PT Energi Pelabuhan Indonesia Kembangkan Bisnis Air Bersih

- Pewarta

Sunday, 16 April 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia — PT Energi Pelabuhan Indonesia (PT EPI) terus kembangkan bisnis air bersih di beberapa Pelabuhan di Regional 2 PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Untuk diketahui, saat ini PT EPI telah mengelola air bersih di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Terminal Kijing di Pontianak yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus 2022 lalu.

Melalui keterangan tertulis, Senior Manager PT EPI, Mulyono menyampaikan, dalam pelayanannya PT EPI telah memiliki sistem pelayanan mulai dari pendaftaran pelanggan, pemesanan air, pemenuhan pemesanan, dan penyelesaian keluhan pelanggan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dikatakan juga, dalam pelaksanaan pelayanannya PT EPI juga menerapkan administrasi yang tercakup dalam sistem Enterprise Resources Planning (ERP) yang mencatat keseluruhan siklus pengelolaan dan pertanggungjawaban perusahaan.

“Dalam pelayanannya kepada pelanggan, PT EPI telah menyiapkan sarana untuk permohonan pelayanan air bersih melalui kontak customer service PT EPI di nomor 0812-9494-6500 atau melalui email ke cs@ecopowerport.co.id,” kata Mulyono.

“Pelanggan dapat melakukan pendaftaran dan permohonan layanan melalui customer service tersebut,” tambahnya.

Lehih jauh dijelaskan, atas semua permohonan yang masuk melalui customer service akan segera diproses sampai pengiriman air bersih terlayani termasuk pengiriman bukti permohonan, bukti pelunasan dan nota pembelian. Adapun setelah pelayanan dilaksanakan PT EPI akan mengirimkan copy Berita Acara Pengiriman Air kepada pelanggan melalui email yang telah terdaftar di sistem PT EPI.

Berdasarkan sistem pelayanan yang berlaku di PT EPI, lanjutnya, dikenal identitas pelayanan berdasarkan nama perusahaan dan nama kapal yang dilayani, sebagai bentuk pelayanan yang transparan
dan memenuhi good corporate governance (GCG) yang berlaku maka setiap transaksi harus jelas dilaksanakan berdasarkan identitas setiap kapal yang dilayani.

“Pelayanan atas satu kapal merupakan satu siklus pelayanan dengan identitas pelayanan yang tersendiri agar jelas pertanggungjawabannya,” jelas Mulyono.

Ditambahkan juga, pembayaran dilakukan sesuai permohonan yang dilakukan oleh pelanggan, apabila di dalam realisasi pelayanan terdapat selisih lebih atau kurang maka pelanggan dapat melakukan refund atau menyelesaikan kekurangan pembayaran melalui customer service dengan menyampaikan bukti permohonan/pemesanan dengan copy Berita Acara Pengiriman Air.

Berdasarkan dokumen tersebut, lanjutnya, pelanggan dapat menyampaikan permohonan pengembalian dana melalui customer service PT EPI dengan melengkapi nomor rekening bank untuk menghindari adanya kesalahan dalam transfer dana refund.

Menanggapi berita terkait adanya ketidakpuasan pelanggan di Pelabuhan Tanjung Priok terkait proses pengembalian dana karena kelebihan pemesanan air bersih, PT EPI secara khusus menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan air bersih yang dialami oleh salah satu pengguna jasa tersebut.

“Ke depannya PT EPI akan melakukan penyempurnaan mekanisme refund/pengembalian Dana agar dapat selesai lebih cepat dengan tetap memperhatikan ketentuan GCG yang berlaku,” tutur Mulyono.

Selain itu, imbuhnya, PT EPI juga akan mengembangkan metode pembayaran layanan air bersih yang akan mempermudah para pelanggan untuk bertransaksi seperti menggunakan system autocollection.

“PT EPI juga secara berkala akan melakukan sosialisasi terkait mekanisme danprosedur layanan air bersih mulai dari pendaftaran pelanggan sampai dengan penanganan keluhan pelanggan di lapangan,” pungkas Mulyono.

(ire djafar)

Berita Terkait

From Port to Profit: IPCC Gaet Investor Muda, Kupas Strategi Investasi dan Pasar Modal Lewat Talkshow Market Room
Menembus Batas Nusantara: Supiori Perkuat Akses Laut Strategis untuk Pulau-Pulau Terluar
Pelindo dan Pertamina EP Teken Perjanjian Kerja Sama Jasa Pemanduan dan Penundaan di CBM Bunyu Kaltara
KN. Alugara – P.114 Tancap Gas Jaga Laut Jawa: Negara Hadir, Keamanan Pelayaran Jadi Prioritas
ASDP Perkuat Konektivitas dan Logistik Wilayah Barat, KMP Jatra II Mulai Layani Nias–Sibolga
Terminal Kijing Siap Layani Petikemas Skala Besar, Langkah Strategis Pelindo untuk Kekuatan Maritim Baru
Respon Cepat Pelindo dan Stakeholder, Kelancaran Trafik di Pelabuhan Tanjung Priok Terjaga
Diskon Tarif dari Pemerintah, Libur Sekolah Naik Ferry Makin Nyaman dan Terjangkau

Berita Terkait

Sunday, 15 June 2025 - 04:11 WIB

From Port to Profit: IPCC Gaet Investor Muda, Kupas Strategi Investasi dan Pasar Modal Lewat Talkshow Market Room

Sunday, 15 June 2025 - 03:01 WIB

Menembus Batas Nusantara: Supiori Perkuat Akses Laut Strategis untuk Pulau-Pulau Terluar

Saturday, 14 June 2025 - 08:29 WIB

Pelindo dan Pertamina EP Teken Perjanjian Kerja Sama Jasa Pemanduan dan Penundaan di CBM Bunyu Kaltara

Saturday, 14 June 2025 - 08:16 WIB

KN. Alugara – P.114 Tancap Gas Jaga Laut Jawa: Negara Hadir, Keamanan Pelayaran Jadi Prioritas

Saturday, 14 June 2025 - 04:15 WIB

Terminal Kijing Siap Layani Petikemas Skala Besar, Langkah Strategis Pelindo untuk Kekuatan Maritim Baru

Berita Terbaru