapal dengan PT Pelindo Branch Gresik menggunakan kapal tunda, serta memastikan seluruh penumpang dievakuasi dengan aman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Selama proses penanganan, tidak ada korban jiwa maupun luka. Kami berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, ASDP, Karantina Kesehatan, Polsek Kawasan Pelabuhan Gresik, dan Polair untuk penanganan penumpang, termasuk menyediakan ambulans, konsumsi, dan kebutuhan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Kapal Patroli KNP. 365 turut dikerahkan untuk mendukung evakuasi yang berlangsung aman dan tertib.
Pada Kamis, 14 Agustus 2025, pukul 09.00 WIB, KMP. Gili Iyang berhasil ditarik dan sandar di Pelabuhan Gresik.

“Seluruh penumpang yang telah dievakuasi berada di terminal penumpang untuk penanganan lanjutan,” ungkap Capt. Herbert.

Dengan penanganan cepat dan terukur, seluruh penumpang berhasil dievakuasi selamat dan kapal kini berada di Pelabuhan Gresik untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Kami mengapresiasi sinergi seluruh pihak yang terlibat. Kesigapan dan koordinasi lintas instansi menjadi kunci keberhasilan penanganan insiden ini. Keselamatan penumpang selalu menjadi prioritas utama kami,” pungkas Capt. Herbert. (fa)

 

— idj / idj —

 

 

Berita Terkait

Sharing Session KUHP: PT Terminal Teluk Lamong dan Kejari Tanjung Perak Sinergi Perkuat GCG
Angkut 1,3 Juta Kendaraan di 19 Lintasan, Jembatan Nusantara Jadi Urat Nadi Logistik Nasional
Pangkalan KPLP Tanjung Priok dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Perkuat Kerja Sama Hukum
Perkuat Sinergi, EGM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Hadir di Leaders Talk Bea Cukai
Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Terima Kunjungan Delegasi Jade University, Jalin Kerja Sama di Sektor Maritim
HATMA PTP Nonpetikemas: Bangun Kebiasaan Sehat, Ciptakan Kinerja Hebat
Rayakan HUT ke-58 Tahun, DPP INSA Tanam Bibit Mangrove Demi Kelestarian Lingkungan
PTP Nonpetikemas Cabang Cirebon Perkuat Komitmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Berita Terkait

Thursday, 28 August 2025 - 14:18 WIB

Sharing Session KUHP: PT Terminal Teluk Lamong dan Kejari Tanjung Perak Sinergi Perkuat GCG

Thursday, 28 August 2025 - 11:48 WIB

Angkut 1,3 Juta Kendaraan di 19 Lintasan, Jembatan Nusantara Jadi Urat Nadi Logistik Nasional

Thursday, 28 August 2025 - 09:48 WIB

Pangkalan KPLP Tanjung Priok dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Perkuat Kerja Sama Hukum

Thursday, 28 August 2025 - 07:23 WIB

Perkuat Sinergi, EGM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Hadir di Leaders Talk Bea Cukai

Thursday, 28 August 2025 - 02:03 WIB

Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Terima Kunjungan Delegasi Jade University, Jalin Kerja Sama di Sektor Maritim

Berita Terbaru