KSOP Cirebon Raih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

- Pewarta

Wednesday, 17 May 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Maritim Indonesia — Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Cirebon berhasil meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari Lyoyd’s Registered Quality Assurance (LRQA), Rabu (17/5).

Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ini diperoleh oleh Kantor KSOP Kelas II Cirebon setelah menjalani audit kinerja yang dilaksanakan oleh LQRA yang membuktikan bahwa kualitas pelayanan, manajemen mutu, kinerja dan efisiensi pekerjaan yang dilakukan saat ini sudah berjalan dengan baik.

Atas pencapaian tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan menyampaikan apresiasi kepada KSOP Kelas II Cirebon atas keberhasilan meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Untuk capaian tersebut saya menyampaikan apresiasi kepada KSOP Kelas II Cirebon telah mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015,” ucap Lollan.

Lollan juga mengapresiasi KSOP Kelas II Cirebon karena meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 merupakan inisasi sendiri dari Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon, ke depan Lollan berharap kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) dapat melecut UPT lain untuk dapat melakukan hal serupa sehingga pelayanan jasa kepelabuhanan memiliki standar mutu yang baik.

“Raihan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari LQRA ini merupakan inisiasi sendiri dari KSOP Kelas II Cirebon saya mengapresiasi juga akan langkah tersebut, untuk UPT-UPT lain saya harap dapat terlecut dengan capaian dari KSOP Kelas II Cirebon ini sehingga pelayanan jasa kepelabuhanan memiliki standar mutu yang baik,” kata Lollan.

Lebih lanjut Lollan mengatakan penyelenggaraan ISO 9001:2015 di Kantor KSOP Kelas II Cirebon merupakan bukti implementasi pengembangan mutu kinerja pegawai dan pengembangan pelayanan di Kantor KSOP Kelas II Cirebon, serta sebagai bukti bahwa Kantor KSOP Kelas II Cirebon memiliki semangat responsif.

“Ini merupakan langkah dimana KSOP Kelas II Cirebon memiliki semangat untuk maju, kedepan saya harap KSOP Kelas II Cirebon jangan berpuas diri atas capaian ini melainkan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” harap Lollan.

Sementara itu Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon Aries Wibowo mengatakan ISO 9001:2015 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu, yang berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu yang mengarahkan organisasi untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian sasaran termasuk diantaranya adalah kepuasan pelanggan, kesesuaian dengan peraturan dan perundang-undangan serta peningkatan mutu yang berkesinambungan.

“Kantor KSOP Kelas II Cirebon telah memperoleh Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari LRQA dengan ruang lingkup sertifikasi penyediaan aspek administratif yang terkait dengan kegiatan pelayanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan,” ucap Aries.

Aries melanjutkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 melalui proses audit yang dilaksanakan oleh LRQA Indonesia melalui 2 tahapan yaitu pada tanggal 24 maret 2023 dan pada tanggal 13 s/d 14 April 2023. Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada Kantor KSOP Kelas II Cirebon diperoleh atas berkat dukungan dari seluruh unsur yang ada di Pelabuhan Cirebon dan komitmen seluruh pegawai Kantor KSOP Kelas II Cirebon.

“Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas kerjasama dan dukungannya, dengan diperolehnya sertifikasi ini diharapkan juga akan mendorong KSOP Kelas II Cirebon untuk terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa di tengah-tengah dinamisnya permintaan dan kebutuhan yang semakin kompleks,” ujar Aries.

 

(ire djafar)

 

Berita Terkait

Kinerja TPK Ambon Meningkat, Perusahaan Pelayaran Hemat 1 Hari
Indonesia dan Panama Bersinergi di Forum Maritim, Dorong Pembangunan Berkelanjutan
Puncak Pekan Keselamatan Jalan 2024, Dirjen Hubdat Ajak Masyarakat Hindari Enam Faktor Utama Penyebab Kecelakaan
Tingkatkan Efisiensi Pelabuhan Dumai, Kemenhub dan PT Pelabuhan Mundam Sejahtera Teken Perjanjian Konsesi
Secangkir Kopi, Sejuta Kolaborasi: Semangat Baru untuk Pelaku Logistik Nasional di HUT NLC ke-2
Pelindo Regional 4 Tanam 12,5 Hektare Mangrove di Maros, Langkah Nyata Dukung Pelestarian Ekosistem Pesisir
Komitmen Dukung Dunia Pendidikan, Pelindo Kenalkan Industri Kepelabuhanan dan Logistik di 64 Sekolah
Intermezzo: Terkait Dinamika Konflik Papua, Pemerintah Indonesia Berikan Perhatian Khusus Kepada Anak-anak di Papua

Berita Terkait

Thursday, 17 October 2024 - 09:12 WIB

Kinerja TPK Ambon Meningkat, Perusahaan Pelayaran Hemat 1 Hari

Friday, 11 October 2024 - 12:50 WIB

Indonesia dan Panama Bersinergi di Forum Maritim, Dorong Pembangunan Berkelanjutan

Saturday, 28 September 2024 - 16:58 WIB

Puncak Pekan Keselamatan Jalan 2024, Dirjen Hubdat Ajak Masyarakat Hindari Enam Faktor Utama Penyebab Kecelakaan

Saturday, 28 September 2024 - 05:55 WIB

Tingkatkan Efisiensi Pelabuhan Dumai, Kemenhub dan PT Pelabuhan Mundam Sejahtera Teken Perjanjian Konsesi

Saturday, 28 September 2024 - 04:01 WIB

Secangkir Kopi, Sejuta Kolaborasi: Semangat Baru untuk Pelaku Logistik Nasional di HUT NLC ke-2

Berita Terbaru