Pelindo Regional 2 Catat Kinerja Positif pada Triwulan 3 Tahun 2024

- Pewarta

Tuesday, 15 October 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 atau Pelindo Regional 2, sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan dan logistik, menunjukkan kinerja positif pada triwulan ketiga tahun 2024. Tren positif ini tercermin dari peningkatan arus peti kemas dan arus penumpang secara konsolidasi.

Executive Director 2 Pelindo Regional 2, Drajat Sulistyo, menyatakan bahwa pada triwulan ketiga 2024, Pelindo Regional 2 mencatat kenaikan signifikan dalam kinerja operasional, baik dalam arus peti kemas maupun arus penumpang, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023.

Pada triwulan ketiga 2024, kinerja arus peti kemas di Regional 2 mencapai 4,5 juta box, atau tumbuh 5,4% dari total tahun 2023 yang sebesar 4,2 juta box. Dari segi TEUs, jumlah ini mencapai 6,3 juta TEUs, naik 5,8% dari total 5,9 juta TEUs pada tahun sebelumnya. Peningkatan arus peti kemas ini disebabkan oleh adanya kenaikan kunjungan kapal peti kemas, terutama di Cabang Tanjung Priok, serta adanya kunjungan kapal peti kemas yang lebih besar dibandingkan tahun lalu di pelabuhan-pelabuhan di wilayah Regional 2. Selain itu, masuknya beberapa perusahaan pelayaran baru turut mendukung peningkatan ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sementara itu, arus penumpang juga mengalami peningkatan sebesar 10,6% pada triwulan ketiga 2024, dengan jumlah mencapai 912 ribu penumpang, dibandingkan dengan 828 ribu penumpang pada triwulan ketiga 2023.

“Kenaikan pada arus penumpang ini dipengaruhi oleh meningkatnya volume kunjungan kapal cruise di Cabang Tanjung Priok,” ujar Drajat.

Drajat menambahkan bahwa peningkatan kinerja operasional ini juga didorong oleh digitalisasi sistem manajemen logistik Pelindo yang terintegrasi dengan para pemangku kepentingan dan pengguna jasa. Digitalisasi ini berhasil mengoptimalkan proses bongkar muat barang dan mengurangi waktu sandar kapal atau port stay di pelabuhan.

“Bagi Pelindo Regional 2, upaya mempersingkat port stay kapal di pelabuhan berdampak pada peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan operasional. Selain itu, hal ini juga memberikan manfaat bagi pelanggan, yang dapat memanfaatkan peluang bisnis yang lebih besar,” tutup Drajat. (ire Djafar)

 

Berita Terkait

From Port to Profit: IPCC Gaet Investor Muda, Kupas Strategi Investasi dan Pasar Modal Lewat Talkshow Market Room
Menembus Batas Nusantara: Supiori Perkuat Akses Laut Strategis untuk Pulau-Pulau Terluar
Pelindo dan Pertamina EP Teken Perjanjian Kerja Sama Jasa Pemanduan dan Penundaan di CBM Bunyu Kaltara
KN. Alugara – P.114 Tancap Gas Jaga Laut Jawa: Negara Hadir, Keamanan Pelayaran Jadi Prioritas
ASDP Perkuat Konektivitas dan Logistik Wilayah Barat, KMP Jatra II Mulai Layani Nias–Sibolga
Terminal Kijing Siap Layani Petikemas Skala Besar, Langkah Strategis Pelindo untuk Kekuatan Maritim Baru
Respon Cepat Pelindo dan Stakeholder, Kelancaran Trafik di Pelabuhan Tanjung Priok Terjaga
Diskon Tarif dari Pemerintah, Libur Sekolah Naik Ferry Makin Nyaman dan Terjangkau

Berita Terkait

Sunday, 15 June 2025 - 04:11 WIB

From Port to Profit: IPCC Gaet Investor Muda, Kupas Strategi Investasi dan Pasar Modal Lewat Talkshow Market Room

Sunday, 15 June 2025 - 03:01 WIB

Menembus Batas Nusantara: Supiori Perkuat Akses Laut Strategis untuk Pulau-Pulau Terluar

Saturday, 14 June 2025 - 08:29 WIB

Pelindo dan Pertamina EP Teken Perjanjian Kerja Sama Jasa Pemanduan dan Penundaan di CBM Bunyu Kaltara

Saturday, 14 June 2025 - 08:16 WIB

KN. Alugara – P.114 Tancap Gas Jaga Laut Jawa: Negara Hadir, Keamanan Pelayaran Jadi Prioritas

Saturday, 14 June 2025 - 04:15 WIB

Terminal Kijing Siap Layani Petikemas Skala Besar, Langkah Strategis Pelindo untuk Kekuatan Maritim Baru

Berita Terbaru