Maritim Indonesia – Dalam momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 berhasil melayani sebanyak 78.160 penumpang di seluruh terminal penumpang yang dikelolanya. Jumlah tersebut tercatat pada periode 10 Desember 2024 hingga 6 Januari 2025 (H-15 hingga H+12) di 8 terminal penumpang Pelindo Regional 2.
“Terhitung mulai tanggal 10 Desember 2024 hingga 6 Januari 2025, Pelindo Regional 2 mencatat terdapat 78.160 penumpang yang melewati terminal Pelindo Regional 2. Sebaran jumlah penumpang ini meliputi 34.726 penumpang di Tanjung Priok, 14.214 di Teluk Bayur, 12.841 di Pontianak, 7.381 di Pangkal Balam, 5.554 di Tanjung Pandan, 2.987 di Palembang, 365 di Banten, dan 92 penumpang di Bengkulu,” ungkap Executive Director 2 Regional 2 Pelindo, Drajat Sulistyo, di Jakarta, Selasa (7/1).
Tidak hanya melayani penumpang, Pelindo Regional 2 juga mencatat aktivitas bongkar muat kendaraan sebanyak 5.698 unit selama periode Nataru. Rinciannya adalah 364 kendaraan di terminal Banten, 688 kendaraan di Tanjung Pandan, 1.126 kendaraan di Pangkal Balam, 1.707 kendaraan di Pontianak, dan 1.813 kendaraan di Tanjung Priok.
Jumlah kapal penumpang yang melayani periode Nataru di Pelindo Regional 2 mencapai 217 kapal. Terminal Tanjung Priok menjadi terminal dengan jumlah kapal terbanyak sebanyak 56 kapal, disusul oleh Teluk Bayur (37 kapal), Pontianak (34 kapal), Pangkal Balam (31 kapal), Palembang dan Tanjung Pandan (masing-masing 23 kapal), Banten (11 kapal), dan Bengkulu (2 kapal).
Momentum Nataru 2024/2025 menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap jalur laut sebagai pilihan untuk mudik.
Salah satu penumpang, Alvin, yang menyeberang melalui Pelabuhan Boom Baru Palembang, menyampaikan apresiasinya atas pelayanan yang diberikan.
“Pelayanannya nyaman, petugasnya ramah, semua fasilitas masih baru dan bagus, seperti ruang tunggu dan kamar mandi yang sangat bersih dan memadai. Kami pribadi merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan, semuanya baik di sini,” ujar Alvin.
Sebagai bagian dari arahan Kementerian BUMN, Pelindo Regional 2 berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Langkah-langkah perbaikan yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas terminal, digitalisasi layanan, serta memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengguna jasa pelabuhan, khususnya pada momen-momen penting seperti Nataru.
Dengan capaian ini, Pelindo Regional 2 berharap dapat terus memberikan pelayanan terbaik yang mendukung mobilitas masyarakat, serta menjaga kenyamanan dan keselamatan selama periode liburan dan seterusnya. (ire djafar)