Libur Nataru, Pelindo Regional 4 Ambon Catat Kenaikan Penumpang 55%

- Pewarta

Monday, 9 January 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Ambon mencatat jumlah penumpang embarkasi dan debarkasi pada musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mengalami peningkatan sebesar 55%.

General Manager Pelindo Regional 4 Ambon, I Nengah Suryana Jendra mengatakan bahwa pada musim libur Nataru tahun lalu, jumlah penumpang kapal yang naik dan turun di Pelabuhan Ambon sebanyak 19.684 orang sampai dengan 28 Desember 2021.

“Jumlah itu meningkat 55% atau menjadi sebanyak 30.461 orang pada musim libur Nataru tahun ini atau sampai dengan 28 Desember 2022,” sebut Nengah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dia menuturkan, mengantisipasi kondisi atau lonjakan penumpang tersebut pihaknya telah melakukan berbagai persiapan antara lain dengan meningkatkan pelayanan, perbaikan fasilitas, dan memperketat pengamanan.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Pelabuhan Ambon, yakni tim dari Kementerian Perhubungan, Lantamal IX Ambon, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dinas Perhubungan Kota Ambon, dan Pelni, khususnya terkait kesiapan sarana dan fasilitas menjelang Nataru 2022 lalu.

Nengah menyampaikan bahwa semua yang dilakukan pihaknya sebagai wujud pelayanan excellent yang diberikan kepada masyarakat umum, utamanya para pengguna moda transportasi kapal laut.

“Peningkatan pelayanan tidak terbatas pada pelayanan publik saja tetapi juga peningkatan pelayanan distribusi logistik ke Kota Ambon dan sekitarnya melalui containerisasi yang diharapkan akan berakibat pada penghematan biaya logistik dan waktu pengiriman serta ekspor hasil perikanan, pertanian, dan kehutanan,” ujarnya.

Tak lupa pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua media terutama yang ada di Ambon dan sekitarnya, atas peran aktif dalam menyampaikan berita atau informasi kepada masyarakat luas terkait pelayanan yang diberikan selama ini. “Kami berterima kasih dan berharap hal itu akan terus memberikan dampak dan penilaian positif bagi Pelindo,” tukasnya. (idj)

 

 

Berita Terkait

Kemenhub Tegaskan Perlindungan ABK WNI di Luar Negeri Lewat Aksi Nyata
Peran Strategis Human Factor Di Tengah Cepatnya Perkembangan Teknologi Keselamatan Pelayaran
Perkuat Layanan Logistik Antarwilayah, ASDP Dorong Konektivitas dan Pemerataan Ekonomi Nasional
TTL dan KSOP Tanjung Perak Kolaborasi Dorong Efisiensi Lewat Inovasi Berthing Priority
Zero ODOL Butuh Solusi, Pengamat: Pemerintah Harus Hadir Bawa Solusi, Bukan Hanya Sanksi
Kuota Stimulus Diskon Tiket Kapal Tinggal Sedikit, PELNI Perkirakan Habis Sebelum 31 Juli
Pelindo Sukses Gelar ASEAN Ports and Logistics 2025, Perkuat Kolaborasi Maritim Internasional
Sinergi Sosial Pelindo Grup: IPCC Salurkan 200 Paket Sembako untuk Yatim Piatu dan Warga

Berita Terkait

Sunday, 6 July 2025 - 11:47 WIB

Kemenhub Tegaskan Perlindungan ABK WNI di Luar Negeri Lewat Aksi Nyata

Sunday, 6 July 2025 - 09:47 WIB

Peran Strategis Human Factor Di Tengah Cepatnya Perkembangan Teknologi Keselamatan Pelayaran

Sunday, 6 July 2025 - 09:25 WIB

Perkuat Layanan Logistik Antarwilayah, ASDP Dorong Konektivitas dan Pemerataan Ekonomi Nasional

Sunday, 6 July 2025 - 09:17 WIB

TTL dan KSOP Tanjung Perak Kolaborasi Dorong Efisiensi Lewat Inovasi Berthing Priority

Sunday, 6 July 2025 - 09:06 WIB

Zero ODOL Butuh Solusi, Pengamat: Pemerintah Harus Hadir Bawa Solusi, Bukan Hanya Sanksi

Berita Terbaru