Pelindo Pastikan Kelancaran Operasional di 63 Terminal Penumpang, Ini Strateginya

- Pewarta

Thursday, 13 March 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – BUMN operator kepelabuhanan, Pelindo melakukan berbagai langkah strategis untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat pada arus mudik Lebaran 2025. Hal tersebut disampaikan pada konferensi pers yang digelar di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (13/3).

Pada kesempatan tersebut, Juru Bicara Kementerian BUMN, Putri Violla mengatakan bahwa sejumlah persiapan yang matang dilakukan agar masyarakat dapat merasakan Lebaran dengan tenang dan menyenangkan.

“Kementerian BUMN memang misinya adalah melayani masyarakat agar bisa merasakan Lebaran dan juga di bulan Ramadan ini dengan tenang dan menyenangkan melalui upaya-upaya ataupun juga skenario-skenario yang sudah disiapkan dengan matang untuk bisa mengatasi segala macam tantangan di masa Lebaran kali ini,” ujar Putri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto menjelaskan sejumlah strategi operasional bongkar muat Pelindo dan peningkatan pelayanan di terminal penumpang dan Ro-Ro yang dioperasikannya untuk menghadapi lonjakan arus penumpang dan kendaraan selama momen mudik Lebaran 2025.

“Pelindo telah melakukan langkah preventif untuk menjaga capaian zero accident. Di antaranya melaksanakan giat safety management walkthrough bersama dengan para instansi maritim terkait di sektor kepelabuhanan, untuk inspeksi dan monitoring pemeliharaan peralatan di area terminal penumpang,” ujar Putut Sri Muljianto.

Menurutnya, langkah tersebut juga didukung dengan penyiapan fasilitas kegawatdaruratan berupa penanggulangan kebakaran, ruang kesehatan beserta petugas kesehatan yang bersiaga, serta publikasi informasi penting pada area terminal penumpang.

Sebagai bagian dari strategi operasional, Pelindo telah menyiapkan Pelabuhan Ciwandan, di Banten guna mengurai kepadatan antrean di pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni. Pelabuhan Bojonegara, di sisi utara Pelabuhan Ciwandan, disiapkan sebagai alternatif bilamana Pelabuhan Merak dan Ciwandan mengalami kondisi kepadatan antrean kendaraan.

Putut Sri Muljanto menambahkan bahwa Pelindo melakukan pembebasan tarif jasa kepelabuhanan untuk kapal-kapal penyeberangan antarpulau Jawa-Sumatra selama masa angkutan laut Lebaran 2025 di Pelabuhan Ciwandan mulai dari biaya pelayanan jasa pandu, tunda, tambat, dermaga, dan pas pelabuhan sebagai dukungan pada kelancaran operasional pelayanan arus mudik Lebaran yang aman dan lancar.

“Selain pembebasan tarif di Pelabuhan Ciwandan, Pelindo juga memberikan insentif berupa pengenaan diskon tagihan pelayanan jasa penumpukan khusus kegiatan bongkar/impor barang dan peti kemas isi sebesar 50 persen selama pembatasan angkutan barang arus mudik dari tanggal 24 Maret 2025 hingga arus balik tanggal 8 April 2025,” imbuh Putut Sri Muljanto.

Sehubungan dengan cuaca ekstrem yang berpotensi akan terjadi selama periode Lebaran 2025, Putut mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik melalui jalur laut, untuk dapat terus memantau informasi mengenai prakiraan cuaca yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Harapannya, masyarakat dapat menyesuaikan jadwal keberangkatan untuk menikmati perjalanan yang nyaman dan aman.

Sepakat dengan hal tersebut, Putri Violla menambahkan bahwa masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk memperhatikan mengenai kondisi prakiraan cuaca agar mendapatkan pengalaman mudik Liburan yang tenang dan menyenangkan.

Dikatakan juga, guna menambah upaya peningkatan keamanan dan kenyamanan pemudik, Pelindo juga melakukan beberapa antisipasi jelang puncak arus mudik Lebaran 2025. Di antaranya penyiapan tenda dengan kursi tambahan, ketersediaan toilet portable, penambahan petugas operasional internal, dan dukungan pengamanan dari TNI-Polri, serta peningkatan pemeriksaan barang bawaan penumpang berbasis X-Ray dan walk-through metal detector, agar arus perpindahan penumpang antar terminal penumpang semakin aman.

“Berbagai macam peningkatan pelayanan, hingga kesiapan teknis sudah dilakukan Pelindo dengan matang. Ini adalah komitmen Pelindo dalam upaya pelayanan yang dilakukan oleh Pelindo bisa memberikan hasil yang maksimal kepada masyarakat. Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman mudik bagi masyarakat yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” pungkas Putut. (ire djafar)

Berita Terkait

IPCC GEMBIRA dan UMKM KUAT: Dari Aksi Sosial Menuju Prestasi, Cara IPCC Jadi Bagian Perubahan Sosial
Indonesia-Singapura Perkuat Sinergi Maritim Lewat Workshop Kelaiklautan Kapal
Tumbuh dan Solid, SPJM Catat Laba Rp 391 Miliar dan Bagikan Dividen di RUPST 2024
Klinik Utama Sentra Maritim Medika Resmi Diluncurkan, Wujud Komitmen Layanan Kesehatan Maritim Inklusif
Berkat Sinergi Semua Pihak, Layanan Tetap Lancar di Tengah Pengerukan Alur Pulau Baai
Bersama Stakeholder, Pelindo Gelar Silaturahmi Strategis untuk Kuatkan Ekosistem Pelabuhan
Pembayaran Lebih Cepat dan Transparan: Pelindo Regional 4 Luncurkan Modul Digital untuk Vendor
Langkah Nyata Menuju Marina Kelas Dunia: Pelindo Luncurkan Ponton Benoa

Berita Terkait

Friday, 27 June 2025 - 03:34 WIB

IPCC GEMBIRA dan UMKM KUAT: Dari Aksi Sosial Menuju Prestasi, Cara IPCC Jadi Bagian Perubahan Sosial

Friday, 27 June 2025 - 02:47 WIB

Indonesia-Singapura Perkuat Sinergi Maritim Lewat Workshop Kelaiklautan Kapal

Friday, 27 June 2025 - 02:35 WIB

Tumbuh dan Solid, SPJM Catat Laba Rp 391 Miliar dan Bagikan Dividen di RUPST 2024

Friday, 27 June 2025 - 02:23 WIB

Klinik Utama Sentra Maritim Medika Resmi Diluncurkan, Wujud Komitmen Layanan Kesehatan Maritim Inklusif

Friday, 27 June 2025 - 02:00 WIB

Berkat Sinergi Semua Pihak, Layanan Tetap Lancar di Tengah Pengerukan Alur Pulau Baai

Berita Terbaru