Optimalkan Digitalisasi untuk Peningkatan Layanan, Pelindo Regional 2 Terapkan Sistem Autogate

- Pewarta

Tuesday, 30 July 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Proses Tapping kartu elektronik pada Autogate khusus kendaraan roda 2 di Pos-8 Pelindo Regional 2 Tanjung Priok.
Proses Tapping kartu elektronik pada Autogate khusus kendaraan roda 2 di Pos-8 Pelindo Regional 2 Tanjung Priok.

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 2, terus berupaya menyempurnakan layanan kepelabuhanan dengan melakukan standarisasi pelayanan, diantaranya dengan digitalisasi pada Gatepass masuk pelabuhan, berupa penerapan Autogate System (gerbang masuk otomatis) di 12 cabang pelabuhan kelolanya, yang secara resmi akan berlaku serentak pada 1 Agustus 2024.

Executive Director 2 Pelindo Regional 2, Drajat Sulistyo menyampaikan bahwa Penerapan autogate ini akan merubah pola pembayaran masuk pelabuhan yang semula tunai menjadi non-tunai (cashless).

“Pengoperasian gerbang masuk otomatis dibeberapa pelabuhan Regional 2 akan secara resmi diberlakukan pada tanggal 1 Agustus 2024, yang bertujuan untuk menciptakan sistem pembayaran yang aman, efisien dan lancar pada sektor transportasi”, ungkap Drajat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih jauh dijelaskan, pengimplementasian autogate pass pada 12 Cabang Pelabuhan Pelindo Regional 2 telah berjalan di 10 cabang pelabuhan diantaranya cabang Tanjung Priok, Sunda Kelapa, Banten, Panjang, Bengkulu,Jambi, Teluk Bayur, Pangkal Balam, Tanjung Pandan dan Pontianak, sedangkan 2 cabang lainnya yaitu cabang Cirebon dan Palembang dalam tahap intalasi.

Drajat menambahkan, bahwa pemberlakuan sistem autogate tentunya akan terdapat beberapa kendala serta berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan.

“Kami juga meminta maaf apabila timbul ketidaknyamanan pada awal penerapan autogate pass nanti, sebagai langkah antisipasi akan disiagakan petugas untuk membantu apabila terjadi kendala di lapangan,” kata Drajat.

Menurutnya, hal ini memerlukan dukungan dari stakeholder terkait guna peningkatan kualitas pelayanan dan dengan penerapan autogate sehingga dapat dipastikan seluruh operasional tetap berjalan dengan baik.

“Perubahan cara pembayaran secara elektronik ini merupakan salah satu upaya Pelindo untuk memberikan layanan yang lebih baik,” pungkasnya. (ire djafar)

Berita Terkait

IPCC GEMBIRA dan UMKM KUAT: Dari Aksi Sosial Menuju Prestasi, Cara IPCC Jadi Bagian Perubahan Sosial
Tumbuh dan Solid, SPJM Catat Laba Rp 391 Miliar dan Bagikan Dividen di RUPST 2024
Bersama Stakeholder, Pelindo Gelar Silaturahmi Strategis untuk Kuatkan Ekosistem Pelabuhan
Pembayaran Lebih Cepat dan Transparan: Pelindo Regional 4 Luncurkan Modul Digital untuk Vendor
Langkah Nyata Menuju Marina Kelas Dunia: Pelindo Luncurkan Ponton Benoa
Meriahkan Pelindo Day 2025 dengan Semangat Berbagi, TPK Koja Tanamkan Nilai Peduli Lewat Aksi Sosial
Buka Akses dan Peluang, Pelindo Dorong Kemandirian UMKM Disabilitas di Makassar
Performa Cemerlang JPPI Tahun 2024: Pendapatan Melejit, Docking Kapal Tembus Target

Berita Terkait

Friday, 27 June 2025 - 03:34 WIB

IPCC GEMBIRA dan UMKM KUAT: Dari Aksi Sosial Menuju Prestasi, Cara IPCC Jadi Bagian Perubahan Sosial

Friday, 27 June 2025 - 02:35 WIB

Tumbuh dan Solid, SPJM Catat Laba Rp 391 Miliar dan Bagikan Dividen di RUPST 2024

Friday, 27 June 2025 - 01:13 WIB

Pembayaran Lebih Cepat dan Transparan: Pelindo Regional 4 Luncurkan Modul Digital untuk Vendor

Friday, 27 June 2025 - 00:59 WIB

Langkah Nyata Menuju Marina Kelas Dunia: Pelindo Luncurkan Ponton Benoa

Friday, 27 June 2025 - 00:47 WIB

Meriahkan Pelindo Day 2025 dengan Semangat Berbagi, TPK Koja Tanamkan Nilai Peduli Lewat Aksi Sosial

Berita Terbaru