Transformasi Hijau KAI Services, Hadirkan Mesin Kebersihan Ramah Lingkungan Berbasis Teknologi

- Pewarta

Saturday, 8 November 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia — PT KAI Services terus memperkuat posisinya sebagai Central of Services PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui inovasi berkelanjutan di berbagai lini bisnis. Kali ini, unit Cleaning KAI Services menghadirkan mesin sweeper berteknologi tinggi untuk memaksimalkan kebersihan dan kenyamanan pengunjung di kawasan wisata ikonik Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Diluncurkan pada Jumat (24/10) lalu, pengadaan mesin sweeper ini menjadi langkah strategis KAI Services dalam mendorong efisiensi dan efektivitas operasional kebersihan di kawasan wisata seluas 150 hektare tersebut.

Dengan kemampuan membersihkan area hingga 10 kilometer per jam, mesin sweeper ini mampu menangani berbagai jenis kotoran — mulai dari debu, daun kering, plastik, batu kerikil, hingga botol bekas — secara cepat dan efisien. Ditenagai sistem penggerak diesel yang tangguh namun ramah lingkungan, teknologi ini diharapkan mampu menjaga keindahan serta kenyamanan area publik TMII, termasuk bangunan, taman, kawasan hijau, hingga area perairan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“KAI Services senantiasa menghadirkan berbagai teknologi terbaru untuk menunjang kualitas pelayanan kebersihan di unit Cleaning. Inovasi ini menjadi bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan standar pelayanan yang lebih tinggi demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan, khususnya pengunjung TMII,” ujar Nyoman Suardhita, Manager Corporate Communication KAI Services.

Selain mesin sweeper, KAI Services juga terus memperluas penerapan teknologi kebersihan modern lainnya. Salah satunya melalui penggunaan High Pressure Washer — mesin pencuci bertekanan tinggi dengan daya semprot hingga 200 bar dan kapasitas air 15 liter per menit — yang memastikan setiap armada KAI selalu dalam kondisi bersih dan prima.

Inovasi lain yang diimplementasikan adalah penggunaan Red On Scrubber, mesin pembersih lantai otomatis yang mampu memangkas waktu kerja secara signifikan. Jika sebelumnya proses pembersihan area 400 m² memerlukan waktu 4 jam menggunakan alat konvensional, kini cukup 1 jam saja dengan hasil yang lebih optimal.

Melalui beragam langkah inovatif tersebut, KAI Services menegaskan komitmennya sebagai penyedia jasa kebersihan profesional berbasis teknologi yang adaptif terhadap kebutuhan pelanggan dan sejalan dengan visi PT KAI (Persero) dalam menghadirkan layanan publik yang modern, efisien, dan berkelanjutan.

“Kebersihan bukan hanya soal estetika, tapi bagian dari pelayanan prima. Kami ingin menghadirkan pengalaman terbaik bagi masyarakat dengan mengedepankan teknologi dan keberlanjutan,” tutup Nyoman. (ire djafar)

Berita Terkait

Relokasi Terencana: KAI Logistik Tangani Pemindahan dan Penataan 40 KRL Afkir ke TPSSK Pasirbungur
KAI Services Lakukan Penebalan Pasukan Keamanan di Stasiun selama Masa Liburan Nataru 2025
Pelindo Regional 2 Banten Wujudkan Komitmen TJSL Lewat Program Beasiswa Pelindo Juara 2025
Transformasi Digital Hubla: 51 Aplikasi Dimerger Jadi Satu Portal “MaritimHUB”
Petugas OTC KAI Services Kembalikan Uang Penumpang KA Putri Deli Senilai Rp16,35 Juta
Efisiensi Rantai Pasok, Pelindo Regional 2 Banten dan GPMT Perkuat Sinergi Layanan
Pelindo Regional 2 Banten Tegaskan Standar Tinggi Keselamatan Berlayar
IPC TPK dan Johor Port Berhad Jajaki Kolaborasi Strategis Perkuat Efisiensi Logistik ASEAN

Berita Terkait

Thursday, 27 November 2025 - 08:32 WIB

Relokasi Terencana: KAI Logistik Tangani Pemindahan dan Penataan 40 KRL Afkir ke TPSSK Pasirbungur

Thursday, 27 November 2025 - 08:21 WIB

KAI Services Lakukan Penebalan Pasukan Keamanan di Stasiun selama Masa Liburan Nataru 2025

Thursday, 27 November 2025 - 07:16 WIB

Pelindo Regional 2 Banten Wujudkan Komitmen TJSL Lewat Program Beasiswa Pelindo Juara 2025

Thursday, 27 November 2025 - 06:53 WIB

Transformasi Digital Hubla: 51 Aplikasi Dimerger Jadi Satu Portal “MaritimHUB”

Wednesday, 26 November 2025 - 15:12 WIB

Petugas OTC KAI Services Kembalikan Uang Penumpang KA Putri Deli Senilai Rp16,35 Juta

Berita Terbaru