Non Stop, 12 Pelabuhan di Bawah Pelindo Regional 2 Tetap Beroperasi 24/7 Saat Libur Lebaran

- Pewarta

Friday, 21 March 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 2 menjamin kegiatan operasional yang ada di wilayahnya akan tetap berjalan normal dimasa libur lebaran Idul Fitri 1446 H pada tanggal 28 Maret – 4 April 2025

Pelindo Regional 2 sebagai mata rantai logistik yang terdiri dari 12 pelabuhan yang ada diwilayahnya akan tetap beroperasi dengan memberikan pelayanan dan memastikan arus keluar masuk barang di pelabuhan berjalan dengan lancar.

Executive Director 2 Pelindo Regional 2, Drajat Sulistyo menyampaikan bahwa 12 pelabuhan yang tersebar di wilayah pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan akan tetap beroperasi di masa libur lebaran dengan melayani kebutuhan pengguna jasa selama 24 jam 7 hari secara nonstop.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Pelayanan yang dimaksud mulai dari pelayanan kapal, bongkar muat barang, penumpukan barang, penyediaan air bersih untuk kapal dan layanan pendukung lainnya,” kata Drajat.

Dia menambahkan, pengguna jasa tidak perlu khawatir akan libur bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kegiatan operasional tetap berjalan dimasa libur lebaran, karena 12 pelabuhan yang ada di wilayah kerja Pelindo Regional 2 telah menerapkan sistem serta penggunaan aplikasi perangkat digital, baik di sisi laut maupun di sisi darat yang mencakup terminal pelabuhan, pergudangan serta area pendukung lainnya.

“Penggunaan perangkat digital pada sisi laut, Pelindo Regional 2 memanfaatkan teknologi Inaportnet serta aplikasi digital lain seperti VMS atau Phinnisi, MOS, SIMOP untuk aktivitas labuh, kapal pandu, kapal tunda, kepil dan tambat,” jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya, perangkat digital dari sisi darat tersedia aplikasi TOS Petikemas dan TOS Non Petikemas, untuk kegiatan bongkar muat serta pemindahan barang, sedangkan di beberapa area pendukung lainnya, sudah memanfaatkan aplikasi Behandle Operating System, Warehouse Operating System, serta Autogate System.

Untuk eksternal, khususnya pengguna jasa, sejak beberapa tahun lalu Pelindo Regional 2 sudah memperkenalkan platform e-Service yang memudahkan pelayanan secara online. E-service tersebut di antaranya layanan registrasi, e-booking, e-billing, e-tracking, e-payment, dan pengaduan pelanggan (e-care).

“Melalui perangkat digital yang sudah terintegrasi dengan aktivitas operasional saat ini, harapannya distribusi logistik pada masa libur lebaran di wilayah Pelindo Regional 2 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Drajat. (ire djafar)

Berita Terkait

Pastikan Jalan Tol Bersih dan Nyaman Pasca Mudik, PT API Lakukan Management Walkthrough di JTCC
Dukung Lingkungan Bersih, PTP Cirebon Terapkan Mitigasi Debu Batubara Sesuai SOP
Berkontribusi Tingkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini, SPJM Realisasikan TJSL di Bidang Pendidikan
Kinerja Bongkar Muat Triwulan I 2025 BJTI Terminal Tumbuh Positif, Catat Kenaikan BSH 18 Persen
IPC TPK Dukung Pemberdayaan Perempuan dan UMKM Lewat Program Pelatihan dan Branding
Langkah Strategis JPPI Perkuat Layanan Galangan, Gandeng MAN Energy Solutions Indonesia
Berbagi Kebahagiaan dengan Para Perempuan Lansia, IWTL Hadirkan Semangat Baru di Hari Kartini 2025
Perkuat Manajemen Risiko dan Efektivitas Audit, SPJM Adakan Diskusi Audit Berbasis Risiko

Berita Terkait

Wednesday, 23 April 2025 - 06:10 WIB

Pastikan Jalan Tol Bersih dan Nyaman Pasca Mudik, PT API Lakukan Management Walkthrough di JTCC

Wednesday, 23 April 2025 - 04:37 WIB

Dukung Lingkungan Bersih, PTP Cirebon Terapkan Mitigasi Debu Batubara Sesuai SOP

Wednesday, 23 April 2025 - 03:45 WIB

Berkontribusi Tingkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini, SPJM Realisasikan TJSL di Bidang Pendidikan

Tuesday, 22 April 2025 - 14:50 WIB

Kinerja Bongkar Muat Triwulan I 2025 BJTI Terminal Tumbuh Positif, Catat Kenaikan BSH 18 Persen

Tuesday, 22 April 2025 - 14:30 WIB

IPC TPK Dukung Pemberdayaan Perempuan dan UMKM Lewat Program Pelatihan dan Branding

Berita Terbaru