SPJM Pastikan Kehandalan Layanan dan Call Center 24/7 pada Perayaan NATARU 2024/2025

- Pewarta

Tuesday, 24 December 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia – PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), bersiap mengantisipasi peningkatan mobilisasi penumpang dan barang menjelang momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Peningkatan ini diperkirakan berkorelasi dengan meningkatnya jumlah arus kapal yang akan beroperasi selama periode tersebut.

Sebagai penyedia layanan marine, equipment, port services, dredging, dan galangan kapal, SPJM berkomitmen menjaga kelancaran kegiatan kapal di pelabuhan. Direktur Operasi dan Teknik SPJM, Edward Danner Pardamean Napitupulu, menegaskan pentingnya kesiapan operasional.

“Kami memastikan semua armada serta sarana dan prasarana pendukung pelayanan kapal dalam kondisi siap beroperasi. Sumber daya juga dioptimalkan demi kelancaran operasional. Selain itu, kami mendukung kesiapan peralatan pelabuhan yang berpengaruh pada kinerja pelabuhan, terutama dalam mengurangi waktu tunggu kapal,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Edward menambahkan, pihaknya juga memastikan kebutuhan logistik kapal terpenuhi selama kegiatan di pelabuhan.

“Kami menjamin kelancaran penyediaan air, bahan bakar, dan listrik bagi kapal. Personel operasional juga dipastikan dalam kondisi prima dan menjalankan prosedur pelayanan sesuai standar, dengan mengutamakan keselamatan kerja,” lanjutnya.

Strategi Khusus Sambut Nataru

Untuk memastikan keandalan layanan selama periode Natal dan Tahun Baru, SPJM telah menyiapkan berbagai strategi, di antaranya:

1. Melaksanakan operasi sesuai dengan Prosedur Tetap (Protap) dan SOP pelayanan kapal dan terminal, serta melakukan mitigasi risiko terhadap potensi bahaya.
2. Memastikan ketersediaan informasi cuaca terkini dari BMKG secara berkala.
3. Berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) serta stakeholder setempat untuk menentukan langkah keamanan layanan saat terjadi cuaca buruk.
4. Menjaga kondisi fisik dan psikologis pekerja agar tetap sehat dan positif selama masa libur nasional dan cuti bersama.
5. Melakukan pengecekan rutin terhadap sarana dan prasarana keselamatan sesuai standar, serta memastikan semua dalam kondisi laik fungsi.
6. Menyiagakan Tim Tanggap Darurat untuk merespons kejadian serta meningkatkan kewaspadaan di seluruh area operasional.

Digitalisasi dan Kemudahan Akses Layanan

Sebagai pendukung utama rantai logistik dan arus pelayanan penumpang kapal, SPJM terus berkomitmen memberikan layanan terbaik. Salah satu langkah yang diambil adalah digitalisasi pelayanan melalui aplikasi user-friendly yang dapat diakses dari mana saja. SPJM juga menyediakan call center 24/7 melalui nomor 081153507878 untuk menerima saran atau keluhan pengguna jasa, sehingga kendala pelayanan dapat segera ditindaklanjuti.

“Pelayanan kami akan tetap beroperasi seperti biasa pada musim libur panjang nanti. Dengan demikian, pengguna jasa, baik penumpang maupun pemilik barang, dapat berkegiatan dengan tenang, aman, dan nyaman,” ujar Edward.

SPJM terus menjaga keandalan layanan dalam mendukung arus logistik dan penumpang kapal, sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi pemimpin jasa kemaritiman yang terintegrasi dan berkelas dunia. (ire djafar)

Berita Terkait

Buka Akses dan Peluang, Pelindo Dorong Kemandirian UMKM Disabilitas di Makassar
Performa Cemerlang JPPI Tahun 2024: Pendapatan Melejit, Docking Kapal Tembus Target
UMKM Naik Kelas Bersama TTL, Raih Pengakuan di Panggung Nasional
Wujudkan Ekonomi dan Energi Berkelanjutan, PELNI Raih Dua Penghargaan dalam TJSL & CSR Awards 2025
Pelabuhan Makassar Siap Jadi Penggerak Ekspor KTI: Pelindo Dorong Kolaborasi dan Transformasi
Refleksi dan Aksi Nyata di Hari Pelaut Sedunia: Jaga Kehormatan Pelaut, Menjaga Masa Depan Maritim Indonesia
Kemenhub dan Asosiasi Pengemudi Duduk Bersama Bahas Solusi ODOL yang Berkeadilan
Semangat Empati dan jaga Warisan Budaya: Aksi Sosial Pelindo Marine di Panti Asuhan Tertua Surabaya

Berita Terkait

Thursday, 26 June 2025 - 14:19 WIB

Buka Akses dan Peluang, Pelindo Dorong Kemandirian UMKM Disabilitas di Makassar

Thursday, 26 June 2025 - 13:38 WIB

Performa Cemerlang JPPI Tahun 2024: Pendapatan Melejit, Docking Kapal Tembus Target

Thursday, 26 June 2025 - 13:25 WIB

UMKM Naik Kelas Bersama TTL, Raih Pengakuan di Panggung Nasional

Thursday, 26 June 2025 - 12:11 WIB

Wujudkan Ekonomi dan Energi Berkelanjutan, PELNI Raih Dua Penghargaan dalam TJSL & CSR Awards 2025

Wednesday, 25 June 2025 - 23:58 WIB

Pelabuhan Makassar Siap Jadi Penggerak Ekspor KTI: Pelindo Dorong Kolaborasi dan Transformasi

Berita Terbaru