Tingkatkan Kualitas Layanan Kebersihan, KAI Services Gelar Pelatihan Cleaning Service untuk Tim On Trip Cleaning

- Pewarta

Thursday, 13 November 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia — Sebagai wujud nyata komitmen dalam menghadirkan pelayanan terbaik bagi pelanggan, KAI Services kembali menggelar Pelatihan Basic Cleaning Service bagi Tim On Trip Cleaning (OTC). Program ini menjadi langkah strategis perusahaan untuk terus menjaga standar kebersihan dan kenyamanan di setiap perjalanan kereta api.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai 11–13 November 2025 di Ruang DJKA, Stasiun Tanah Abang, Jakarta, diikuti oleh sekitar 300 petugas OTC dari wilayah Regional 1 Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan secara berkala dua kali setahun sebagai bentuk pembinaan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para petugas kebersihan.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan pembekalan dari tim unit cleaning Kantor Pusat KAI Services mengenai standar penampilan, etika kerja, dan aktivitas kebersihan harian seperti menyapu, mengepel, mengelap, hingga membersihkan kaca dengan metode yang efisien dan higienis. Tak hanya itu, mereka juga dibekali dengan materi hospitality dan penerapan prinsip 7S (Senyum, Sapa, Sopan, Santun, Semangat, Siap Melayani, serta Sampaikan Permohonan Maaf dan Terima Kasih) untuk menanamkan nilai pelayanan yang ramah dan berempati.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

KAI Services juga menekankan pentingnya disiplin dan keselamatan kerja, termasuk menjaga fokus saat bertugas dengan mematikan handphone, serta mematuhi etika profesional. Hal-hal sederhana seperti ini diyakini mencerminkan tanggung jawab dan dedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Menurut Manager Corporate Communication KAI Services, Nyoman Suardhita, kegiatan pembinaan ini bertujuan memastikan seluruh petugas OTC dapat menghadirkan layanan bersih, aman, cepat, detail, peduli, dan penuh empati.

“Dengan penerapan standar kebersihan yang tinggi — bebas debu, bau, noda, bercak, dan sampah — serta etika pelayanan yang unggul, kami ingin memastikan pelanggan merasakan pengalaman perjalanan yang nyaman dan berkesan. Hal ini juga menjadi bagian dari upaya KAI Services menjaga kepercayaan dan citra positif perusahaan,” ujar Nyoman.

Melalui pelatihan ini, KAI Services terus menegaskan perannya sebagai Central of Services PT KAI (Persero) yang berkomitmen menghadirkan pelayanan prima dan profesional di setiap aspek perjalanan, termasuk kebersihan di atas kereta yang menjadi wajah utama kenyamanan pelanggan. (ire djafar)

 

Berita Terkait

Relokasi Terencana: KAI Logistik Tangani Pemindahan dan Penataan 40 KRL Afkir ke TPSSK Pasirbungur
KAI Services Lakukan Penebalan Pasukan Keamanan di Stasiun selama Masa Liburan Nataru 2025
Pelindo Regional 2 Banten Wujudkan Komitmen TJSL Lewat Program Beasiswa Pelindo Juara 2025
Transformasi Digital Hubla: 51 Aplikasi Dimerger Jadi Satu Portal “MaritimHUB”
Petugas OTC KAI Services Kembalikan Uang Penumpang KA Putri Deli Senilai Rp16,35 Juta
Efisiensi Rantai Pasok, Pelindo Regional 2 Banten dan GPMT Perkuat Sinergi Layanan
Pelindo Regional 2 Banten Tegaskan Standar Tinggi Keselamatan Berlayar
IPC TPK dan Johor Port Berhad Jajaki Kolaborasi Strategis Perkuat Efisiensi Logistik ASEAN

Berita Terkait

Thursday, 27 November 2025 - 08:32 WIB

Relokasi Terencana: KAI Logistik Tangani Pemindahan dan Penataan 40 KRL Afkir ke TPSSK Pasirbungur

Thursday, 27 November 2025 - 08:21 WIB

KAI Services Lakukan Penebalan Pasukan Keamanan di Stasiun selama Masa Liburan Nataru 2025

Thursday, 27 November 2025 - 07:16 WIB

Pelindo Regional 2 Banten Wujudkan Komitmen TJSL Lewat Program Beasiswa Pelindo Juara 2025

Thursday, 27 November 2025 - 06:53 WIB

Transformasi Digital Hubla: 51 Aplikasi Dimerger Jadi Satu Portal “MaritimHUB”

Wednesday, 26 November 2025 - 15:12 WIB

Petugas OTC KAI Services Kembalikan Uang Penumpang KA Putri Deli Senilai Rp16,35 Juta

Berita Terbaru