Maritim Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 atau Pelindo Regional 2, sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan dan logistik, menunjukkan kinerja positif pada triwulan ketiga tahun 2024. Tren positif ini tercermin dari peningkatan arus peti kemas dan arus penumpang secara konsolidasi.
Executive Director 2 Pelindo Regional 2, Drajat Sulistyo, menyatakan bahwa pada triwulan ketiga 2024, Pelindo Regional 2 mencatat kenaikan signifikan dalam kinerja operasional, baik dalam arus peti kemas maupun arus penumpang, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023.
Pada triwulan ketiga 2024, kinerja arus peti kemas di Regional 2 mencapai 4,5 juta box, atau tumbuh 5,4% dari total tahun 2023 yang sebesar 4,2 juta box. Dari segi TEUs, jumlah ini mencapai 6,3 juta TEUs, naik 5,8% dari total 5,9 juta TEUs pada tahun sebelumnya. Peningkatan arus peti kemas ini disebabkan oleh adanya kenaikan kunjungan kapal peti kemas, terutama di Cabang Tanjung Priok, serta adanya kunjungan kapal peti kemas yang lebih besar dibandingkan tahun lalu di pelabuhan-pelabuhan di wilayah Regional 2. Selain itu, masuknya beberapa perusahaan pelayaran baru turut mendukung peningkatan ini.
Sementara itu, arus penumpang juga mengalami peningkatan sebesar 10,6% pada triwulan ketiga 2024, dengan jumlah mencapai 912 ribu penumpang, dibandingkan dengan 828 ribu penumpang pada triwulan ketiga 2023.
“Kenaikan pada arus penumpang ini dipengaruhi oleh meningkatnya volume kunjungan kapal cruise di Cabang Tanjung Priok,” ujar Drajat.
Drajat menambahkan bahwa peningkatan kinerja operasional ini juga didorong oleh digitalisasi sistem manajemen logistik Pelindo yang terintegrasi dengan para pemangku kepentingan dan pengguna jasa. Digitalisasi ini berhasil mengoptimalkan proses bongkar muat barang dan mengurangi waktu sandar kapal atau port stay di pelabuhan.
“Bagi Pelindo Regional 2, upaya mempersingkat port stay kapal di pelabuhan berdampak pada peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan operasional. Selain itu, hal ini juga memberikan manfaat bagi pelanggan, yang dapat memanfaatkan peluang bisnis yang lebih besar,” tutup Drajat. (ire Djafar)