Tak Ada Lagi Tarif Sepihak! KSOP Waingapu Pastikan Keadilan bagi Penumpang

- Pewarta

Saturday, 22 March 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pastikan layanan berkualitas untuk kenyamanan penumpang, KSOP Waingapu fasilitasi kesepakatan tarif portir dan meningkatkan layanan kepelabuhanan.

Pastikan layanan berkualitas untuk kenyamanan penumpang, KSOP Waingapu fasilitasi kesepakatan tarif portir dan meningkatkan layanan kepelabuhanan.

Maritim Indonesia – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Waingapu bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), PT Dharma Lautan Utama (DLU), serta berbagai stakeholder terkait, telah melakukan tinjauan langsung terhadap penerapan tarif portir di Pelabuhan Waingapu, yang dimulai pada bulan Januari 2025. Tinjauan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan tarif yang transparan, adil, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, khususnya penumpang yang menggunakan jasa pelabuhan.

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas layanan pelabuhan, KSOP Waingapu memfasilitasi proses kesepakatan tarif antara Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dan operator kapal penumpang. Langkah ini diambil untuk menciptakan sistem yang lebih terstruktur, menghindari ketimpangan tarif yang dapat membebani masyarakat, serta memastikan kenyamanan bagi para penumpang yang menggunakan fasilitas pelabuhan.

Kepala Kantor KSOP Waingapu, Fadly Afand Djafar, menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari komitmen untuk memperbaiki pelayanan publik di sektor kepelabuhanan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kami menyadari pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan pelayanan yang optimal. Dengan adanya kesepakatan tarif ini, kami berharap dapat memberikan kejelasan bagi operator kapal dan Koperasi TKBM, sekaligus meningkatkan kepuasan masyarakat yang menggunakan fasilitas pelabuhan,” ujarnya.

Fadly menambahkan bahwa koordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait sangat penting untuk memastikan kelancaran operasional pelabuhan, terlebih dengan tingginya volume penumpang yang menggunakan kapal penumpang.

“Pelabuhan Waingapu merupakan pintu gerbang utama transportasi laut, oleh karena itu kami berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpang dengan tetap menjaga tarif yang wajar,” tambahnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini, pihak-pihak terkait juga melakukan peninjauan terhadap beberapa aspek teknis di lapangan, termasuk fasilitas pelabuhan, serta melakukan evaluasi terhadap pemberlakuan tarif yang telah diterapkan.

Untuk memastikan perlindungan dan kenyamanan masyarakat, KSOP Waingapu juga membuka Posko Pengaduan di Pelabuhan Waingapu. Posko ini bekerja sama dengan pos KPPP Laut dan pos Angkatan Laut di Pelabuhan Waingapu, yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan segala bentuk intimidasi atau ketidaknyamanan yang mereka alami di pelabuhan. Melalui posko ini, masyarakat diharapkan dapat menyampaikan keluhan dan mendapatkan solusi secara cepat dan efektif.

KSOP Waingapu berharap agar seluruh pihak yang terlibat dalam sektor kepelabuhanan terus menjalin sinergi demi terciptanya pelayanan yang semakin baik. Upaya ini sejalan dengan program pemerintah untuk mewujudkan transportasi laut yang lebih efisien, aman, dan berkelanjutan. (ire djafar)

 

 

Berita Terkait

Kemenhub Fasilitasi Penerbitan Kembali Dokumen Sertifikat Pelaut yang Terkena Musibah
Sejak 2017, IPC TPK Lestarikan Ekosistem Laut Lewat 280 Media Tanam Terumbu Karang
Hari Pahlawan 2025: Semangat Pahlawan Menjadi Energi Pengabdian Insan KPLP Tanjung Priok
Peringati Hari Pahlawan, Pelindo Tegaskan Komitmen Lanjutkan Semangat Perjuangan Bangsa yang Tak Pernah Padam
Pastikan Keselamatan Pelayaran, Ditjen Hubla Latih Marine Inspector Soal Mesin Luar Kapal Cepat
Perluas Ekspansi Bisnis, KAI Services Tawarkan Layanan Kuliner Premium untuk Institusi Negara
Transformasi Hijau KAI Services, Hadirkan Mesin Kebersihan Ramah Lingkungan Berbasis Teknologi
TTL Sambut Layanan Baru TI1 Indonesia–Thailand, Perkuat Konektivitas Maritim Asia Tenggara

Berita Terkait

Monday, 10 November 2025 - 09:47 WIB

Kemenhub Fasilitasi Penerbitan Kembali Dokumen Sertifikat Pelaut yang Terkena Musibah

Monday, 10 November 2025 - 09:11 WIB

Sejak 2017, IPC TPK Lestarikan Ekosistem Laut Lewat 280 Media Tanam Terumbu Karang

Monday, 10 November 2025 - 07:10 WIB

Hari Pahlawan 2025: Semangat Pahlawan Menjadi Energi Pengabdian Insan KPLP Tanjung Priok

Monday, 10 November 2025 - 04:28 WIB

Peringati Hari Pahlawan, Pelindo Tegaskan Komitmen Lanjutkan Semangat Perjuangan Bangsa yang Tak Pernah Padam

Sunday, 9 November 2025 - 08:15 WIB

Pastikan Keselamatan Pelayaran, Ditjen Hubla Latih Marine Inspector Soal Mesin Luar Kapal Cepat

Berita Terbaru