Jadi Pasar Terbesar, PTP Jambi Garap Komoditi Batubara

- Pewarta

Tuesday, 4 April 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ket.gbr: Dermaga conveyor PTP Jambi.

maritimindonesia.co — PTP Jambi saat ini menggarap komoditi batubara, yang merupakan pasar terbesarnya. Pada tahun 2022, perseroan berhasil menggarap komoditi batubara sekitar 800.000 ton, yang dibongkar muat melalui dermaga conveyor yang dioperasikan oleh PTP Jambi.

Branch Manager PTP Jambi, Romi Hasbeni, optimis tahun 2023 ini menargetkan sebesar 1,178,263 ton. Yang mana, menurutnya saat ini dari Januari-Maret 2023 sudah tercapai 380,852 ton.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dulu di tahun 2018 throughput batubara bisa mencapai 2,5 juta ton, tapi karena banyaknya TUKS yakni sekitar 20 TUKS di Talang Duku, kegiatan komoditi batubara tersebar, dan PTP Jambi hanya mengerjakan sebagian besar,” kata Romi Hasbeni, Branch Manager PTP Jambi, kepada wartawan, di kantornya, pelabuhan Talang Duku, Jambi, Selasa (4/4).

Terkait hal tersebut, lanjutnya, pihak PTP Jambi terus berupaya melakukan kerjasama dengan TUKS untuk dapat meraih pasar batubara yang ada di tempat lain dan bisa kembali masuk ke PTP Jambi.

“Kami menawarkan kepada mereka untuk kecepatan layanan bongkar muat. Lalu mengalihkan angkutan batubara dari darat ke sungai. Mudah-mudahan ini dapat menarik pasar ke sini. Selain itu, juga melakukan standarisasi pelayanan sehingga diharapkan bisa menarik pelayaran masuk. Dan ini ternyata menarik pelayaran, sudah ada satu yang masuk kesini membongkar muatan semen,” ungkapnya.

Menurut Romi, saat ini ada pembatasan truk-truk pengangkut batubara tak diperbolehkan lagi jalan, karena kegiatan ini membuat kemacetan di wilayah Talang Duku, hal tersebut merupakan salah satu kendala untuk penanganan batubara.

“Karena lewat darat distop, maka mulai Januari 2023, angkutan batubara dilakukan lewat sungai menggunakan tongkang,” tambah Romi.

Lebih jauh dijelaskan, sebelumnya truk batubara yang berkegiatan dari 11 ribu dikurangi menjadi 4.000 truk, dan yang ke arah Talang Duku, dan ke PTP Talang Duku hanya 600 truk. Lainnya ke TUKS. Sementara biaya lewat darat menggunakan truk lebih mahal dibandingkan menggunakan tongkang. Apalagi jarak dengan truk dari tambang seperti sari Sarolango, Tembesi, bisa menempuh dua hari perjalanan, sedangkan dengan tongkang hanya satu hari.

“Pembatasan truk batubara (curah kering) lewat darat justru sangat menguntungkan pelabuhan Talang Duku,” ungkap Romi.

“Kita akan bangun conveyor juga yang bisa crusher (penghancur batubara). Maksudnya batubara bisa dihancurkan dipinggir dermaga sehingga bisa langsung dinaikkan ke kapal. Sekarang masih dalam proses design,” tambahnya.

Dikatakan pula, saat ini fasilitas yang dimiliki oleh PTP Jambi, antara lain satu unit conveyor, excavator satu unit, satu unit Wheel Loader, satu dermaga conveyor, dua dermaga jeti manual, 2 Unit Jembatan Timbangan In dan Out, 3 Dermaga Ferocemen, serta 1 Dermaga Pelabuhan Muara Sabak.

“Selain sebagai supervisi melakukan layanan curah cair di TUKS, PTP Branch Jambi juga membuka kemitraan dengan para TUKS untuk kegiatan penanganan batubara, karena perseroan ini memiliki lahan seluas 7 Ha,” jelasnya.

Batu bara di stock file PTP Jambi.
Batu bara di stock file PTP Jambi.

“Masih ada 10 hektar lagi yang bisa dimanfaatkan, lokasinya ada di area pelabuhan Talang Duku, kami menawarkan itu kepada mereka agar bisa memanfaatkan fasilitas yang kami punya, kita memarket terus menerus ke pasar. Bahkan juga dipasarkan untuk pelabuhan Muara Sabak. Dari Jambi batubara itu ada yang untuk kebutuhan pembangkit listrik, ada yang ke Lampung, ke Semarang,” jelas Romi.

Target

Untuk diketahui bahwa target throughput PTP Branch Jambi Tahun 2023 sebesar 1,178.263 MT, dari Realisasi throughput sampai dengan Maret Tahun 2023 sebesar 380.852 MT, naik dibandingkan dengan periode yang sama Maret Tahun 2022 yaitu 215.403 MT tercapai 76,81% diatas realisasi sd Maret 2022.

Peningkatan itu, kata Romi, dikarenakan adanya peningkatan kegiatan Bongkar Muat Batubara di Pelabuhan Talang Duku dan adanya perubahan pola bongkaran hauling yang awalnya hauling menggunakan trucking tetapi sekarang menggunakan tongkang dan ada juga peningkatan pada kegiatan bongkar semen merah putih.

Kegiatan pelayanan Bongkar Muat (BM) barang berjalan dengan baik dengan adanya perencanaan yang baik serta didukung oleh kesiapan peralatan B/M dan kesiapan sumber daya manusia PTP Branch Jambi.

Untuk diketahui bahwa Indonesia memiliki sumber daya dan cadangan batubara yang sangat melimpah, hampir mencapai 143 milliar ton sumberdaya batubara yang dimiliki, dengan cadangan sebesar 38 milliar ton.

Jambi merupakan salah satu provinsi yang memiliki sumber daya batubara, dimana Jumlah Sumber daya dan cadangan batu bara Jambi sendiri adalah sebagai berikut:

• Cadangan: 1,93 miliar ton
• Sumber daya: 5,80 miliar ton

Sumberdaya dan Cadangan tersebut diperhitungkan berdasarkan jumlah Pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang tersebar beberapa Kabupaten di Provinsi Jambi, yaitu :
1. Kabupaten Batanghari, sebanyak 24 konsesi,
2. Kabupaten Bungo, sebanyak 30 konsesi,
3. Kabupaten Merangin, sebanyak 9 konsesi,
4. Kabupaten Muara Jambi, sebanyak 15 konsesi,
5. Kabupaten Sarolangun, sebanyak 39 konsesi,
6. Kabupaten Tebo, sebanyak 30 konsesi,
7. Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sebanyak 5 konsesi.

Ke Depan, ujar Romi yakin, PTP dengan fasilitas dermaga conveyor batubara bakal diuntungkan dengan dibangunnya jalan khusus untuk batubara sepanjang 143 km. Untuk tahap pertama sepanjang 77 km dari dusun Mundo ke kilangan, lalu 66 km dari kilangan sampai dengam Lubuk Napal, Selolangun tahap 2 selesai tahun 2024.

“Keberadaan jalan ini nantinya akan memposisikan keberadaan pelabuhan Talang Duku menjadi lebih strategis untuk kegiatan batubara,” pungkas Romi. (ow/red)

 

 

idj / idj

 

 

 

Berita Terkait

Talenta Terbaik IPCC Raih Gelar Bergengsi “Best Suggestion System of Logistic Vendor” TMMN
Hadirkan Layanan Prima Arus Mudik Lebaran 2025, ASDP Perpanjang Diskon Tarif 36% di Lintasan Merak-Bakauheni
INSA Jaya Berbagi Kebaikan Tanpa Batas
Wujudkan Pandu Indonesia Mendunia: Ditjen Hubla Luncurkan Logo, Pakaian dan Pose Follow My Lead
Antusiasme Tinggi, 500 Kuota Mudik Gratis IPC TPK Habis dalam Hitungan Menit
Non Stop, 12 Pelabuhan di Bawah Pelindo Regional 2 Tetap Beroperasi 24/7 Saat Libur Lebaran
Perkuat Keamanan Maritim, SPJM dan TNI AL Sepakati SOP Pengamanan di NTAA
WiLAT Indonesia Perkuat Sinergi dengan Kementerian BUMN, Dukung UMKM Naik Kelas

Berita Terkait

Friday, 21 March 2025 - 14:17 WIB

Talenta Terbaik IPCC Raih Gelar Bergengsi “Best Suggestion System of Logistic Vendor” TMMN

Friday, 21 March 2025 - 13:58 WIB

Hadirkan Layanan Prima Arus Mudik Lebaran 2025, ASDP Perpanjang Diskon Tarif 36% di Lintasan Merak-Bakauheni

Friday, 21 March 2025 - 11:08 WIB

INSA Jaya Berbagi Kebaikan Tanpa Batas

Friday, 21 March 2025 - 09:36 WIB

Wujudkan Pandu Indonesia Mendunia: Ditjen Hubla Luncurkan Logo, Pakaian dan Pose Follow My Lead

Friday, 21 March 2025 - 09:18 WIB

Antusiasme Tinggi, 500 Kuota Mudik Gratis IPC TPK Habis dalam Hitungan Menit

Berita Terbaru

DPC INSA Jaya menggelar kegiatan Berbagi Kebaikan 2025, santuni anak yatim dan luncurkan layanan ambulans

Asosiasi

INSA Jaya Berbagi Kebaikan Tanpa Batas

Friday, 21 Mar 2025 - 11:08 WIB