Tingkatkan Standar Pelayanan dan Operasional di Bandara, AP1 Tandatangani Nota Kesepahaman dengan IATA

- Pewarta

Thursday, 14 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Angkasa Pura I (AP1) bersama dengan asosiasi maskapai penerbangan dunia, International Air Transport Association (IATA), menandatangani nota kesepahaman atau _memorandum of understanding_ (MoU) tentang Peningkatan Pelayanan dan Operasional di Bandar Udara PT Angkasa Pura I.

Penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan oleh Direktur Utama AP1 Faik Fahmi dan Wakil Direktur Regional Asia-Pasifik IATA Philip Goh, pada Rabu (13/9) siang, di Kantor Pusat AP1 di Kemayoran, Jakarta.

Nota kesepahaman merupakan langkah awal bagi kedua pihak untuk menjalin kerja sama dalam meningkatkan pelayanan dan operasional di bandara-bandara yang dikelola AP1.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Direktur Utama AP1 Faik Fahmi menyatakan, “Penandatanganan nota kesepahaman ini akan semakin mempererat kerja sama antara AP1 dengan IATA yang telah terjalin sejak 2015. Sebelumnya, kami telah bekerja sama dengan IATA dalam kaitannya untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM AP1 melalui berbagai macam pelatihan. di antaranya adalah dalam bidang operasional bandara dan pengelolaan bidang komersial.”

“Saat ini, AP1 tengah menjalankan Program Transformasi Perusahaan yang terdiri atas empat pilar, salah satunya adalah pilar _Organization and Culture_, dengan tujuan untuk mengembangkan SDM dan budaya di dalam perusahaan. Melalui kolaborasi ini, kami berharap AP1 akan dapat memperoleh berbagai manfaat positif melalui program pelatihan, kursus, dan layanan konsultasi bidang aviasi,” lanjut Faik Fahmi.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman tersebut, AP1 dan IATA menyepakati beberapa hal yang menjadi ruang lingkup dan bentuk kerja sama, di antaranya adalah pelatihan terkait strategi peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM, layanan konsultasi untuk peningkatan standar keselamatan dan pelayanan bandara, layanan konsultasi terkait strategi keuangan, serta layanan data intelijen bisnis untuk lalu lintas angkutan udara.

Sedangkan Wakil Direktur Regional Asia-Pasifik IATA Philip Goh menyatakan dukungan penuh untuk kolaborasi dengan AP1.

“Perkenankan kami untuk menyatakan bahwa IATA sangat mendukung upaya apapun untuk mewujudkan ekosistem aviasi menjadi lebih kuat, lebih aman, lebih efisien, dan berkelanjutan. IATA juga siap untuk melanjutkan kolaborasi dengan AP1 untuk mendukung perwujudan visi AP1 yakni _Connecting the world beyond airport operator with Indonesian experience_,” tuturnya.

“Kami merasa bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami sehingga kami bisa mendukung dan meningkatkan kerja sama bisnis dengan AP1 melalui penandatanganan nota kesepahaman ini,” lanjut Philip Goh.

Sebagai asosiasi maskapai penerbangan internasional yang beranggotakan sekitar 300 maskapai penerbangan atau 83% dari total lalu lintas udara, IATA selama ini telah banyak mendukung di berbagai bidang dalam industri aviasi serta membantu merumuskan kebijakan industri penerbangan melalui data dan infomasi strategis yang disediakan IATA. AP1 sebagai perusahaan pengelola bandara di Indonesia pun turut menggunakan data yang disediakan IATA untuk proyeksi trafik yang digunakan untuk merumuskan kebijakan strategis, utamanya pada periode pandemi Covid-19.

“Kerja sama yang selama ini terjalin dengan IATA juga memiliki peran yang sangat positif bagi AP1, di mana selama periode pandemi Covid-19, IATA telah banyak memberikan informasi dan data yang kami gunakan dalam proyeksi _recovery rate_ trafik. Tak lupa, perkenankan kami untuk menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada IATA yang telah banyak mendukung upaya-upaya AP1 untuk meningkatkan kinerja selama periode pandemi global Covid-19,” pungkas Faik Fahmi.

(ire djafar)

 

 

Berita Terkait

Talenta Terbaik IPCC Raih Gelar Bergengsi “Best Suggestion System of Logistic Vendor” TMMN
Hadirkan Layanan Prima Arus Mudik Lebaran 2025, ASDP Perpanjang Diskon Tarif 36% di Lintasan Merak-Bakauheni
INSA Jaya Berbagi Kebaikan Tanpa Batas
Wujudkan Pandu Indonesia Mendunia: Ditjen Hubla Luncurkan Logo, Pakaian dan Pose Follow My Lead
Antusiasme Tinggi, 500 Kuota Mudik Gratis IPC TPK Habis dalam Hitungan Menit
Non Stop, 12 Pelabuhan di Bawah Pelindo Regional 2 Tetap Beroperasi 24/7 Saat Libur Lebaran
Perkuat Keamanan Maritim, SPJM dan TNI AL Sepakati SOP Pengamanan di NTAA
WiLAT Indonesia Perkuat Sinergi dengan Kementerian BUMN, Dukung UMKM Naik Kelas

Berita Terkait

Friday, 21 March 2025 - 14:17 WIB

Talenta Terbaik IPCC Raih Gelar Bergengsi “Best Suggestion System of Logistic Vendor” TMMN

Friday, 21 March 2025 - 13:58 WIB

Hadirkan Layanan Prima Arus Mudik Lebaran 2025, ASDP Perpanjang Diskon Tarif 36% di Lintasan Merak-Bakauheni

Friday, 21 March 2025 - 11:08 WIB

INSA Jaya Berbagi Kebaikan Tanpa Batas

Friday, 21 March 2025 - 09:36 WIB

Wujudkan Pandu Indonesia Mendunia: Ditjen Hubla Luncurkan Logo, Pakaian dan Pose Follow My Lead

Friday, 21 March 2025 - 09:18 WIB

Antusiasme Tinggi, 500 Kuota Mudik Gratis IPC TPK Habis dalam Hitungan Menit

Berita Terbaru

DPC INSA Jaya menggelar kegiatan Berbagi Kebaikan 2025, santuni anak yatim dan luncurkan layanan ambulans

Asosiasi

INSA Jaya Berbagi Kebaikan Tanpa Batas

Friday, 21 Mar 2025 - 11:08 WIB