Optimalkan Digitalisasi untuk Peningkatan Layanan, Pelindo Regional 2 Terapkan Sistem Autogate

- Pewarta

Tuesday, 30 July 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Proses Tapping kartu elektronik pada Autogate khusus kendaraan roda 2 di Pos-8 Pelindo Regional 2 Tanjung Priok.
Proses Tapping kartu elektronik pada Autogate khusus kendaraan roda 2 di Pos-8 Pelindo Regional 2 Tanjung Priok.

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 2, terus berupaya menyempurnakan layanan kepelabuhanan dengan melakukan standarisasi pelayanan, diantaranya dengan digitalisasi pada Gatepass masuk pelabuhan, berupa penerapan Autogate System (gerbang masuk otomatis) di 12 cabang pelabuhan kelolanya, yang secara resmi akan berlaku serentak pada 1 Agustus 2024.

Executive Director 2 Pelindo Regional 2, Drajat Sulistyo menyampaikan bahwa Penerapan autogate ini akan merubah pola pembayaran masuk pelabuhan yang semula tunai menjadi non-tunai (cashless).

“Pengoperasian gerbang masuk otomatis dibeberapa pelabuhan Regional 2 akan secara resmi diberlakukan pada tanggal 1 Agustus 2024, yang bertujuan untuk menciptakan sistem pembayaran yang aman, efisien dan lancar pada sektor transportasi”, ungkap Drajat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih jauh dijelaskan, pengimplementasian autogate pass pada 12 Cabang Pelabuhan Pelindo Regional 2 telah berjalan di 10 cabang pelabuhan diantaranya cabang Tanjung Priok, Sunda Kelapa, Banten, Panjang, Bengkulu,Jambi, Teluk Bayur, Pangkal Balam, Tanjung Pandan dan Pontianak, sedangkan 2 cabang lainnya yaitu cabang Cirebon dan Palembang dalam tahap intalasi.

Drajat menambahkan, bahwa pemberlakuan sistem autogate tentunya akan terdapat beberapa kendala serta berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan.

“Kami juga meminta maaf apabila timbul ketidaknyamanan pada awal penerapan autogate pass nanti, sebagai langkah antisipasi akan disiagakan petugas untuk membantu apabila terjadi kendala di lapangan,” kata Drajat.

Menurutnya, hal ini memerlukan dukungan dari stakeholder terkait guna peningkatan kualitas pelayanan dan dengan penerapan autogate sehingga dapat dipastikan seluruh operasional tetap berjalan dengan baik.

“Perubahan cara pembayaran secara elektronik ini merupakan salah satu upaya Pelindo untuk memberikan layanan yang lebih baik,” pungkasnya. (ire djafar)

Berita Terkait

Dari Bali ke Lombok: ASDP Antar Ribuan Penonton MotoGP Mandalika Tepat Waktu
Dukung Pemerataan Pendidikan di Tanah Air, ASDP Bangun Harapan Anak Negeri
Sukseskan MotoGP Mandalika 2025, ASDP Hadirkan Konektivitas Lancar dan Nyaman bagi Pengguna Jasa
ASDP Perkuat Konektivitas Kayangan–Pototano, Dongkrak Wisata dan Ekonomi NTB
Sinergi untuk Pertumbuhan Logistik, PT Terminal Teluk Lamong Sambut Maiden Call Service TPI Pelayaran Wan Hai
PT Terminal Teluk Lamong Raih Dua Penghargaan pada Indonesia Logistics Awards 2025 di Jakarta
TJSL PTP EduPort Magang Berkarya & Inovasi, Mahasiswa Jadi Agen Inovasi di Terminal Kijing
Bukan Sekadar Bisnis, JICT Perkuat Kedekatan dengan Mitra Pelayaran Melalui Customer Gathering Bertema Santai

Berita Terkait

Monday, 13 October 2025 - 04:01 WIB

Dari Bali ke Lombok: ASDP Antar Ribuan Penonton MotoGP Mandalika Tepat Waktu

Monday, 13 October 2025 - 03:27 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan di Tanah Air, ASDP Bangun Harapan Anak Negeri

Sunday, 12 October 2025 - 15:20 WIB

Sukseskan MotoGP Mandalika 2025, ASDP Hadirkan Konektivitas Lancar dan Nyaman bagi Pengguna Jasa

Sunday, 12 October 2025 - 15:05 WIB

ASDP Perkuat Konektivitas Kayangan–Pototano, Dongkrak Wisata dan Ekonomi NTB

Sunday, 12 October 2025 - 14:29 WIB

PT Terminal Teluk Lamong Raih Dua Penghargaan pada Indonesia Logistics Awards 2025 di Jakarta

Berita Terbaru