Maritim Indonesia — Sebagai wujud nyata komitmen dalam menghadirkan pelayanan terbaik bagi pelanggan, KAI Services kembali menggelar Pelatihan Basic Cleaning Service bagi Tim On Trip Cleaning (OTC). Program ini menjadi langkah strategis perusahaan untuk terus menjaga standar kebersihan dan kenyamanan di setiap perjalanan kereta api.
Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai 11–13 November 2025 di Ruang DJKA, Stasiun Tanah Abang, Jakarta, diikuti oleh sekitar 300 petugas OTC dari wilayah Regional 1 Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan secara berkala dua kali setahun sebagai bentuk pembinaan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para petugas kebersihan.
Selama pelatihan, peserta mendapatkan pembekalan dari tim unit cleaning Kantor Pusat KAI Services mengenai standar penampilan, etika kerja, dan aktivitas kebersihan harian seperti menyapu, mengepel, mengelap, hingga membersihkan kaca dengan metode yang efisien dan higienis. Tak hanya itu, mereka juga dibekali dengan materi hospitality dan penerapan prinsip 7S (Senyum, Sapa, Sopan, Santun, Semangat, Siap Melayani, serta Sampaikan Permohonan Maaf dan Terima Kasih) untuk menanamkan nilai pelayanan yang ramah dan berempati.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
KAI Services juga menekankan pentingnya disiplin dan keselamatan kerja, termasuk menjaga fokus saat bertugas dengan mematikan handphone, serta mematuhi etika profesional. Hal-hal sederhana seperti ini diyakini mencerminkan tanggung jawab dan dedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.
Menurut Manager Corporate Communication KAI Services, Nyoman Suardhita, kegiatan pembinaan ini bertujuan memastikan seluruh petugas OTC dapat menghadirkan layanan bersih, aman, cepat, detail, peduli, dan penuh empati.
“Dengan penerapan standar kebersihan yang tinggi — bebas debu, bau, noda, bercak, dan sampah — serta etika pelayanan yang unggul, kami ingin memastikan pelanggan merasakan pengalaman perjalanan yang nyaman dan berkesan. Hal ini juga menjadi bagian dari upaya KAI Services menjaga kepercayaan dan citra positif perusahaan,” ujar Nyoman.
Melalui pelatihan ini, KAI Services terus menegaskan perannya sebagai Central of Services PT KAI (Persero) yang berkomitmen menghadirkan pelayanan prima dan profesional di setiap aspek perjalanan, termasuk kebersihan di atas kereta yang menjadi wajah utama kenyamanan pelanggan. (ire djafar)







