Mudik Jalur Laut Populer, Pelindo Regional 2 Raih Apresiasi dan sukses layani 78 Ribu Penumpang

- Pewarta

Tuesday, 7 January 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

78 ribu penumpang jalani perjalanan mudik dengan aman dan nyaman bersama Pelindo Regional 2, Pelabuhan Boom Baru Palembang jadi Favorit Nataru dengan layanan terbaik.

78 ribu penumpang jalani perjalanan mudik dengan aman dan nyaman bersama Pelindo Regional 2, Pelabuhan Boom Baru Palembang jadi Favorit Nataru dengan layanan terbaik.

Maritim Indonesia – Dalam momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 berhasil melayani sebanyak 78.160 penumpang di seluruh terminal penumpang yang dikelolanya. Jumlah tersebut tercatat pada periode 10 Desember 2024 hingga 6 Januari 2025 (H-15 hingga H+12) di 8 terminal penumpang Pelindo Regional 2.

“Terhitung mulai tanggal 10 Desember 2024 hingga 6 Januari 2025, Pelindo Regional 2 mencatat terdapat 78.160 penumpang yang melewati terminal Pelindo Regional 2. Sebaran jumlah penumpang ini meliputi 34.726 penumpang di Tanjung Priok, 14.214 di Teluk Bayur, 12.841 di Pontianak, 7.381 di Pangkal Balam, 5.554 di Tanjung Pandan, 2.987 di Palembang, 365 di Banten, dan 92 penumpang di Bengkulu,” ungkap Executive Director 2 Regional 2 Pelindo, Drajat Sulistyo, di Jakarta, Selasa (7/1).

Tidak hanya melayani penumpang, Pelindo Regional 2 juga mencatat aktivitas bongkar muat kendaraan sebanyak 5.698 unit selama periode Nataru. Rinciannya adalah 364 kendaraan di terminal Banten, 688 kendaraan di Tanjung Pandan, 1.126 kendaraan di Pangkal Balam, 1.707 kendaraan di Pontianak, dan 1.813 kendaraan di Tanjung Priok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jumlah kapal penumpang yang melayani periode Nataru di Pelindo Regional 2 mencapai 217 kapal. Terminal Tanjung Priok menjadi terminal dengan jumlah kapal terbanyak sebanyak 56 kapal, disusul oleh Teluk Bayur (37 kapal), Pontianak (34 kapal), Pangkal Balam (31 kapal), Palembang dan Tanjung Pandan (masing-masing 23 kapal), Banten (11 kapal), dan Bengkulu (2 kapal).

Momentum Nataru 2024/2025 menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap jalur laut sebagai pilihan untuk mudik.

Salah satu penumpang, Alvin, yang menyeberang melalui Pelabuhan Boom Baru Palembang, menyampaikan apresiasinya atas pelayanan yang diberikan.

“Pelayanannya nyaman, petugasnya ramah, semua fasilitas masih baru dan bagus, seperti ruang tunggu dan kamar mandi yang sangat bersih dan memadai. Kami pribadi merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan, semuanya baik di sini,” ujar Alvin.

Sebagai bagian dari arahan Kementerian BUMN, Pelindo Regional 2 berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Langkah-langkah perbaikan yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas terminal, digitalisasi layanan, serta memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengguna jasa pelabuhan, khususnya pada momen-momen penting seperti Nataru.

Dengan capaian ini, Pelindo Regional 2 berharap dapat terus memberikan pelayanan terbaik yang mendukung mobilitas masyarakat, serta menjaga kenyamanan dan keselamatan selama periode liburan dan seterusnya. (ire djafar)

Berita Terkait

Transformasi Logistik Berkelanjutan: PTP Nonpetikemas Panjang Layani Bongkar Lokomotif Impor dari Amerika Serikat
Komisi VI DPR Dukung Percepatan Pengembangan Pelabuhan Merak untuk Layanan Publik yang Lebih Prima
Terminal Petikemas Nilam Bukukan 224 Ribu TEUs, Naik 10 Persen
ILCS Kembali Gelar ICON 3.0, Cetak Talenta Muda untuk Masa Depan Logistik Digital
Respons Bencana Kemarau Basah, SPSL dan CTP Tunjukkan Kepedulian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak
Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Tetap Berjalan Normal, Kemenhub Lakukan Penyesuaian Sementara
Ngobrol Santai, Solusi Nyata: INSA Jaya Kumpulkan Stakeholder Bahas Layanan 24/7 hingga Penanganan Limbah Kapal
Taman Pelindo dan 500 Tong Sampah, Wujud Nyata Peduli Lingkungan untuk Jakarta Utara Bersih dan Sehat

Berita Terkait

Friday, 18 July 2025 - 14:45 WIB

Transformasi Logistik Berkelanjutan: PTP Nonpetikemas Panjang Layani Bongkar Lokomotif Impor dari Amerika Serikat

Friday, 18 July 2025 - 09:40 WIB

Komisi VI DPR Dukung Percepatan Pengembangan Pelabuhan Merak untuk Layanan Publik yang Lebih Prima

Friday, 18 July 2025 - 06:52 WIB

Terminal Petikemas Nilam Bukukan 224 Ribu TEUs, Naik 10 Persen

Thursday, 17 July 2025 - 15:35 WIB

ILCS Kembali Gelar ICON 3.0, Cetak Talenta Muda untuk Masa Depan Logistik Digital

Thursday, 17 July 2025 - 15:28 WIB

Respons Bencana Kemarau Basah, SPSL dan CTP Tunjukkan Kepedulian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak

Berita Terbaru