KSP Tinjau Pelabuhan Telaga Punggur, ASDP Pastikan Kelancaran Angkutan Lebaran 2025

- Pewarta

Friday, 14 March 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas layanan penyeberangan nasional, khususnya dalam menghadapi lonjakan penumpang pada periode Angkutan Lebaran 2025. Sebagai bentuk dukungan terhadap penguatan industri transportasi laut, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Letjen TNI (Purn) AM Putranto melakukan kunjungan kerja dan peninjauan ke Pelabuhan Telaga Punggur, Batam, yang dikelola ASDP.

Dalam kesempatan tersebut, KSP menyampaikan apresiasi atas kesiapan sarana dan prasarana di Pelabuhan Telaga Punggur dalam menghadapi lonjakan penumpang saat Lebaran mendatang.

“Pelabuhan penyeberangan seperti Telaga Punggur memiliki peran strategis dalam mendukung konektivitas masyarakat Kepulauan Riau. Saya mengapresiasi upaya ASDP dalam meningkatkan infrastruktur dan layanan guna memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” ujar AM Putranto, yang sempat meninjau armada ASDP, KMP Barau.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain meninjau kesiapan pelabuhan, KSP turut berinteraksi dengan para penumpang yang tengah menunggu keberangkatan kapal serta membagikan takjil dan sembako sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas layanan dan fasilitas pelabuhan, mengingat transportasi laut menjadi moda utama mobilitas masyarakat di wilayah kepulauan.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menyampaikan bahwa ASDP Cabang Batam telah menyiapkan 11 unit kapal yang melayani lima lintasan utama dari Pelabuhan Telaga Punggur ke Tanjung Uban, Kuala Tungkal, Sei Selari, Dabo Singkep, dan Tanjung Balai Karimun.

“Proyeksi penumpang di Pelabuhan Telaga Punggur pada periode Angkutan Lebaran tahun ini diprediksi meningkat 15% dibanding tahun sebelumnya, dengan estimasi mencapai 120.287 penumpang dan 42.425 unit kendaraan,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan, ASDP telah meningkatkan frekuensi perjalanan hingga 706 trip serta mengoptimalkan buffer zone guna mengurai antrean kendaraan. Digitalisasi layanan juga terus diperkuat melalui sistem e-ticketing Ferizy untuk mempermudah transaksi pengguna jasa.

Kepala Staf Kepresidenan AM Putranto menegaskan bahwa kesiapan transportasi selama periode Lebaran merupakan aspek krusial dalam memastikan kelancaran arus mudik.

“Angkutan Lebaran adalah momen penting bagi masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga. Oleh karena itu, saya mengapresiasi ASDP yang tetap memberikan pelayanan optimal selama periode ini, sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain aspek operasional, ASDP juga terus memperkuat koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kementerian Perhubungan, kepolisian, dan BMKG, guna memastikan kelancaran arus transportasi selama periode mudik. Upaya mitigasi risiko juga menjadi perhatian utama, terutama dalam aspek keselamatan pelayaran dengan memastikan kesiapan kapal, pengecekan cuaca, serta penerapan standar keamanan bagi seluruh pengguna jasa.

Sebagai operator penyeberangan yang berperan strategis dalam konektivitas antarpulau, ASDP berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dengan mengedepankan aspek keselamatan, kenyamanan, dan keandalan. Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan sinergi bersama pemangku kepentingan, ASDP optimistis dapat memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi masyarakat selama periode Angkutan Lebaran 2025. (jagad)

idj / idj

 

Berita Terkait

IPCC GEMBIRA dan UMKM KUAT: Dari Aksi Sosial Menuju Prestasi, Cara IPCC Jadi Bagian Perubahan Sosial
Indonesia-Singapura Perkuat Sinergi Maritim Lewat Workshop Kelaiklautan Kapal
Tumbuh dan Solid, SPJM Catat Laba Rp 391 Miliar dan Bagikan Dividen di RUPST 2024
Klinik Utama Sentra Maritim Medika Resmi Diluncurkan, Wujud Komitmen Layanan Kesehatan Maritim Inklusif
Berkat Sinergi Semua Pihak, Layanan Tetap Lancar di Tengah Pengerukan Alur Pulau Baai
Bersama Stakeholder, Pelindo Gelar Silaturahmi Strategis untuk Kuatkan Ekosistem Pelabuhan
Pembayaran Lebih Cepat dan Transparan: Pelindo Regional 4 Luncurkan Modul Digital untuk Vendor
Langkah Nyata Menuju Marina Kelas Dunia: Pelindo Luncurkan Ponton Benoa

Berita Terkait

Friday, 27 June 2025 - 03:34 WIB

IPCC GEMBIRA dan UMKM KUAT: Dari Aksi Sosial Menuju Prestasi, Cara IPCC Jadi Bagian Perubahan Sosial

Friday, 27 June 2025 - 02:47 WIB

Indonesia-Singapura Perkuat Sinergi Maritim Lewat Workshop Kelaiklautan Kapal

Friday, 27 June 2025 - 02:35 WIB

Tumbuh dan Solid, SPJM Catat Laba Rp 391 Miliar dan Bagikan Dividen di RUPST 2024

Friday, 27 June 2025 - 02:23 WIB

Klinik Utama Sentra Maritim Medika Resmi Diluncurkan, Wujud Komitmen Layanan Kesehatan Maritim Inklusif

Friday, 27 June 2025 - 02:00 WIB

Berkat Sinergi Semua Pihak, Layanan Tetap Lancar di Tengah Pengerukan Alur Pulau Baai

Berita Terbaru