Meningkat 71,2%, Pelindo Layani 1,1 juta Penumpang Nataru 2022/2023

- Pewarta

Monday, 2 January 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Keterangan gambar: Terminal Penumpang Anging Mammiri, Makassar (Sulawesi Selatan).

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mencatat sebanyak 1,1 juta orang melakukan perjalanan pada periode mudik hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui sejumlah terminal penumpang yang dikelola Perseroan selama 10 Desember 2022 s.d 30 Desember 2022. Angka ini meningkat hingga 71,2% dari periode yang sama pada tahun 2021 yaitu sebanyak 645.365 orang.

“Kami mencatat peningkatan jumlah penumpang tertinggi terjadi pada tanggal 21 Desember 2022 dengan arus penumpang mencapai 71.390 orang,” ujar Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo  Ali Mulyono.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Adapun delapan terminal penumpang di masing-masing regional yang dominan dilewati para pemudik antara lain adalah Pelabuhan Tanjung Pinang dengan arus penumpang 145.159 orang, Pelabuhan Tanjung Balai Karimun dengan arus penumpang 86.380 orang, Pelabuhan Tanjung Priok dengan arus penumpang 27.786 orang, Pelabuhan Tanjung Perak dengan arus penumpang 72.425 orang, Pelabuhan Kupang dengan arus penumpang 31.050 orang, Pelabuhan Makassar dengan arus penumpang 58.352 orang, Pelabuhan Pare-Pare dengan arus penumpang 51.411 orang, dan  Pelabuhan Ambon dengan 47.480 orang.

“Selama masa mudik Nataru 2022/2023 ini, kami mendukung penuh program Pemerintah dengan menjaga kelancaran operasional 63 terminal penumpang yang dikelola Pelindo, termasuk menjadikan Pelabuhan Ciwandan, Banten dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebagai pelabuhan alternatif untuk melayani Kapal Ro-Ro guna mengurai kepadatan di jalur penyebrangan Merak – Bakaheuni,” tambah Ali.

Dalam kelancaran arus Nataru 2022/2023, selain fasilitas tambatan, Pelindo juga memberikan pelayanan dan keamanan dengan pola 24/7, fasilitas terminal yang mendukung kenyamanan para penumpang, area parkir kendaraan, tenda – tenda tempat istirahat, mushola, toilet, ruang laktasi, dan lainnya agar para penumpang dapat merasa aman dan nyaman.

“Kami juga melakukan peningkatan koordinasi dengan para instansi kepelabuhanan terkait pemeriksaan persyaratan perjalanan penumpang, peningkatan informasi terkait jadwal kapal pada calon penumpang, dan kesiapan sarana dan prasanara. Hal ini juga didukung dengan Posko Terpadu Angkutan Laut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang siap melayani pada 18 Desember 2022 hingga 08 Januari 2023,” tutup Ali. (idj)

Berita Terkait

Zero Defect, Full Impact: Kuasai Panggung TMMIN 2025 IPCC Buktikan Peningkatan Kompetensi SDM
Fundamental Kuat, IPCC Bagikan Dividen Tinggi dan Targetkan Ekspansi Internasional
Pelatihan CTO TTL: Menjawab Tantangan Industri Logistik Masa Depan
Meningkat Layanan Ekspor Palembang-Singapura, IPC TPK Tambah Armada Baru
KMP Jatra II Layani Nias: ASDP Dorong Geopark Dunia dari Barat Nusantara
Libur Sekolah, PELNI Ajak Ratusan Siswa SD Keliling Kapal di Tanjung Priok
Komitmen Sosial Pelindo: Dorong UMKM Lokal Adaptif dan Inklusif
Pelabuhan Masa Depan di Timur Indonesia: MNP Buka Pintu Kolaborasi Internasional

Berita Terkait

Monday, 23 June 2025 - 04:28 WIB

Zero Defect, Full Impact: Kuasai Panggung TMMIN 2025 IPCC Buktikan Peningkatan Kompetensi SDM

Saturday, 21 June 2025 - 15:24 WIB

Fundamental Kuat, IPCC Bagikan Dividen Tinggi dan Targetkan Ekspansi Internasional

Saturday, 21 June 2025 - 08:29 WIB

Pelatihan CTO TTL: Menjawab Tantangan Industri Logistik Masa Depan

Saturday, 21 June 2025 - 03:44 WIB

Meningkat Layanan Ekspor Palembang-Singapura, IPC TPK Tambah Armada Baru

Friday, 20 June 2025 - 09:21 WIB

KMP Jatra II Layani Nias: ASDP Dorong Geopark Dunia dari Barat Nusantara

Berita Terbaru