Pelayanan Transportasi Laut Indonesia Makin Maju, Ditjen Hubla Fokus Kolaborasi dan Inovasi Melalui Rakornis 2024

- Pewarta

Wednesday, 25 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – Sebagai negara yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, keberadaan moda transportasi laut bagi Indonesia menjadi sangat krusial dalam memperlancar arus barang dan orang dari satu wilayah ke wilayah lain, hingga ke pelosok Nusantara.

“Kesuksesan transportasi laut akan mempengaruhi kemajuan perekonomian dan kesejahteraan bangsa, terutama dalam mendukung konektivitas dan distribusi logistik,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi, saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut Tahun 2024, di Bogor, Rabu (25/9).

Ia menambahkan, transportasi laut berperan sangat signifikan dalam berbagai program nasional. Kontribusinya tidak hanya sebagai alat utama penghubung antarpulau, tetapi juga sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, perdagangan internasional, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kinerja kita memberikan sumbangsih yang besar bagi negara Indonesia, mulai dari persiapan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), penyiapan armada kapal perintis, tol laut, ternak, dan rede sampai pada teknologi informasi yang menopang semangat kemajuan Indonesia dalam bidang logistik, baik nasional maupun internasional,” tambahnya.

Tuntutan kemajuan transportasi yang tinggi, menurut Antoni, membawa pemerintah untuk terus berinovasi dan memperbaiki pelayanan yang diberikan.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Rakornis Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang mengusung tema “Lalu Lintas Laut Melaju, Indonesia Maju,” pihaknya mengajak seluruh pihak, baik pemerintah pusat, daerah, maupun stakeholder, untuk tetap menjaga sinergi dan kolaborasi, baik yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan mendatang demi mewujudkan sektor transportasi laut yang berdaya saing.

“Saat ini adalah era kolaborasi. Saya minta kepada Kepala UPT di daerah untuk dapat bersinergi dengan akademisi, asosiasi, entitas bisnis, dan juga media. Kita sebagai regulator harus tetap rendah hati dan merangkul stakeholder serta, di sisi lain, responsif melayani masyarakat,” tegas Antoni.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Hartanto, mengungkapkan bahwa Rakornis tahun ini berfokus pada Visi Indonesia Emas 2045 yang menuntut peningkatan layanan dan percepatan pembangunan di sektor transportasi laut.

“Forum ini diharapkan dapat menjaga kesamaan pandangan dan komunikasi yang efektif antarpetugas di kantor penyelenggara pelabuhan di seluruh Indonesia,” jelas Hartanto.

Untuk itu, Hartanto berharap bahwa hasil diskusi dalam Rakornis dapat diimplementasikan dengan baik di seluruh wilayah Indonesia.

Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, ungkapnya, sangat terbuka terhadap pandangan, saran, masukan, serta kritik yang disampaikan oleh stakeholder maupun masyarakat terhadap layanan yang diberikan.

“Saya berharap seluruh persoalan yang diangkat dalam Rakornis ini dapat diinventarisasi dan diselesaikan dengan solusi konkret, serta seluruh pembahasan dapat diimplementasikan di tingkat pusat maupun daerah,” tutupnya.

Ditlala Award

Dalam rangkaian Rakornis, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Ditlala) memberikan 6 kategori penghargaan bagi para stakeholder melalui LALA Awards. Berikut daftar para pemenang LALA Awards 2024:

1) Perusahaan Pelayaran dengan Kapal Berbendera Indonesia Melayani Angkutan Luar Negeri Terbesar (Akumulasi GT) Tahun 2024: PT Pertamina International Shipping

2) Perusahaan Pelayaran dengan Jumlah Kapal Berbendera Indonesia Terbanyak Bekerja di Luar Negeri (Cross Trading): PT Sumber Daya Cipta Alam

3) Dukungan Penyediaan Kapal Phinisi untuk Angkutan Laut Wisata di IKN 2024: PT Wallacea Jalesveva Lestari

4) Operator Perawatan Kapal Terbaik Tingkat UPT DJPL Tahun 2024: UPP Kelas III Tilamuta

5) Operator Perawatan Kapal Terbaik Tingkat Operator DJPL Tahun 2024: PT Lintas Samudera Globalindo

6) Pelabuhan dengan Pelayanan Inaportnet Tercepat Tahun 2024: UPP Kelas II Tana Paser. (fa)

idj / idj

Berita Terkait

Buka Akses dan Peluang, Pelindo Dorong Kemandirian UMKM Disabilitas di Makassar
Performa Cemerlang JPPI Tahun 2024: Pendapatan Melejit, Docking Kapal Tembus Target
UMKM Naik Kelas Bersama TTL, Raih Pengakuan di Panggung Nasional
Wujudkan Ekonomi dan Energi Berkelanjutan, PELNI Raih Dua Penghargaan dalam TJSL & CSR Awards 2025
Pelabuhan Makassar Siap Jadi Penggerak Ekspor KTI: Pelindo Dorong Kolaborasi dan Transformasi
Refleksi dan Aksi Nyata di Hari Pelaut Sedunia: Jaga Kehormatan Pelaut, Menjaga Masa Depan Maritim Indonesia
Kemenhub dan Asosiasi Pengemudi Duduk Bersama Bahas Solusi ODOL yang Berkeadilan
Semangat Empati dan jaga Warisan Budaya: Aksi Sosial Pelindo Marine di Panti Asuhan Tertua Surabaya
Tag :

Berita Terkait

Thursday, 26 June 2025 - 14:19 WIB

Buka Akses dan Peluang, Pelindo Dorong Kemandirian UMKM Disabilitas di Makassar

Thursday, 26 June 2025 - 13:38 WIB

Performa Cemerlang JPPI Tahun 2024: Pendapatan Melejit, Docking Kapal Tembus Target

Thursday, 26 June 2025 - 13:25 WIB

UMKM Naik Kelas Bersama TTL, Raih Pengakuan di Panggung Nasional

Thursday, 26 June 2025 - 12:11 WIB

Wujudkan Ekonomi dan Energi Berkelanjutan, PELNI Raih Dua Penghargaan dalam TJSL & CSR Awards 2025

Wednesday, 25 June 2025 - 23:58 WIB

Pelabuhan Makassar Siap Jadi Penggerak Ekspor KTI: Pelindo Dorong Kolaborasi dan Transformasi

Berita Terbaru