Inovasi Digital, KSOP Cirebon Tingkatkan Layanan Pendaftaran Kapal dengan Sistem SIMKAPEL

- Pewarta

Tuesday, 5 November 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendaftaran dan kebangsaan kapal, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Cirebon menyelenggarakan sosialisasi Pelayanan Akta Hipotek Kapal Secara Online bertempat di Hotel Bentani, Cirebon, Selasa (5/11).

Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon Ferry Anggoro Hendianto, S.Si. T., M.M.Tr mengatakan Pelayanan khususnya di bidang pendaftaran dan kebangsaan kapal dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan data terpusat.

“Dengan diterbitkannya Surat Edaran Dirjen Hubla Nomor: SE-DK 3 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Pelayanan Akta Hipotek Kapal Secara Online, bahwa pelaksanaan layanan yang telah dilaunching pada tanggal 18 September 2024 dengan masa uji coba selama 1 (satu) bulan, selanjutnya layanan akta hipotek kapal harus dilaksanakan melalui aplikasi SIMKAPEL (Sistem Informasi Perkapalan dan Kepelautan),” ucap Ferry.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih lanjut Ferry mengatakan dengan Pelayanan Akta Hipotek Kapal Secara Online melalui SIMKAPEL ini mendukung praktik good governance yang terus digaungkan oleh Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

“Layanan sertifikasi dan dokumen kapal berbasis digital untuk seluruh stakeholder di bidang jasa perkapalan dan kepelautan yang transparan dan efisien ini dapat meminimalisir praktik korupsi, gratifikasi dan pungutan liar,” tegas Ferry.

Sebagai informasi SIMKAPEL sendiri merupakan produk Kemenhub yang diinisiasi pembuatan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada 2020 silam, yang memberikan solusi kemudahan layanan jasa perkapalan dan kepelautan secara profesional, efektif dan efisien kepada pemilik/operator kapal, dan pelaku usaha di bidang perkapalan dan kepelautan yang terintegrasi dalam satu wadah layanan.

Inovasi ini dihadirkan untuk menyesuaikan dengan peraturan – peraturan yang telah berubah, dan mempermudah serta meningkatkan pelayanan terhadap penyelenggaraan kegiatan pendaftaran dan kebangsaan kapal. (ire djafar)

Berita Terkait

Pelindo Wujudkan Akses Air Bersih Layak bagi Warga Makawidey
IWTL dan AHLI Dorong Kolaborasi Perempuan di Indonesia Cold Chain Expo 2025 dan Logistik Halal
Optimalisasi Layanan di Tengah Libur, PTP Nonpetikemas Jamin Kelancaran Arus Kendaraan
Komitmen Sosial Perusahaan Lewat Program TJSL, SPJM Sukseskan Program Daerah dengan Renovasi Masjid di Samarinda
Pushidrosal Gelar Latihan Selam Navigasi 2025: Tingkatkan Keterampilan Navigasi Bawah Air Prajurit
Perkuat Posisi di Kancah Hidrografi Global, Wadanpushidrosal Hadiri Pertemuan HSSC-17 di Norwegia
Jaga Kelancaran Arus Logistik Nasional, TPK Koja Siapkan Langkah Strategis Hadapi Libur Panjang Waisak
Jelang Libur Waisak, ASDP Imbau Masyarakat Beli Tiket Online dan Tiba Tepat Waktu di Pelabuhan

Berita Terkait

Saturday, 10 May 2025 - 15:56 WIB

Pelindo Wujudkan Akses Air Bersih Layak bagi Warga Makawidey

Saturday, 10 May 2025 - 15:39 WIB

IWTL dan AHLI Dorong Kolaborasi Perempuan di Indonesia Cold Chain Expo 2025 dan Logistik Halal

Friday, 9 May 2025 - 17:00 WIB

Optimalisasi Layanan di Tengah Libur, PTP Nonpetikemas Jamin Kelancaran Arus Kendaraan

Friday, 9 May 2025 - 16:51 WIB

Komitmen Sosial Perusahaan Lewat Program TJSL, SPJM Sukseskan Program Daerah dengan Renovasi Masjid di Samarinda

Friday, 9 May 2025 - 15:57 WIB

Pushidrosal Gelar Latihan Selam Navigasi 2025: Tingkatkan Keterampilan Navigasi Bawah Air Prajurit

Berita Terbaru

Berita

Pelindo Wujudkan Akses Air Bersih Layak bagi Warga Makawidey

Saturday, 10 May 2025 - 15:56 WIB