SPJM Terus Optimalkan Layanan Hadapi Peak Season

- Pewarta

Thursday, 6 April 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

maritimindonesia.co — Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) mengoptimalkan layanan menghadapi “Peak Season” Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar menyampaikan bahwa Perusahaan telah dan terus mengupayakan layanan terbaik untuk para pengguna jasa di bulan Ramadhan dan jelang idul fitri tahun 2023 ini.

“Perusahaan telah mengoptimalkan layanan dengan menyiapkan fasilitas dan kru yang siap memberikan layanan jasa kapal dan jasa lainnya pada saat kondisi peak season atau padat penumpang dan barang jelang hari raya,” kata Patrick.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dia mengatakan, untuk mengoptimalkan layanan kepada konsumen, pihak SPJM meningkatkan kordinasi dan melakukan inspeksi minimal seminggu sebelum terjadi puncak kepadatan layanan di pelabuhan.

Dalam menyiapkan layanan kapal pandu dan kapal tunda bagi kapal yang akan tiba maupun berangkat, lanjut dia, terdapat dua operator yang merupakan anak perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim yang siap melayani di lapangan.

“Kedua operator perusahaan layanan kapal pandu dan tunda itu adalah PT Pelindo Marine Service dan PT Jasa Armada Indonesia,” kata Patrick.

Menurut dia, dari kordinasi yang telah dilakukan dengan divisi terkait, baik fasilitas kapal maupun kru dilakukan pengecekan fisik untuk mengantipasi hal-hal yang dapat menghambat optimalisasi layanan. Hal itu dinilai penting untuk memastikan kondisi fisik kapal, termasuk peralatan yang digunakan harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.
Saat ini sudah ada beberapa catatan untuk peningkatan layanan dari segi fasilitas kapal dan perlengkapannya, maupun kru yang bertugas.

“Termasuk sudah mempersiapkan kru pengganti, jika sewaktu-waktu kru yang bertugas mengalami halangan,” ujar Patrick.

Khusus untuk layanan di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI), lanjut dia,
Begitu pula dari segi kesiapan kapal tunda dan kapal pandu, dipastikan tidak ada yang masuk jadwal perawatan rutin (dok) pada saat “peak season”.

Adapun total kapal dari anak perusahaan PT Pelindo itu tercatat 297 unit kapal yang tersebar di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 119 kapal tunda dan 124 kapal pandu dalam posisi siap operasi.

Sementara kru yang dilibatkan untuk operasional kapal tersebut, untuk satu kapal tunda dioperasikan sebanyak 10 – 12 orang kru, sedangkan untuk satu kapal pandu antara 6 – 8 orang kru. Hal ini disesuaikan dengan ukuran kapal yang digunakan.

Khusus untuk layanan di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI), juga telah dipersiapkan termasuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem.

Apresiasi dari pengguna jasa

Dukungan layanan Pelindo Jasa Maritim khususnya jasa kapal sangat berpengaruh signifikan dan dirasakan dampaknya langsung antara lain terhadap kelancaran pelayaran pada tiga titik pelabuhan dari Pelabuhan Makassar, Balikpapan dan Jakarta hingga balik ke Makassar lagi yang rata-rata selama 10 hari. Hal ini disampaikan pihak pengelola kapal kargo Duta II Jakarta Selasa lalu di Makassar.

“Alhamdulillah selama ini layanan yang diberikan oleh pihak SPJM terus meningkat apalagi setelah Pelindo merger beberapa tahun lalu,” jelas pengelola kapal kargo Duta 2 Jakarta, Muallim I Iwan Setiawan di Makassar, Selasa (30/3).

Dia mengatakan, kapalnya memiliki kapasitas muatan 1.000 unit dengan tujuh dek ini, tidak pernah menemukan kendala yang berarti dalam proses berlabuh ataupun sandar di Pelabuhan Makassar.

“Begitu kami menghubungi Tower (bagian layanan pemanduan), semuanya bagus, respon dari Pelindo cepat. Towernya juga bagus sekali dan informasi yang diberikan akurat,” katanya.

Begitu juga dengan pelabuhan tujuan yakni Balikpapan dan Jakarta. Jadi ketiga pelabuhan yang menjadi rutenya ini lancar dalam mendistribusikan barang yang umumnya adalah mobil dan alat-alat konstruksi berat lainnya.

Menurut Iwan, dalam pengangkutan barang tersebut, cenderung mengalami peningkatan pada bulan suci Ramadan 1444 Hijriah/2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Karena peningkatan muatan, pihaknya berharap Pelindo juga menyediakan area bongkar muat yang lebih luas untuk mendukung mereka.

Meski demikian, lanjut dia, semua proses yang terkait layanan SPJM berjalan lancar, dan tidak ada pungutan liar (Pungli) sama sekali yang ditemui di lapangan.

(ire djafar)

Berita Terkait

H-7 Lebaran, Hampir 47 Ribu orang Pemudik dan 8.000 unit Kendaraan telah Menyeberang dari Jawa menuju Sumatera
PTP Nonpetikemas Gelar Pelatihan Developing Great Entrepreneur 2025, Langkah Nyata Wujudkan Wirausaha Tangguh
Yayasan Annas Berikan Santunan kepada 454 Keluarga Eks TKBM Menjelang Idul Fitri
PELNI bersama BUMN Hadirkan Mudik Gratis Rute Sampit – Semarang
Besok Diprediksi Puncak Arus Mudik, Calon Penumpang PELNI Dihimbau Datang Lebih Cepat ke Pelabuhan
Kemenhub: Tim Peliput Mudik Media Bantu Kelancaran Arus Lebaran 2025
Pelindo Regional 2 Banten Berbagi, Apresiasi dan Doa Syukur Warga Mengalir di Ramadan
KSOP Banten Siapkan 3 Pelabuhan dan 63 armada kapal untuk Angkutan Lebaran 2025 dengan pola TBB

Berita Terkait

Tuesday, 25 March 2025 - 13:59 WIB

H-7 Lebaran, Hampir 47 Ribu orang Pemudik dan 8.000 unit Kendaraan telah Menyeberang dari Jawa menuju Sumatera

Tuesday, 25 March 2025 - 11:47 WIB

PTP Nonpetikemas Gelar Pelatihan Developing Great Entrepreneur 2025, Langkah Nyata Wujudkan Wirausaha Tangguh

Tuesday, 25 March 2025 - 08:40 WIB

Yayasan Annas Berikan Santunan kepada 454 Keluarga Eks TKBM Menjelang Idul Fitri

Tuesday, 25 March 2025 - 07:03 WIB

PELNI bersama BUMN Hadirkan Mudik Gratis Rute Sampit – Semarang

Tuesday, 25 March 2025 - 06:09 WIB

Besok Diprediksi Puncak Arus Mudik, Calon Penumpang PELNI Dihimbau Datang Lebih Cepat ke Pelabuhan

Berita Terbaru