OP Dorong Peningkatan Layanan Digitalisasi

- Pewarta

Friday, 27 January 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia –Bertempat di Harris Hotel & Conventions Jakarta, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok menggelar acara OP Awards 2022 pada Kamis (26/1).

Acara yang tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat tersebut dalam rangka mengapresiasi stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok yang telah memberikan pelayanan kepada pengguna jasa selama periode tahun 2022. Selain itu, juga untuk meningkatkan kinerja serta meningkatkan layanan digitalisasi kepelabuhan.

Acara OP Awards 2022 dibuka oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan, Ir Arif Toha Tjahjagama DEA, dengan dihadiri oleh para Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah kerja Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kepala Instansi Pemerintah, Ketua Asosiasi dan Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam sambutanny, Dirjen Hubla juga menyampaikan peran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyampaikan apresiasi terhadap Stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok yang telah dan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepelabuhanan dan harapannya terhadap Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan internasional terbesar dan menjadi pelabuhan tersibuk di Indonesia. Selain mengangkut penumpang, Pelabuhan Tanjung Priok juga dipadati dengan kegiatan operasional mulai dari kegiatan ekspor-impor antar negara, bongkar muat barang, maupun aktivitas pengangkut logistik di laut dan darat dimana untuk menunjang produktivitas tersebut diperlukan penataan dan pengawasan,” kata Dirjen Hubla.

“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh pihak yang terkait untuk senantiasa meningkatkan layanan dan kinerja kepelabuhanan yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok”, tambahnya.

Dirjen Hubla, yang juga mantan Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok tersebut menambahkan, OP Awards ini juga sebagai bentuk dan bukti apresiasi Kementerian Perhubungan sebagai Instansi Pemerintah terhadap Perusahaan, Terminal Operator, Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok yang telah meningkatkan kinerja, meningkatkan layanan digitalisasi kepelabuhanan, meningkatkan upaya-upaya menuju Smart Port, lebih professional dan memiliki daya saing serta berkelas dunia (World Class Port).

“Semoga dengan diselenggarakannya acara ini oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dapat memberikan motivasi kepada stakeholders untuk memacu dan meningkatkan pelayanan kepelabuhanan menjadi lebih baik dimasa yang akan datang”, ungkap Dirjen Hubla.

Pada kesempatan sebelumnya Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (Ka OP) Tanjung Priok, Ir Subagiyo, MT., menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya acara OP Awards ini. Beliau juga menyampaikan kategori-kategori yang terdapat pada OP Awards 2022.

“Maksud terlaksananya kegiatan Acara OP Awards 2022 ini adalah memberikan apresiasi, dukungan serta motivasi kepada Stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok. Acara ini diharapkan dapat memberikan motivasi atau memacu dalam meningkatkan kinerja dan produktifitas pelayanan kepada pengguna jasa dibidang transportasi laut”, papar Ka OP.

“Ada 4 (empat) tahapan yang kami lakukan dalam kegiatan OP Awards ini antara lain Pengumpulan dokumen terkait, Peninjauan Lapangan (visitasi) untuk masing-masing kategori, Penilaian, Rapat Pembahasan Nominasi dan Penerima Penghargaan”, tambah Ka OP.

Lebih jauh dijelaskan Kepala OP, Penghargaan OP Awards 2022 terdiri dari 13 (tiga belas) Kategori yaitu Terminal Operator dengan Kontributor PNBP Terbaik, Terminal Operator Dengan Tingkat Pencapaian Zero Accident, Terminal umum dalam mendukung Green Port, TUKS dalam mendukung Green Port, Terminal terinovatif dalam Green Port, Terminal Operator dalam mendukung Program Digitalisasi Layanan, Perusahaan Bongkar Muat Terbaik dalam Administrasi dan Pelaporan, Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) Terbaik dalam Administrasi dan Pelaporan.

“Selain itu juga, penilaian terhadap Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Terproduktif dan Safe Performance, Terminal Operator dengan Kinerja Terbaik, Perusahaan Truk Terbaik Dalam Penerapan STID, Terminal Dalam Mendukung Kampanye Anti Korupsi, Pelaku Usaha dalam mendukung program BPJS Ketenagakerjaan,” papar Subagiyo.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir baik secara langsung maupun secara virtual dan mengapresiasi kepada pihak-pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara OP Awards. Saya berharap, acara ini dapat meningkatkan kolaborasi serta sinergi antar Instansi Pemerintah dan Stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok serta meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa transportasi khususnya jasa kepelabuhanan dalam rangka mewujudkan Pelabuhan yang bertaraf internasional”, pungkasnya. (idj)

Berita Terkait

Transformasi Logistik Berkelanjutan: PTP Nonpetikemas Panjang Layani Bongkar Lokomotif Impor dari Amerika Serikat
Komisi VI DPR Dukung Percepatan Pengembangan Pelabuhan Merak untuk Layanan Publik yang Lebih Prima
Terminal Petikemas Nilam Bukukan 224 Ribu TEUs, Naik 10 Persen
ILCS Kembali Gelar ICON 3.0, Cetak Talenta Muda untuk Masa Depan Logistik Digital
Respons Bencana Kemarau Basah, SPSL dan CTP Tunjukkan Kepedulian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak
Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Tetap Berjalan Normal, Kemenhub Lakukan Penyesuaian Sementara
Ngobrol Santai, Solusi Nyata: INSA Jaya Kumpulkan Stakeholder Bahas Layanan 24/7 hingga Penanganan Limbah Kapal
Taman Pelindo dan 500 Tong Sampah, Wujud Nyata Peduli Lingkungan untuk Jakarta Utara Bersih dan Sehat

Berita Terkait

Friday, 18 July 2025 - 14:45 WIB

Transformasi Logistik Berkelanjutan: PTP Nonpetikemas Panjang Layani Bongkar Lokomotif Impor dari Amerika Serikat

Friday, 18 July 2025 - 09:40 WIB

Komisi VI DPR Dukung Percepatan Pengembangan Pelabuhan Merak untuk Layanan Publik yang Lebih Prima

Friday, 18 July 2025 - 06:52 WIB

Terminal Petikemas Nilam Bukukan 224 Ribu TEUs, Naik 10 Persen

Thursday, 17 July 2025 - 15:35 WIB

ILCS Kembali Gelar ICON 3.0, Cetak Talenta Muda untuk Masa Depan Logistik Digital

Thursday, 17 July 2025 - 15:28 WIB

Respons Bencana Kemarau Basah, SPSL dan CTP Tunjukkan Kepedulian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak

Berita Terbaru