Libur Nataru, Pelindo Regional 4 Ambon Catat Kenaikan Penumpang 55%

- Pewarta

Monday, 9 January 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Ambon mencatat jumlah penumpang embarkasi dan debarkasi pada musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mengalami peningkatan sebesar 55%.

General Manager Pelindo Regional 4 Ambon, I Nengah Suryana Jendra mengatakan bahwa pada musim libur Nataru tahun lalu, jumlah penumpang kapal yang naik dan turun di Pelabuhan Ambon sebanyak 19.684 orang sampai dengan 28 Desember 2021.

“Jumlah itu meningkat 55% atau menjadi sebanyak 30.461 orang pada musim libur Nataru tahun ini atau sampai dengan 28 Desember 2022,” sebut Nengah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dia menuturkan, mengantisipasi kondisi atau lonjakan penumpang tersebut pihaknya telah melakukan berbagai persiapan antara lain dengan meningkatkan pelayanan, perbaikan fasilitas, dan memperketat pengamanan.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Pelabuhan Ambon, yakni tim dari Kementerian Perhubungan, Lantamal IX Ambon, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dinas Perhubungan Kota Ambon, dan Pelni, khususnya terkait kesiapan sarana dan fasilitas menjelang Nataru 2022 lalu.

Nengah menyampaikan bahwa semua yang dilakukan pihaknya sebagai wujud pelayanan excellent yang diberikan kepada masyarakat umum, utamanya para pengguna moda transportasi kapal laut.

“Peningkatan pelayanan tidak terbatas pada pelayanan publik saja tetapi juga peningkatan pelayanan distribusi logistik ke Kota Ambon dan sekitarnya melalui containerisasi yang diharapkan akan berakibat pada penghematan biaya logistik dan waktu pengiriman serta ekspor hasil perikanan, pertanian, dan kehutanan,” ujarnya.

Tak lupa pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua media terutama yang ada di Ambon dan sekitarnya, atas peran aktif dalam menyampaikan berita atau informasi kepada masyarakat luas terkait pelayanan yang diberikan selama ini. “Kami berterima kasih dan berharap hal itu akan terus memberikan dampak dan penilaian positif bagi Pelindo,” tukasnya. (idj)

 

 

Berita Terkait

Dukung Pemerataan Pembangunan, Pelindo Terminal Petikemas dan PT Terminal Teluk Lamong Bangun Sarpras untuk Masyarakat Sekitar Pelabuhan
Pelindo Tegaskan Pemanduan dan Penundaan di Sungai Mahakam Dilaksanakan Sesuai Ketentuan
Merajut Harmoni Kota dan Pelabuhan: Langkah Strategis Menuju Indonesia Emas 2045
WIMA INA Dorong Masa Depan Maritim yang Inklusif Lewat FGD “Samudra Peluang bagi Perempuan”
IPCC Cetak Rekor Layanan Cargo: 481 Ribu Unit hingga April 2025, Didominasi Kendaraan Listrik
Capt. Rosalina Bangun, Pandu Perempuan dari SPJM Sukses Pimpin Pemanduan Kapal Pesiar Berpenumpang Ribuan di Kuala Tanjung
Sinergi dan Dialog Terbuka, Pelindo Regional 4 Ajak Stakeholder Bahas Layanan Pelabuhan Modern
Perkuat Konektivitas Laut Kawasan Timur Indonesia, ASDP Dorong Aksesibilitas dan Distribusi Logistik Antarwilayah

Berita Terkait

Saturday, 31 May 2025 - 05:57 WIB

Dukung Pemerataan Pembangunan, Pelindo Terminal Petikemas dan PT Terminal Teluk Lamong Bangun Sarpras untuk Masyarakat Sekitar Pelabuhan

Saturday, 31 May 2025 - 05:38 WIB

Pelindo Tegaskan Pemanduan dan Penundaan di Sungai Mahakam Dilaksanakan Sesuai Ketentuan

Saturday, 31 May 2025 - 05:11 WIB

Merajut Harmoni Kota dan Pelabuhan: Langkah Strategis Menuju Indonesia Emas 2045

Friday, 30 May 2025 - 10:32 WIB

WIMA INA Dorong Masa Depan Maritim yang Inklusif Lewat FGD “Samudra Peluang bagi Perempuan”

Friday, 30 May 2025 - 10:00 WIB

IPCC Cetak Rekor Layanan Cargo: 481 Ribu Unit hingga April 2025, Didominasi Kendaraan Listrik

Berita Terbaru