Maritim Indonesia – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) melakukan perubahan rute untuk sebelas kapal penumpang di tahun 2025. Selain optimalisasi rute, usia kapal yang semakin tua dan persaingan dengan kapal swasta melatari modifikasi rute di tahun ini.
Sekretaris Perusahaan PT PELNI Evan Eryanto menyebut terdapat sebelas kapal penumpang yang mendapatkan modifikasi rute.
“Seluruh perubahan rute ini sudah diketahui dan mendapatkan persetujuan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI yang dituangkan dalam kontrak penugasan kapal PSO untuk tahun anggaran 2025,” ujar Evan dalam keterangannya, Selasa (20/1).
Evan merinci, mulai tahun ini KM Lawit akan melayari rute yang pada tahun lalu dilayari oleh KM Kelimutu, dan sebaliknya, KM Kelimutu akan melayari rute KM Lawit. Perubahan ini didasari pada usia KM Kelimutu yang tahun ini sudah memasuki usia 40 tahun.
“Tahun ini Kelimutu bersama Umisini dan Lawit sama-sama genap berusia 40 tahun. Tapi secara operasional, Lawit masih sanggup untuk menjalankan pelayaran lebih dari tujuh hari, sementara Kelimutu membutuhkan perhatian lebih, sehingga kita putuskan untuk bertukar rute Lawit dengan Kelimutu,” papar Evan.
Rotasi rute juga dilakukan kepada KM Labobar yang melayari rute KM Nggapulu; KM Nggapulu melayari rute KM Dorolonda; KM Dorolonda melayari rute KM Labobar; dan KM Tidar yang melayani rute KM Umsini.
Evan mengingatkan bahwa sejak KM Umsini berhenti operasi, penumpang di rute KM Umsini dilayani oleh KM Tidar. Pengalihan KM Tidar ini membuat rute padat penumpang yang ditinggalkan oleh KM Umsini hanya diangkut oleh KM Nggapulu. Secara otomatis, permintaan penumpang yang ingin naik KM Nggapulu sangat tinggi.
“Melihat tingginya penumpang KM Nggapulu yang mau tidak mau mengangkut penumpang KM Umsini, maka kami menukar rute KM Labobar yang memiliki kapasitas 3000 pax ke rute KM Nggapulu yang hanya mampu menampung 2000 pax,” ujar Evan.
Selain kapal penumpang, satu-satunya kapal Ro-Ro milik PELNI, KM Egon, juga mengalami perombakan rute. Khusus untuk KM Egon, perubahan rute lebih mempertimbangkan faktor persaingan usaha yang cukup ketat dengan swasta di tahun lalu.
Berikut rincian rute kapal penumpang PELNI yang mengalami perubahan di tahun 2025:
*KM Nggapulu*
Ruta Lama (2024)
Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Ambon – Banda – Tual – Dobo – Kaimana – Fak Fak (PP)
Rute Baru (2025)
Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Ternate – Jailolo – Bitung (PP)
*KM Dobonsolo*
Rute Lama (2024)
Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura (PP)
Rute Baru (2025)
Trayek A: Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Sorong- Manokwari – Biak – Jayapura (PP)
Trayek B: Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Sorong- Manokwari (PP)
*KM Lawit*
Rute Lama (2024)
Trayek A: Tanjung Priok – Tanjung Pandan – Pontianak – Semarang – Kumai (PP)
Trayek B: Tanjung Priok – Tanjung Pandan – Pontianak – Semarang – Kumai – Surabaya – Batulicin (PP)
Rute Baru (2025)
Trayek A: Kumai – Surabaya – Sampit – Semarang – Kumai – Semarang – Karimun Jawa – Semarang – Sampit – Surabaya – Kumai
Trayek B: Kumai – Surabaya – Benoa – Bima – Waingapu – Ende – Kalabahi – Kupang – Rote –(PP)
*KM Ciremai*
Rute Lama (2024)
Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Sorong – Manokwari – Biak – Jayapura (PP)
Rute Baru (2025)
Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura (PP)
*KM Dorolonda*
Rute Lama (2024)
Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Ternate – Jailolo – Bitung (PP)
Ruta Baru (2025)
Trayek A: Surabaya – Balikpapan – Pantoloan – Bitung – Ternate – Sorong – Manokwari – Nabire – Serui – Jayapura (PP)
Trayek B: Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Sorong – Manokwari – Nabire – Waren – Jayapura (PP)
*KM Kelimutu*
Rute Lama (2024)
Surabaya – Kumai – Surabaya – Sampit – Semarang – Kumai – Semarang – Karimun Jawa – Semarang – Sampit – Surabaya
Rute Baru (2025)
Trayek A: Tanjung Priok – Tanjung Pandan – Pontianak – Semarang – Kumai – Semarang – Pontianak (PP)
Trayek B: Tanjung Priok – Tanjung Pandan – Pontianak – Semarang – Kumai – Surabaya – Batulicin (PP)
*KM Labobar*
Rute Lama (2024)
Trayek A: Surabaya – Balikpapan – Pantoloan – Bitung – Ternate – Sorong – Manokwari – Nabire – Serui – Jayapura (PP)
Trayek B: Jakarta – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Namlea – Ambon – Sorong – Manokwari – Nabire – Serui – Jayapura
Rute Baru (2025)
Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Ambon – Banda – Tual – Dobo – Kaimana – Fak-Fak – Kaimana – Dobo – Tual – Banda – Ambon – Bau-Bau
– Makassar – Surabaya – Tanjung Priok
*KM Egon*
Rute Lama (2024)
Waingapu – Lembar – Waingapu – Lembar – Surabaya – Batulicin – Pare Pare – Bontang (PP)
Rute Baru (2025)
Waingapu – Lembar – Surabaya – Batulicin – Pare Pare – Bontang – Pare-Pare – Bontang (PP)
*KM Tidar*
Rute Lama (2024)
Makassar – Bau Bau – Namlea – Ambon – Tual – Dobo – Kaimana – Fak Fak – Sorong – Manokwari – Nabire – Wasior – Manokwari (PP)
Rute Baru (2025)
Kijang – Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Maumere – Larantuka – Lewoleba – Kupang (PP)
*KM Sirimau*
Rute Lama (2024)
Manokwari – Sorong – Ambon – Wanci – Bau Bau – Maumere – Lewoleba – Kupang – Kalabahi – Saumlaki -Tual – Dobo – Timika – Agats – Merauke (PP)
Rute Baru (2025)
Sorong – Ambon – Wanci – Bau Bau – Maumere – Lewoleba – Kupang – Kalabahi – Saumlaki -Tual – Dobo – Timika – Agats – Merauke (PP)
*KFC Jet Liner*
Rute Lama (2024)
Kendari – Wanci – Kendari – Raha (PP)
Rute Baru (2025)
Kendari – Wanci – Kendari – Wanci – Kendari – Raha (PP)
Seiring perubahan rute ini, Evan berharap informasi ini dapat sampai ke masyarakat sehingga dapat menyesuaikan perjalanannya.
“Kami berharap perubahan ini tidak terlalu berdampak pada aktivitas masyarakat. Kami menghimbau kepada pelanggan kami untuk membeli tiket melalui saluran resmi melalui saluran digital yang disediakan,” terang Evan.
Seperti arahan Kementerian BUMN, PELNI terus menambah channel penjualan maupun pembayaran tiket untuk memudahkan akses dan pilihan masyarakat. (ire djafar)